KOMPETENSI GURU DAN PERANAN KEPALA SEKOLAH
Abstract
Dalam upaya meningkatan mutu pendidikan, kompetensi guru merupakan salah satu faktor yang sangat penting. Kompetensi guru tersebut meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi personal, kompetensi sosial dan kompetensi profesional. Upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dapat dilakukan melalui optimalisasi peran kepala sesekolah, sebagai : edukator, manajer, administrator, supervisor, leader, pencipta iklim kerja dan wirausahawan.
Downloads
References
Bambang Budi Wiyono. 2000. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Semangat Kerja Guru dalam Melaksanakan Tugas Jabatan di Sekolah Dasar. (abstrak) Ilmu Pendidikan: Jurnal Filsafat, Teori, dan Praktik Kependidikan. Universitas Negeri Malang. (Akses, 31 Maret 2010)
Depdiknas, 2007. Standar Kompetensi Kepala Sekolah TK,SD, SMP, SMA, SMK & SLB, Jakarta : BP. Cipta Karya
———–. 2006. Peraturan Pemerintah No. 14 Tahun 2005 tentang Standar Nasional
Mulyasa, (2004). Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: Rosdakarya.
______, (2007). Menjadi Guru Profesional, Bandung: Rosdakarya
A. Suhaenah Suparno,(2000). Membangun Kompetensi Belajar (Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, (2000). Departemen Pendidikan Nasional.
Stephen J. Kenezevich, (1984). Administration of Public Education (New York: Harper Collins Publisher.
Alain Mitrani, dkk, (1995). Manajemen Sumber Daya Manusia Berdasarkan Kompetensi (Jakarta: Pustaka Utama Grafiti.
Robbins, Stephen P., (2001), Organizational Behavior, New Jersey: Pearson Education International.
Majid, Abdul. (2005). Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Idochi Anwar dan Yayat Hidayat Amir (2000). Refleksi dan Reformasi Pendidikan Indonesia Memasuki Millenium III. Yogyakarta.
PDF downloads: 462