PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATIC PROJECT (MMP) UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA
Abstract
Mathematical learning activities are mostly carried out independently with limited guidance from the teacher. This raises the consequences of the demands for student independence in learning. Independence of student learning in the learning process will affect student learning outcomes, students who are independent in learning will enjoy working on problems independently. In fact, not all students have a sense of awareness to be independent in learning, sometimes even during the learning process, students often feel bored and lazy. This may be caused due to the lack of approaches and learning models used by educators. One solution to improve student learning independence through the Missouri Mathematics Project (MMP) learning model. The purpose of this study was to determine the increase in students' learning independence. The population in this study were all eighth grade students of Junior High School 4 Sakti. Sampling using Purposive Sampling class VIII1 was selected as an experimental class and class VIII3 as a control class. The instruments used in the form of an initial test (pretest) and final test (posttest) and a questionnaire of student learning independence. Data processing was performed using SPSS 16.0 using t-test statistics, namely independent sample T-test at a significant level of 0.05. From the results of data processing it is obtained that p-value = 0.001, because p-value <0.05 then H0 is rejected H1 is accepted. Thus it can be concluded that the application of the Missouri Mathematics project (MMP) learning model can improve the learning independence of eighth grade students of Junior High School 4 Sakti.
Abstrak
Kegiatan pembelajaran matematika sebagian besar dilakukan secara mandiri dengan bimbingan terbatas dari guru. Hal ini memunculkan konsekuensi adanya tuntutan kemandirian siswa dalam belajar. Kemandirian belajar siswa dalam proses belajar akan mempengaruhi hasil belajar siswa, siswa yang mandiri dalam pembelajaran akan senang mengerjakan soal secara mandiri. Pada kenyataannya tidak semua siswa memiliki rasa kesadaran untuk mandiri dalam belajar, bahkan kadang saat proses belajar berlangsung, siswa sering merasa bosan dan malas. Hal ini mungkin di sebabkan karena minimnya pendekatan dan model pembelajaran yang digunakan oleh pendidik. Salah satu solusi untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa melalui model pembelajaan Missouri Mathematics Project (MMP). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemandirian belajara siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sakti. Penarikan sampel menggunakan Purposive Sampling maka terpilih kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan berupa tes awal (pretest) dan tes akhir (postest). Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan bantuan SPSS 16.0 menggunakan statistik uji-t yaitu independent sampel T-test pada taraf signifikan 0,05. Dari hasil pengolahan data maka diperoleh bahwa p-value=0,001, karena p-value < 0.05 maka H0 ditolak H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Missouri Mathematics project (MMP) dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Sakti.
Kata Kunci: Kemandirian Belajar, Missouri Mathematics Project
References
Ansory, H., Aulia, I. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SMP. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika. Vol.3 No.1.
Arikunto, S. (2007). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara
Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Fauziah, A., Sukasno. (2015). Pengaruh Model Missouri Mathematics Project (MMP) terhadap kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematika siswa SMA N 1 Lubuklinggau. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika. Vol.4 No.1.
Hurlock, E. B. (2004). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Rineka Cipta.
Ismail. (2011). Kapita Selekta Pendidikan Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka
Krismanto, A. (2003). Beberapa Tekhnik, Model dan Strategi Dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Widyaswara PPPG Matematika .http://p4tkmatematika.org/ download/sma/strategipembelajaran matematika .pdf
Mudjiman, H. (2011). Belajar Mandiri Pembekalan dan Penerapan. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press.
Marcou A., George P. (2005). Motivational Beliefs, Self-Regulated Learning and Mathematical Problem Solving. Proceedings of the 29th Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education. Hal. 297-304.
Shadiq, F. (2009). Model-Model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: PPPPTK Matematika.
Sumarmo. (2004). Kemandirian Belajar: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada Peserta Didik. Makalah Lokakarya Kemandirian Belajar Mahasiswa. FPMIPA UPI.
Sunawan, A. (2008). Pengaruh Pembelajaran Model Missouri Mathematics Project terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP di tinjau dari Intelligence Quotient (IQ). Bandung: PPS
Sutarno. (2015). Tanggungjawab Perpustakaan Dalam Mengembangkan Masyarakat Informasi. Jakarta: Panta Rei
TIMSS. (2018). TIMSS 2018 User Guide For The International Database. Boston: TIMSS & PIRLS International Study Center
Vita, et al. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project dalam Meningkatkan Aktivitas Siswa dan HasilBelajar Siswa Sub Pokok Bahasan Menggambar GrafikFungsi Aljabar Sederhana Dan Fungsi Kuadrat Pada Siswa Kelas X SMA Negeri Balung Semester GanjilTahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran FKIP Jember. Vol. 4 No. 2.
Wardinah. (2011). Ekperimentasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) yang Dimodifikasi Pada Pembelajaran Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa Kelas X SMA Negeri di Kabupaten Cilacap.Tesis. Surakarta: UNS.
Whidiarso, W. (2007). Uji Hipotesis Komparatif. Diakses pada tanggal 17 Maret 2019, dari http://elisa.ugm.ac.id/files/wahyu_psy/maaio0d2/Membaca_t-tes.pdf.
Widdiharto, R. (2008). Diagnosis Kesulitan Belajar Matematik SMP dan Alternative Proses Remedinya. Yogyakarta: pusat pengembangan dan pemberdayaan pendidikan dan tenaga kependidikan matematika.
Zumbrunn, T., Roberts. (2015). Encouraging Self-Regulated Learning in the Classroom: A Review of the Literature, Metropolitan Educational Research Consortium (MERC), Virginia Commonwealth University.
pdf downloads: 752