PENGARUH CRITICAL READING MAHASISWA TERHADAP KEMAMPUAN CRITICAL WRITING
(Deskriptif Study pada Mahasaiswa Jurusan Bahasa Inggris UIN-Ar-Raniry)
Abstract
Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk meninjau dan menganalisis Pengaruh Critical reading Mahasiswa terhadap kemampuan siswa dalam Critical writing. Ini adalah penelitian lapangan yang mengamati cara mengajar Critical Reading pada mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris di UIN-Ar-Raniry. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana critical reading siswa mempengaruhi prestasi critical writing mereka. Untuk mencapai tujuan tersebut, purposive sampling digunakan di mana 25 siswa kelas Akademik Reading diambil sebagai subjek penelitian ini. Selain itu, sumber utama data penelitian ini adalah tulisan siswaa. Data dianalisis dengan menggunakan deskripsi data dan penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada efek yang baik dalam penerapan critical reading terhadap prestasi siswa dalam critical writing. Materi yang dipilih oleh dosen mampu mendorong siswa dalam melakukan critical writing . Ini menunjukkan bahwa siswa yang kompeten untuk berlatih critical reading bahwa mereka dapat memahami teks dan merespons teks. Para siswa juga lebih aktif dalam interaksi kelas dan diskusi untuk merespon teks. Para siswa lebih sensitif dan lebih toleran dalam melihat isu-isu dan keragaman dalam menanggapi isu-isu. Mereka bersedia mendengarkan pendapat orang lain dan memikirkan kembali tentang pendapat mereka sendiri. Akhirnya, mereka mampu menyajikan alasan dalam diskusi sehingga mereka mampu membuat keputusan dan penilaian tentang masalah ini berdasarkan pertimbangan yang masuk akal. Oleh karena itu, disarankan agar program pengajaran seperti apa yang telah dilaksanakan dalam penelitian ini harus diterapkan dalam tingkat pendidikan tinggi lainnya. Pengajaran critical reading dapat diajarkan secara terpisah atau diajarkan dengan pengajaran membaca bahkan untuk pengajaran menulis. Akhirnya, kemampuan siswa dalam mengungkapkan argumen juga harus menempatkan penekanan kuat dalam pengajaran bahasa Inggris, terutama di tingkat pendidikan yang lebih tinggi.
Downloads
References
Adams, M. (1990). Beginning to read: Thinking and Learning
About Print. Cambridge: MIT press.
Allan, J., &Bruton, A. (1998). Squeezing out the juice: Perceptions of Reading in the Secondary School. Edinburgh: Scottish Council for Research in Education.
Allwright, R. L. (1990). “What do we want teaching materials for?” In R. Rossner and R. Bolitho, (Eds.), Currents in Language Teaching. Oxford:Oxford University Press.
Alverman, D.E, &Hagood, M.C. (2000) Critical Media Literacy: Research, Theory, & Practice in “New Time” Journal of Education Research Vol 93. (21-25)
Angelo, T.A. & Cross, K.P. (1993). Classroom Assessment Techniques: A Handbook for College Teachers. (2nd ed.). San Francisco: Jossey-Bass Publishers.
Barron, J.B., &Stemberg,R.J. (1997).Teaching Thinking Skills: Theory & Practice. New York: Freemen.
Bartholomae, M., David, J.& Anthony P, (2008). Introduction. Ways of Reading. (Eds), 8th Ed. New York: Bedford/St. Martin's.
Bernhardt, B., &Kamil, M. L. (2003). Teaching reading. Geneva: International Bureau Education.
Brent, D. (2003). Reading as Rhetorical Invention. NCTE, Urbana, Illinois.
Cimino-Hurt, New York: Bedford/St. Martin's
Brown, H. D. (1994). Teaching by principles: An interactive approach to language pedagogy. Englewood Cliffs, New York: Prentice Hall Regents.
___________, (1994). Teaching by Principles.New York: Paramount Communications Company.
Burden, P.R. & Byrd, D.M. (1999). Methods for Effective Teaching. Boston: Allyn and Bacon.
Burke, Chaterine G. (2003) What is Critical Thinking: Critical Engaging the Language Arts curriculum. Language Arts Journal. Vol.79, ( 11-13).
Calkins, L.M., (1998). A Teacher’s Guide to Standardized Reading Tests: Knowledge is the Power.Portmouth, New Hampshire's: Heinemann.
MacDonald, Doune. (2002). Critical Pedagogy: What It Might Look Like and Why does It Matter? Dalam Laker, Anthony (ed). The Sociology of Sport and Physical Education: An Introductory Reader. London: Routledge Falmer.
Orasanu, J. (1986). Reading comprehension: From research to practice. New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.
O'Neill, R. (1990). Why use textbooks? In R. Rossner and R. Bolitho,(Eds.), Currents in language teaching. Oxford: Oxford University Press.
PDF downloads: 1971