KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS DESKRIPTIF TEKS UNTUK MAHASISWA SEMESTER II STKIP BINA BANGSA GETSEMPENA

  • Sri Wahyuni STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Menulis, Deskriptif Teks

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi jenis kesalahan yang dibuat oleh mahasiswa semester dua bahasa Inggris STKIP Bina Bangsa Getsempena, dengan menulis dan menganalisis faktor apa yang menyebabkan mereka membuat kesalahan dalam tulisannya. Penelitian eksperimen ini dilakukan dengan memberikan metode seri gambar (picture series) serta menganalisis teks dan wawancara. Analisis dokumen dilakukan dengan mengumpulkan kertas menulis siswa; itu diambil dari dosen yang mengajar mata kuliah writing . Seluruh data primer diklasifikasikan berdasarkan jenis kesalahan, dan kemudian mereka menjelaskan. Penulis juga menggunakan wawancara untuk cross check data yang didapat dari analisis dokumen. Ini adalah teknik penting untuk mengumpulkan informasi tentang faktor yang menyebabkan mahsiswa membuat kesalahan dalam menulis mereka. Dari hasil mewawancarai dosen, peneliti dapat menyimpulkan bahwa keterampilan menulis mahasiswa semester II masih kurang. Meskipun tata bahasa Inggris diajarkan secara terpisah, tampaknya bahwa mahasiswa tidak dapat menempatkan dengan baik tata bahasa dalam praktek ketika mereka menggunakannya dalam latihan menulis. Selain mewawancarai dosen, peneliti juga melakukan wawancara dengan mahasiswa untuk mengetahui bagaimana perasaan mereka dalam proses belajar mengajar menulis (writing). Namun demikian, jawaban rata-rata yang dilontarkan oleh mahasiswa adalah bahwa mereka suka bahasa Inggris tapi tidak suka menulis sangat banyak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ari, Donald. 2002. Introduction to Research in Education. America: Wordswort Group.

Barnwell, William. H.1987. The Resourceful Writer: A Basic Writing Course. USA: Houghton Mifflin Company.

Brown, H.D. (2004). Language assessment: Principle and classroom practices. NewYork: Longman, Pearson Education, Inc.

Broadman, Cynthia A. (2008). Writing to Communicate: Paragraph to Essay (second edition), Pearson: Longman.

Brown, H. Douglas. (2001). Teaching by Principles; An Interactive Approach to Language Pedagogy, Second Edition, San Francisco: San Francisco State University Press.

Byrne, Donn. (1980). English Teaching Perspectives, England: Longman Group Ltd.

Corder, Stephen Pit. (1981). Error Analysis and Interlanguage. Oxford, Oxford University Press.

Ellis, Rod. (1986) Understanding Second Language Acquisition, Oxford: Oxford University Press.

Gay, L. R. 1990. Educational Research Competencies for Analysis and Application. New York: Macmillan Publishing Company.

Hamp, L. & Heasley. (1987). Study Writing. Cambridge: Cambridge University Press.

Heaton. Jhon. Brian 1997. Teaching ESL Writing. United States: Prentice Hall.

Hornby, AS. 1995. Oxford Advanced Learner Dictionary of Current English. London: Oxford University Press.

Iragiliati, Emalia. Et al. 2007. Reading 2: Jakarta. Universitas Terbuka.

Laksmi, E. D. (2006). Scoffolding Students’ Writing in EFL Class: Implementing Process Approach. TEFLIN Journal. Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan.

Lado, R. 1986. Language Teaching. A scientific Approach. Bombay-New Delhi: Tata McGraw-Hill Publshing Co.ltd.

Luhulima, Timisela. 1996. Writing III. Jakarta: Debdikbud.

Macmillan, 1988. English Thinking and Writing Process. New York: Macmillan Publishing Company.

Mennens, H., B. Wilkinson. (2002). Academic Writing Skill, Universiteit Maanstreit

Miles, M.B. & Huberman, A.M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. New York: SAGE Publications.

Nunan, David. 1991. Language Teaching Methodology. New York: Prentice Hall Macmillan.

Oshima, Alice. Et al. 1998. Writing Academic English. London: Longman.

O’Malley, J.M. & Pierce, L.V. (1996). Authentic assessment for English language learners: Practical approaches for

teachers. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Reid, J. M. 1993. Teaching ESL Writing. New York. Precentice Hall Regents.

Richards, J.C. & Renandya, W.A. (2002). Methodology in language teaching: An anthology of current practice. Cambridge: Cambridge University Press.

Roberts, R.J. 1982. Genre and Scond Language Writing. Academic Press, London.

Salkie, Raphael. 1995. Text and Discourse Analysis. USA: TJ Press.

Setiawati, Tanti. 2010. Description Around Us. Tangerang: Citralab.

Tarigan, Hendri Guntur. 1985. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.

Ur Penny. 1996. A Course in Language Teaching Practice and Theory. New York: Cambridge University Press.

Winkler, C. Anthony. 1983. Reading for Writer. United Stated of America: Glendale College.

Widdowson, H.G. 1979. Teaching Language as Communication. Oxford: Oxford University Press.

Richards, Jack C. (1974). Error Analysis Perspectives on Second Language Acquisition. London: Longman Group Ltd.

Sanal, Fahrettin. (2007). Error Analysis Based Second Languge Teaching Strategies, http:// citeseerx. ist. psu. edu/ messages/ downloadsexceeded. html, accessed on August 23, 2011.

White, R.V. (1988). Academic writing: Process and Product. In P. C. Robinson (Ed.) Academic writing: Process and Product. London: Modern English Publications: British Council.

Article Metrics
Abstract views: 382
PDF downloads: 815
Published
2015-06-30
How to Cite
Sri Wahyuni. (2015). KEMAMPUAN SISWA DALAM MENULIS DESKRIPTIF TEKS UNTUK MAHASISWA SEMESTER II STKIP BINA BANGSA GETSEMPENA. Visipena, 7(1), 128-141. https://doi.org/10.46244/visipena.v7i1.300
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>