PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN PROSES IPA DI SEKOLAH DASAR

  • Fetty Primadini Universitas Negeri Jakarta
  • Nadiroh Universitas Negeri Jakarta
  • Edwita Universitas Negeri Jakarta
  • Lamria Universitas Negeri Jakarta
Keywords: Learning Media, Learning Independence, Science Process Skills

Abstract

The research aims to find out the effect of learning media and learning independence on the skills of science processes in elementary schools. The method used in this study was an experiment with design research with 2x2 by level treatment design. Sampling in this study was carried out by simple random sampling, namely Duren Sawit Village Primary School and selected Duren Sawit 07 Pagi State Elementary School. The results of this study indicate that the science process skills between students taught using visual learning media are higher than students taught using audio visual learning media. The average science process skills of students who learn use visual learning media are higher than students who learn by using audio visual learning media.

 

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui perngaruh media pembelajaran dan kemandirian belajar terhadap keterampilan proses IPA di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain peneitian eksperimen dengan rancangan treatment by level 2x2, Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara simple random sampling yaitu Sekolah Dasar Negeri Kelurahan Duren Sawit dan yang terpilih Sekolah Dasar Negeri Duren Sawit 07 Pagi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Keterampilan proses IPA antara siswa yang diajarkan menggunakan media pembelajaran visual lebih tinggi dari pada siswa yang diajarkan menggunakan media pembelajaran audio visual. Rata-rata keterampilan proses IPA siswa yang belajar menggunakan media pembelajaran visual lebih tinggi dibandingkan siswa yang belajar dengan menggunakan media pembelajaran audio visual.

Kata kunci: Media Pembelajaran, Kemandirian Belajar, Keterampilan Proses IPA

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Astuti, R., Sunarno, W., & Sudarisman, S. (2012). Pembelajaran IPA dengan pendekatan keterampilan proses sains menggunakan metode eksperimen bebas termodifikasi dan eksperimen terbimbing ditinjau dari sikap ilmiah dan motivasi belajar siswa. Universitas Sebelas Maret, 51-59.

Atmojo, S. E. (2012). Profil keterampilan proses sains dan apresiasi siswa terhadap profesi pengrajin tempe dalam pembelajaran ipa berpendekatan etnosains. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2).

Baharuddin, B. (2018). Konsepsi Penerapan Keterampilan Proses Sains (KPS) dan Sikap Ilmiah Dalam Desain Pengembangan Modul Panduan Eksperimen Ipa SD/MI. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 11(1), 24-39.

Chan, F., Budiono, H., & Setiono, P. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif dan Instrumen Penilaian Berbasis Keterampilan Proses Dasar di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1).

Civelek, P., & Akamca, G. Ö. (2018). The Effect of Outdoor Activities on Scientific Process Skills of Preschool Children. Kastamonu Education Journal, 26(6), 2011.

Iasha, V., Sumantri, M. S., Sarkadi, S., & Rachmadtullah, R. (2018, November). Development Media Interactive Learning in Education Pancasila and Citizenship Education to Improve Tolerance of Students in Elementary School. In Annual Civic Education Conference (ACEC 2018). Atlantis Press.

Indriani, F. (2015). Kompetensi Pedagogik Guru dalam Mengelola Pembelajaran IPA di SD dan MI. Fenomena, 7(1), 17-28.

Karyanti, R., Yulianti, D., & Baharuddin, B. (2016). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad untuk Meningkatkan Ketrampilan Proses Sains dan Prestasi Belajar. Jurnal Teknologi Informasi Komunikasi Pendidikan (Old), 4(2).

Khofiyah, H. N., & Santoso, A. (2019). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Benda Nyata terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(1), 61-67.

Magfirah, A., Hidayat, A., & Mahanal, S. (2019). Penggunaan Media Audiovisual pada Model Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(1), 96-103.

Murni, F., & Noviana, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (Tsts) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Mi Hubbul Wathan Rimba Melintang Kecamatan Rimba Melintang. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 4(1), 1-12.

Novianto, L. A., Degeng, I. N. S., & Wedi, A. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Kelas VIII SMP Wahid Hasyim Malang. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 257-263.

Nuryani Y. Rustaman, N,Y,. (2005).Strategi Belajar Mengajar Biologi. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rustaman, N. (2014). Materi dan pembelajaran IPA SD.Jakarta: Universitas Terbuka

Semiawan, C, (1985). Pendekatan Keterampilan Proses: Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta: Gramedia.

Sugiyono, (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sun, K. T., Lin, Y. C., & Yu, C. J. (2008). A study on learning effect among different learning styles in a Web-based lab of science for elementary school students. Computers & Education, 50(4), 1411-1422.

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu; Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Wardani, S. (2008). Pengembangan keterampilan proses sains dalam pembelajaran kromatografi lapis tipis melalui praktikum skala mikro. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 2(2).

Yusup, M., & Suhandi, A. (2016). Pengaruh penerapan pembelajaran berbasis pengalaman menggunakan percobaan secara inkuiri terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa sekolah dasar pada pembelajaran IPA. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2), 211-216.

Article Metrics
Abstract views: 509
PDF downloads: 892
Published
2019-12-31
How to Cite
Fetty Primadini, Nadiroh, Edwita, & Lamria. (2019). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KETERAMPILAN PROSES IPA DI SEKOLAH DASAR. Visipena, 10(2), 281-293. https://doi.org/10.46244/visipena.v10i2.508
Section
Articles