PEMEROLEHAN DAN PENGAJARAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA PERTAMA DAN KEDUA DITINJAU DARI VARIABLE OTAK DAN LAD

  • Nirmawan Universitas Muslim Nusantara Al-Wasliyah, Medan
Keywords: Pemerolehan, Pengajaran, Bahasa

Abstract

Pemerolehan bahasa (bahasa Inggris: language acquisition) adalah proses manusia mendapatkan kemampuan untuk menangkap, menghasilkan, dan menggunakan kata untuk pemahaman dan komunikasi. Kapasitas ini melibatkan berbagai kemampuan seperti sintaksis, fonetik, dan kosakata yang luas. Bahasa yang diperoleh bisa berupa vokal seperti pada bahasa lisan atau manual seperti pada bahasa isyarat. Pemerolehan bahasa biasanya merujuk pada pemerolehan bahasa pertama yang mengkaji pemerolehan anak terhadap bahasa ibu mereka dan bukan pemerolehan bahasa kedua yang mengkaji pemerolehan bahasa tambahan oleh anak-anak atau orang dewasa . Anak-anak belajar berkomunikasi dengan orang lain lewat berbagai cara. Meskipun cara anak yang satu dengan yang lain berbeda, ada hal-hal yang umum yang terjadi pada hampir setiap anak. Pengetahuan tentang hakikat perkembangan bahasa anak, perkembangan bahasa lisan dan tulis yang terjadi pada mereka, dan perbedaan individual dalam pemerolehan bahasa sangat penting bagi pelaksanaan pembelajaran bahasa anak, khususnya pada waktu mereka belajar membaca dan menulis permulaan. Sehingga Perkembangan bahasa atau komunikasi pada anak merupakan salah satu aspek dari tahapan perkembangan anak yang seharusnya tidak luput dari perhatian para pendidik pada umumnya dan orang tua pada khususnya.

References

Chomsky, Noam. 1975. Reflections and Language. New York: Pantheon Books.

Ellis, Rod 1984. Classroom Second Language Development. Oxford: Pergamon.

Ellis, Rod. 1986. Understanding Second Language Acquisition Oxford: Oxford University Press.

Gass, Susan M dan Selinker. 1994. Second Language Acquisition: An Introduction Course. Hillsdale: Lawrence Erlbaum Associates, Inc.

Giles, Fl dan J: Birne. 1982. An lntergroup Approach Second Language Acquisition. Jurnal of Multilingual and Multicultural Development, 3,17-40.

Hatctt, E. 1978a. Second Language Acquisition. Rowly, Mass: Newbury House.

Hymes, Dell. 1983. On Communicative Competence. Philadelpia: University of Pennsylvania Press.

Krashen, S.J. 1982. Principles and Practice in Second Language Aquisition. Oxford: Pergamon.

Krashern Si. dan T. Tenell. 1983. The Natural Approach: Language Acquisition in Classroom. Oxford: Pergamon.

Article Metrics
Abstract views: 400
pdf downloads: 265
Published
2015-07-31
How to Cite
Nirmawan. (2015). PEMEROLEHAN DAN PENGAJARAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA PERTAMA DAN KEDUA DITINJAU DARI VARIABLE OTAK DAN LAD. Jurnal Metamorfosa , 3(2), 58-63. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/132
Section
Articles