URGENSI PENGEMBANGAN DIMENSI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENDEKATAN SAINS, TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI TANTANGAN ERA GLOBALISASI

  • Dyoty Auliya Vilda Ghasya STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: dimensi pembelajaran ilmu pengetahuan sosial, pendekatan sain, teknologi dan masyarakat, era globalisasi

Abstract

Kajian konseptual ini bersifat studi kepustakaan. Pada artikel ini memiliki beragam konsep yang saling terkait dan dibahas untuk mendapat suatu gagasan tentang urgensi pengembangan dimensi pembelajaran ilmu pengetahuan sosial melalui pendekatan sains, teknologi dan masyarakat dalam menghadapi tantangan era globalisasi. Ilmu pengetahuan sosial secara formal didefinisikan sebagai studi terintegrasi ilmu sosial dan humaniora dalam rangka mengembangkan kompetensi warga Negara. Di dalam program sekolah, ilmu pengetahuan sosial mengkoordinasikan kajian sistematis yang menggambarkan berbagai disiplin seperti antropologi, arkeologi, ekonomi, geografi, sejarah, hukum, filasafat, ilmu politik, psikologi, agama, dan sosiologi, maupun materi yang sesuai dari humaniora, matematika, dan ilmu alam. Program pendidikan ilmu pengetahuan sosial yang komprehensif mencakup empat dimensi yaitu pengetahuan, keterampilan, nilai dan sikap serta tindakan. Dimensi pembelajaran ilmu pengetahuan sosial perlu dikembangkan dalam proses belajar mengajar disekolah melalui suatu pendekatan sains teknologi dan masyarakat. Pendekatan ini cocok digunakan oleh guru untuk mengembangkan pendidikan dimensi pembelajaran ilmu pengetahuan sosial kepada siswa. Pendekatan sains, teknologi dan masyarakat didasari pada paham konstruktivis berarti teradapat kaitan antara keadaan nyata di luar kelas dan manfaat konsep yang akan dikembangkan, maka siswa lebih mudah mengkonstruksi pengetahuan atau konsep.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buchori, Mochtar. (1995). Transformasi Pendidikan. Jakarta: IKIP Muhammadiyah. Jakarta Press.

Suyanto, Ahmad. (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Sapriya. (2008). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Lap-PKn UPI Bandung.

NCSS. (1994). Expectation of Excellence: Curriculum Standards for Social Studies. Washington: NCSS.

Michellis, Jhon U and Jesus Garcia. (1996). Social Studies for Children: A Guide to Basic Instruction. Boston: Allyn and Bacon.

National Science Teacher Association. (1991) . STS: A New Effort for Providing Appropriate for All. http:/www.nsta.org/positionstatment

Poedjiadi. (2007). Sains Teknologi Masyarakat; Model Pembelajaran Kontekstual Bermuatan Nilai. Bandung: Remaja Rosdakarya

Pen State. (2008). Macam-Macam Pendekatan. http:/idahariyanti.student.fkip.uns.ac.id/files

Article Metrics
Abstract views: 5514
PDF downloads: 1712
Published
2015-12-31
How to Cite
Dyoty Auliya Vilda Ghasya. (2015). URGENSI PENGEMBANGAN DIMENSI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PENDEKATAN SAINS, TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI TANTANGAN ERA GLOBALISASI. Visipena, 7(2), 40-53. https://doi.org/10.46244/visipena.v7i2.308
Section
Articles