EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS XI IA1 SMA NEGERI 8 BANDA ACEH

  • Rita Novita STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Efektifitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS), Trigonometri

Abstract

Penguasaan matematika sangat penting untuk semua lapisan masyarakat terutama bagi siswa dalam menempuh pendidikan formal karena matematika merupakan pembimbing pola pikir maupun sebagai pembentuk sikap. Trigonometri merupakan ruang lingkup dari matematika yang masih sukar dipahami oleh siswa, diantara penyebabnya adalah kurangnya pemahaman siswa terhadap konsep dasar trigomometri serta keaktifan dan keberanian dalam pembelajaran masih rendah. Model pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) adalah salah satu model dalam pembelajaran yang menekankan pada tiga aspek yaitu berpikir (think), berpasangan (pair), dan berbagi (share) sehingga dapat menjadi solusi untuk diterapkan pada pelajaran matematika khususnya trigonometri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dalam mengajarkan materi trigonometri di kelas XI pada SMAN 8 Banda Aceh. Penelitian ini bersifat deskripstif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas XI IA1 pada SMAN 8 Banda Aceh. Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS dapat didasarkan pada (1) Ketuntasan belajar, (2) Aktifitas siswa, (3) Respon siswa, (4) Kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran. Model kooperatif tipe TPS akan dikatakan efektif jika paling sedikit tiga dari empat aspek tersebut terpenuhi dengan syarat aspek ketuntasan belajar terpenuhi (efektif). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket respon siswa, lembar observasi dan tes hasil belajar sedangkan pengolahan data menggunakan persentase, kriteria waktu ideal, dan deskripsi skor rata-rata terhadap kemampuan guru mengelola pembelajaran, data aktifitas siswa, angket respon siswa dan tes ketuntasan belajar. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS efektif diterapkan pada materi Trigonometri di kelas XI IA1 SMAN 8 Banda Aceh karena telah memenuhi keempat aspek efektifitas yaitu ketuntasan belajar (siswa tuntas sebanyak 87,5%), kemampuan guru mengelola pembelajaran (berada dalam kriteria baik), aktifitas siswa (aktif), dan respon siswa (positif).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arends, Richard I. (2001). Learning to Teach, fifth edition. Singapore: McGraw-Hill Book Co.

Eggen, Paul. D & Kauchak, Donal. P. (1993). Strategies for Teachers. Teaching Content and Thingking Skills. Allyn and Bacon:USA.

Ibrahim, Muslimin. 2000. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa_University Press.

Johar, Rahmah dkk. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Mailizar. (2006). Kesulitan Siswa Memahami Materi trigonometri di Kelas II SMA N 1 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2004/2005. Skripsi. Banda Aceh: Uiversitas Syiah Kuala.

Markaban (Ed). (2006). Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Yogyakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Muhklis. (2005). Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Materi Pokok Perbandingan di Kelas VII SMPN 1 Pailangga (Tesis). Universitas Negeri Surabaya.

Muktiyani dan Sulistiawan, Arif. (2004). Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS (Think-Pair-Share) untuk Materi Pokok Statistik dan Peluang di Kelas IX SMP. Program Studi Pendidikan Matematika PPP-UNESA. Surabaya.

Mulyasa, E. (2006). KTSP Sebuah Panduan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Setiawan. (2004). Pembelajaran Trigonometri Berorientasi Pakem di SMA. Yogyakarta: Modul Paket Pembinaan Penataran.

Taruastuti. (2008). Sekolah Berpikir. Republika, 2 Juli 2008.

Tim MKPBM Jurusan Pendidikan Matematika. (2001) Common Text Book, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA

Usman. (2005). Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Struktural Numbersd Head Together (NHT) Untuk Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat di Kelas X (I) SMA IPIEMS Surabaya, Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Program Pasca Sarjana Program Studi Pendidikan Matematika.
Article Metrics
Abstract views: 1524
pdf downloads: 1813
Published
2014-06-30
How to Cite
Rita Novita. (2014). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) PADA MATERI TRIGONOMETRI DI KELAS XI IA1 SMA NEGERI 8 BANDA ACEH. Visipena, 5(1), 128-135. https://doi.org/10.46244/visipena.v5i1.929
Section
Articles