OTONOMI DAERAH DAN OTONOMI PENDIDIKAN

  • Inom Nasution STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Otonomi Daerah dan Pendidikan

Abstract

Reformasi yang terjadi di Indonesia telah mengakibatkan pergeseran penyelenggaraan pemerintahan dari sentralisasi ke desentralisasi. Pergeseran ke desentralisasi membuat daerah memiliki otonomi penuh. Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan otonomi dan desentralisasi ialah semakin optimalnya pengelolaan sekolah dan makin meningkatnya kualitas pendidikan. Namun, dalam perjalanan awal otonomi daerah yang meliputi juga otonomi pendidikan muncul fenomena berdampak semakin dinomorduakan pendidikan. Hal itu dapat dilihat dari semakin melemahnya kualitas pendidikan. Sebenarnya komponen pendidikan merupakan komponen utama pembangunan daerah. Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di daerah, pendidikan harus menjadi ujung tombak pembangunan daerah. Upaya peningkatan mutu pendidikan melalui otonomi daerah mencakup antara lain sarana prasarana, kesejahtaraan guru, rekrutmen guru dan penempatan guru, kurikulum, peran serta masyarakat, serta dana operasional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hadiyanto. Mencari Sosok Desentralisasi Manajemen Pendidikan Di Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Fokus Media. Undang-Undang Otonomi Daerah 2004. Bandung: Fokus Media, Indonesia. Depdiknas. Balitbang.

Pusat data dan Informasi Pendidikan Indonesia. Depdiknas. Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Jalal, Fasli dan Dedi Supriadi. Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 2001.

Selintas Pendidikan Indonesia Di Akhir 2002: Delapan Isu Pendidikan. Jakarta: Depdiknas, 2002.

Suparno. Reformasi Pendidikan: Sebuah Rekomendasi. Yogyakarta: Kanisius .2002

Burki, Shahid J., Guillermo E. Perry and William R. Dillinger, Beyond the Center: Decentralizing the State, The World Bank, Washington, D.C, 1999.

Armida S. Alisjahbana, Otonomi daerah dan desentralisasi pendidikan, Bandung: Universitas padjajaran, 2000

Article Metrics
Abstract views: 2955
PDF downloads: 2698
Published
2010-12-31
How to Cite
Inom Nasution. (2010). OTONOMI DAERAH DAN OTONOMI PENDIDIKAN. Visipena, 1(2), 1-9. https://doi.org/10.46244/visipena.v1i2.25
Section
Articles