TINGKAT KETERANCAMAN DAN KEPUNAHAN BAHASA GAYO

  • Rismawati STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Bahasa Gayo, Keterancaman, Kepunahan

Abstract

Penelitian ini berjudul “Tingkat Keterancaman dan Kepunahan Bahasa Gayo” Permasalahan dalam penelitian berkenaan dengan keterancaman dan kepunahan bahasa Gayo  karena penutur bahasa Gayo mulai beralih kepada bahasa lain yang lebih luas daya jangkau komunikasinya (language of wider communicaion) yang dapat menggantikan bahasa itu dalam berbagai ranah (domain) penggunaan bahasa untuk mencapai peluang sosial dan ekonomi yang lebih luas.  Sumber data dalam penelitian ini adalah masyarakat Gayo Lues, Blangkejeren sebagai penutur bahasa Gayo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bahasa Gayo yang dituturkan oleh masyarakat Gayo Lues, Blangkejeren telah berada dalam kategori Bahasa yang mulai terancam (disappearing) punah disebabkan oleh bahasa Gayo jika diamati, jumlah penuturnya menyusut dari generasi ke generasi, ranah pemakaiannya terbatas, dan ranah pemakaiannya terutama di rumah tangga mulai digantikan oleh bahasa lain dengan daya komunikasi yang lebih luas. 

References

A dan L. J. Whaley. 2006. Saving Languages: an Introduction to Language Revitalization. New York: Cambridge University Press.

Saragih, Amrin. 2011. “Revitalisasi Bahasa Daerah dalam Konteks Sosial Indonesia”. Balai Bahasa medan.

Himmelmann, dan Ulrike Mosel, eds, Essentials of Language Documentation. Berlin: Walter de Gruyter.

Woodbury, Tony. 2008. Defining Documentary Linguistics. Diakses dari http://hrelp.org/events/workshops/eldp2008_6/resources/woodbury.pdf pada 29 Juni 2015.

Mahsun. 2005. Metode Penelitian Bahasa: Tahapan Strategi, Metode, dan Tekniknya. Jakarta: PT Raja Grafindo Perkasa.

Sudaryanto. 1988. Metode Linguistik: Metode dan Aneka Teknik Pengumpulan Data. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Semi, M. Atar. 1993. Metodologi Penelitian Kualitatif. Padang: Angkasa Raya.
Article Metrics
Abstract views: 248
Published
2016-07-31
How to Cite
Rismawati. (2016). TINGKAT KETERANCAMAN DAN KEPUNAHAN BAHASA GAYO. Jurnal Metamorfosa , 4(2), 17-26. Retrieved from https://ejournal.bbg.ac.id/metamorfosa/article/view/153
Section
Articles