PEMBELAJARAN LUAS DAN KELILING LINGKARAN MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING
Abstract
Mathematics is a basic science that is very important to learn from elementary school to university. Thus the mathematical material provided must be oriented to the needs of the appropriate level of education. The purpose of this study was to determine the completeness of MTsS Lam Ujong students' learning outcomes in the broad and circumferential material through the Contextual Teaching and Learning approach. This study uses a quantitative approach. The sample in this study was class VIII-1 MTsS Lam Ujong 2018/2019 academic year, with a number of students 20. The sampling technique was carried out randomly. Data collection techniques using test and non-test instruments (observation and interviews). Based on the calculation results, it can be concluded that the MTsS Lam Ujong Student Learning Outcomes in the Material Area and Circumference through the Contextual Teaching and Learning Approach have reached completeness standards.
Abstrak
Matematika adalah ilmu dasar yang sangat pentingdipelajari sejak Sekolah Dasar, sampai Perguruan Tinggi.Dengan demikian Materi matematika yang diberikan harus berorientasi kepada kebutuhan jenjang pendidikan yang sesuai.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa MTsS Lam Ujong pada materi luas dan keliling lingkaran melalui pendekatan Contextual Teaching andLearning. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini adalah kelasVIII-1MTsS Lam Ujong Tahun pelajaran 2018/2019, dengan jumlah peserta didik 20.Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan non tes (observasi dan wawancara).Berdasarkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar Siswa MTsS Lam Ujong Pada Materi Luas dan Keliling Lingkaran Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning telah mencapai standar ketuntasan.
Kata Kunci: Lingkaran, Pembelajaran, CTL
References
Sudrajat, A. (2008). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Departemen Pendidikan Nasional. (2002). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Dirtektorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama.
Djamarah., Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta.
Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indoneisa.
Nurhadi. (2009). Pembelajaran kontektual & penerapanya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Saleh, M., dkk. (2019). International Journal of Scientific & Technology Research, IJSTR. Students’ Error Types And Reasoning Ability Achievement Using The Indonesian Realistic Mathematics Education Approach Vol. 8 No.7, July 2019 Edition - ISSN 2277-8616 p: 364-369.
Saleh, M., dkk. (2018). Improving the Reasoning Ability Of Elementary School Student Through the Indonesian Realistic Mathematics Education. Journal on Mathematics Education. Vol.9 No.1. Hal. 41-54. ISSN 2087-8885, E-ISSN 2407-0610.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Slameto. (2010). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Soedjadi. (2001).Pembelajaran Matematika Berjiwa RME. Makalah disampaikan pada seminar nasional PMRI di Universitas Sanata Darma. Yogyakarta
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono. (2013). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta
Suyanto, K. E. (2003). Pengajaran Dan Pembelajaran Kontektual. Makalah Disajikan Dalam Penataran Terintegrasi, AA Dalam CTL. Malang: Universitas Negeri Malang.
Riyanto, Y. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Referensi Bagi Guru/Pendidik dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif danberkualitas. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
pdf downloads: 1400