FENOMENA KEDWIBAHASAAN SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN CIREBON: ANTARA HARAPAN DAN KENYATAAN

  • Dyoty Auliya Vilda Ghasya STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Bilingual, Student’s, Cirebon

Abstract

Portrait of bilingual has become a necessity that happened in the middle of Indonesian society, especially in school environment. In fact that often happens is the use of regional languages (Mother tongue) which is mixed either intentionally or not into the process of daily communication. Cirebon is the north east coastal area of West Java province. In Cirebon District there is a local content of Regional Language, ie Cirebon language that is taught in all levels of education in the region of Cirebon. This literature study seeks to reveal the description of the use of Language conducted by elementary school students, especially in the area of Cirebon that either intentionally or unintentionally using two Languages, in this case Indonesian-Cirebon language through the theories considered relevant so that with portrait the diversity of the use of this regional language can be a critical examination of the observers of the Language, especially the Regional Language.

 

 

Abstrak

Potret kedwibahasaan sudah menjadi suatu keniscayaan yang terjadi ditengah masyarakat Indonesia, terlebih lagi di lingkungan sekolah. Pada kenyataannya yang sering terjadi adalah penggunaan Bahasa daerah (Bahasa Ibu) yang dicampurkan baik secara sengaja maupun tidak ke dalam proses komunikasi sehari-hari. Cirebon merupakan wilayah pesisir timur laut utara provinsi Jawa Barat. Di Kabupaten Cirebon terdapat muatan lokal Bahasa Daerah, yakni Bahasa Cirebon yang diajarkan di semua jenjang pendidikan yang ada di wilayah Cirebon. Studi pustaka ini berupaya untuk mengungkap gambaran mengenai penggunaan Bahasa yang dilakukan oleh siswa sekolah dasar khususnya di wilayah Cirebon yang baik secara sengaja maupun tidak sengaja menggunakan dua buah Bahasa, dalam hal ini Bahasa Indonesia-Bahasa Cirebon melalui teori-teori yang dipandang relevan sehingga dengan potret keberagaman penggunaan bahasa daerah ini dapat menjadi suatu telaah kritis para pemerhati Bahasa, khususnya Bahasa Daerah.

Kata Kunci : Kedwibahasaan, Siswa, Cirebon

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwasilah, A. C. (1985). Beberapa Madhab dan Dikotomi Teori Linguistik. Bandung: Angkasa. Chaer, A. dan

Agustina, L. (2010). Sosiolinguistik Perkenal Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Hastuti, S. (2003). Sekitar Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta:

Mitra Gama Widya. Johan, G. M., & Simatupang, Y. J. (2018). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA INDONESIA SECARA SINTAKTIS DALAM PROSES DISKUSI SISWA KELAS IV SDN MIRI. Jurnal Visipena, 8(2).

Johan, G. M. (2018). PROFIL KEDWIBAHASAAN SISWA SEKOLAH DASAR KELAS VI SDN 1 MIRI KABUPATEN PONOROGO. Tunas Bangsa, 5(1).

Johan, G. M., & Rindawati, R. (2018). INTERFERENSI MORFOLOGIS BAHASA SIMEULUE DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 10 SIMEULUE TENGAH. Jurnal Metamorfosa, 6(1).

Johan, G. M. (2017). Identifikasi Kedwibahasaan Siswa: Implementasi Studi Kebahasaan Di Sekolah Dasar. Tunas Bangsa, 4(1).

Johan, G. M., & Ghasya, D. A. V. (2017). Analisis Kesalahan Morfologis dalam Proses Diskusi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Visipena, 8(1).

Pranowo. (2014). Teori Belajar Bahasa. Yogyakarta : Pustaka Belajar. Setyawati, N. (2010). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia. Surakarta: Yuma Pustaka.

Suwito. (1983). Pengantar Awal Sosiolinguistik: Teori dan Problema. Surakarta: Henary Offset.

Syafyahya, L. dan Aslinda. (2007). Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: Refika Aditama.

Weinreich, U. (1970). Languages in Contact. Findings and Problems. Cetakan ke-7. Paris: Mouton.

Article Metrics
Abstract views: 628
PDF downloads: 2528
Published
2018-06-30
How to Cite
Dyoty Auliya Vilda Ghasya. (2018). FENOMENA KEDWIBAHASAAN SISWA SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN CIREBON: ANTARA HARAPAN DAN KENYATAAN. Visipena, 9(1), 128-136. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.446
Section
Articles