ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA SEMESTER II DALAM MENULIS DESKRIPTIF TEKS

  • Sri Wahyuni STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Analisis Kesalahan, Menulis, Deskriptif Teks

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk menggambarkan kegiatan menulis mahamahasiswa semester dua di STKIP Bina Bangsa Getsempena. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu, untuk mendapatkan alasan mengapa mahamahasiswa kesulitan dalam menulis teks deskriptif dan untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan kesalahan dalam menulis teks deskriptif. Penelitian studi kasus ini dilakukan dengan memberikan seri gambar (picture series) serta menganalisis teks dan wawancara. Analisis dokumen dilakukan dengan mengumpulkan kertas menulis mahasiswa; itu diambil dari dosen yang mengajar mata kuliah writing. Seluruh data primer diklasifikasikan berdasarkan jenis kesalahan, dan kemudian mereka menjelaskan. Penulis juga menggunakan protokol wawancara untuk cross check data yang didapat dari analisis dokumen. Dari hasil analisis tulisan mahamahasiswa, maka kesalahan penulisan disebabkan oleh beberpa faktor, yaitu article mistakes, preposition mistakes, pronoun agreement, comma splices, and minor spelling mistakes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Brown, H.D. (2004). Language assessment: Principle and classroom practices. NewYork: Longman, Pearson Education, Inc.

Depdiknas. 2006. Standar Isi dan Standard Kompetensi. Jakarta: Depdiknas.

Gay, L. R. 1990. Educational Research Competencies for Analysis and Application. New York: Macmillan Publishing Company.

Heaton. Jhon. Brian 1997. Teaching ESL Writing. United States: Prentice Hall.

Hornby, AS. 1995. Oxford Advanced Learner Dictionary of Current English. London: Oxford University Press.

Iragiliati, Emalia. Et al. 2007. Reading 2: Jakarta. Universitas Terbuka.

Langan, Jhon. 1981. Collage Writing Skills. United States: Atlantic Community College.

Laksmi, E. D. (2006). Scoffolding Students’ Writing in EFL Class: Implementing Process Approach. TEFLIN Journal. Jakarta: Multi Kreasi Satudelapan.

Miles, M.B. & Huberman, A.M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. New York: SAGE Publications.

Nunan, D. (1992). Research methods in language learning. Cambridge: Cambridge University Press.

Oshima, Alice. Et al. 1998. Writing Academic English. London: Longman.

Reid, J. M. 1993. Teaching ESL Writing. New York. Precentice Hall Regents.

Richards, J.C. & Renandya, W.A. (2002). Methodology in language teaching: An anthology of current practice. Cambridge: Cambridge University Press.

Salkie, Raphael. 1995. Text and Discourse Analysis. USA: TJ Press.

Setiawati, Tanti. 2010. Description Around Us. Tangerang: Citralab.

Widdowson, H.G. 1979. Teaching Language as Communication. Oxford: Oxford University Press.

Article Metrics
Abstract views: 598
PDF downloads: 348
Published
2015-12-31
How to Cite
Sri Wahyuni. (2015). ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA SEMESTER II DALAM MENULIS DESKRIPTIF TEKS . Visipena, 7(2), 129-137. https://doi.org/10.46244/visipena.v7i2.319
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2