PENINGKATAN KETRAMPILAN MENULIS TEKS NARRATIVE BAHASA INGGRIS MELALUI PENERAPAN TEKNIK CLOZE PROCEDURE SISWA KELAS XII-IA 1 SMA NEGERI 3 PUTRA BANGSA, ACEH UTARA

  • Erlinawati SMA Negeri 3 Putra Bangsa, Aceh Utara
Keywords: Kemampuan Menulis Teks Bahasa Inggris, Teknik Cloze Procedure

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas XII-IPA1 SMA Negeri 3 Putra Bangsa dalam menulis teks bahasa Inggris. Teknik yang dipilih dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Cloze Procedure. Penelitian ini dilakukan di kelas XII IA-1 SMA Negeri 3 Putra Bangsa Aceh Utara semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. Lokasi penelitian ini adalah di SMA Negeri 3 Putra Bangsa Aceh Utara.  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII IA-1 SMA Negeri 3 Putra Bangsa yang berjumlah 27 siswa terdiri atas 17 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. dengan menerapkan teknik cloze procedure dalam pembelajaran bahasa Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I  diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 58,15 dan persentase ketuntasan klasikal yang tercapai adalah 44,44% atau  12 dari 27 orang siswa tuntas dalam pembelajaran siklus I sedangkan 15 siswa belum mencapai ketuntasan.. Hasil ini menunjukkan bahwa pada siklus pertama indikator keberhasilan belum tercapai karena siswa yang memperoleh nilai ≥75 hanya sebesar 44,44%. Nilai tertinggi 90 dan nilai terendah adalah 20 dan ketuntasan klasikal hanya 44,44%. Hasil ini jauh di bawah presentase indikator yang telah ditetapkan yaitu hasil belajar 80% siswa diharapkan mencapai KKM 75. Pada siklus II  diperoleh nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 79,62 dan persentase ketuntasan klasikal yang tercapai adalah 77,77% atau  21 dari 27 orang siswa tuntas dalam pembelajaran siklus II sedangkan 6 siswa belum mencapai ketuntasan.. Hasil ini menunjukkan bahwa pada siklus II indikator keberhasilan telah tercapai karena siswa yang memperoleh nilai ≥75 sebesar 77,77%. Nilai tertinggi 100 dan nilai terendah adalah 40. Hasil ini telah mencapai indikator yang ditetapkan yaitu 75% siswa diharapkan mencapai KKM 75. Penerapan teknik cloze procedures sebagai teknik pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menulis teks naratif bahasa Inggris di kelas XII IPA-1 SMA Negeri 3 Putra Bangsa Lhoksukon. Oleh karena itu disarankan agar guru bahasa Inggris menerapkan teknik cloze procedure dalam mengajarkan keterampilan menulis.

References

Akhadiah, Maidar, & Sakura.1999. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Anderson, Mark, Anderson Kathy. 1997. Text Types in English. Sydney – Australia: MacMillan

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Bahasa Dasar Inggris SMA / MA. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) Depdiknas

Ozbek, N. 1995. Integrating Grammar into the Teaching of Paragraph-Level Composition. Forum Vol. 33 No. 1, January-March 1995 p.43. http://www.exchangesstate.gov/forum/vols/vol33/no1/p43.htm

Penny, William Kevin. 2001. Student Difficulties Writing in English: Suggested Teknikes to help, and Their Potential Beneficial ‘Side-effects’. London of Birmingham. http://www.cels.bham.ac.uk/reseources/essays/penny1.pdf

Sudarwati, Th. M & Grace Eudia. 2005. Look Ahead I (An English Course for Senior High School Student Year X). Jakarta: Erlangga

Tompkins, G. E. dan Hoskisson, K. 1994. Language arts Contens and Teaching Teknikes. New York: Macmillan Publishing Company
Article Metrics
Abstract views: 263
pdf downloads: 210
Published
2014-05-31
How to Cite
Erlinawati. (2014). PENINGKATAN KETRAMPILAN MENULIS TEKS NARRATIVE BAHASA INGGRIS MELALUI PENERAPAN TEKNIK CLOZE PROCEDURE SISWA KELAS XII-IA 1 SMA NEGERI 3 PUTRA BANGSA, ACEH UTARA. Getsempena English Education Journal , 2(2), 87-102. https://doi.org/10.46244/geej.v2i2.694
Section
Articles