PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SINEKTIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP
Abstract
This study aims to determine the implementation of synectic learning models on students mathematics learning achievement on the subject of the Pythagorean theorem academic year 2019/2020. This research was conducted in SMP Negeri 10 Kupang with a population of VIII grade as many as 11. Sample classes of this study were VIII C classes totaling 30 people who are randomly selected from the populationwith simple ramdom sampling. Instrument in this research namely observation and learning achievement texts in the form of multiple choice as many as 20 item. Data analysis techniques used are descriptive analysis and parametric statistics using the help of the SPSS 22 program. Based on the results of observations and achievement indicators obtained student achievement is classified as very good. The T-test results showed that the tcount = 36,353 > ttable = 2,045 with a significance level of 5% which means that H0 was rejected and Ha was accepted.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan pengaruh model pembelajaran sinektik terhadap prestasi belajar matematika siswa pada pokok bahasan teorema pythagoras tahun ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 10 Kupang dengan populasi kelas VIII sebanyak sebelas kelas. Sampel dari penelitian ini adalah kelas VIII C yang berjumlah 30 orang yang dipilih secara acak dari populasi dengan teknik simple random sampling. Instrumen dalam penelitian ini yaitu observasi dan tes prestasi belajar berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik parametrik yang menggunakan bantuan program SPSS 22. Berdasarkan hasil observasi dan pencapaian indikator didapatkan prestasi belajar siswa tergolong sangat baik. Hasil uji-t menunjukan = 36,353 > = 2,045 dengan taraf signifikansi 5% yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran sinektik terhadap prestasi belajar matematika pada siswa SMP
Kata Kunci: Model Pembelajaran Sinektik, Prestasi Belajar matematika
References
Achdiyat, Maman. (2016)Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kepercayaan Diri Dan Keaktifan Siswa Di Kelas 2016. Jurnal Formatif, ISSN: 2088 - 351x, 50 – 61.
Agustin, Julia, & Subarjah. (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Kreativitas Siswa Pada Materi Menggambar Imajinatif Mengenal Alam Sekitar. Jurnal Pena Ilmiah, 741-750.
Aisyah, Eusi .(2014).Perbandingan Prestasi Belajar Matematika Siswa Antara Yang Mendapatkan Model Active Learning Tipe Giving question And Getting Answer Dengan Konvensional. Jurnal Pendidikan matematika, 11 – 24.
Amin & Siti. (2016). Perbedaan Prestasi Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar Dan Model Pembelajaran. Jurnal Prima Edukasi,12 - 19
Apriyani, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Sinetik Terhadap Kreativitas Berpikir Metaforis Dan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII MTS Bahrul Ulum NM Telaga Bagik tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba, 148-154.
Astry, A. (2012). Kefektifan Model Sinetik Dan Penemuan Konsep Pada Pembelajaran Menulis Puisi Berdasarkan Tingkat Kemandirian Siswa Kelas VII SMP. Seloka : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Satra Indonesia, 91 - 96.
Hamidah, Resnani, & Lukman. (2019). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Sinektik Terhadap Kemampuan menulis Puisi Siswa Kelas V Di SD Negeri 49 Kota benkulu. JuRiDikDas : Jurnal Riset Pendidikan Dasar,54 – 60.
Indrawati. (2013) Pengaruh Kemampuan Numerikal Dan Cara belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, ISSN : 2088 – 321x, 215-223
Jagom & Irmina. (2019). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Berbahan Bekas Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika ( 4th SENATIK ) Semarang Program Studi Pendidikan Matematika FPMIPATI- Universitas PGRI Semarang , 212 – 216.
Joice. (2009). Models of Teaching Model-Model Pembelajaran.Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Karwati, U. (2012). Aplikasi Model Pembelajaran Sinetik. Seni dan Budaya Panggunng, 147 - 159.
Ramadhani. (2020). Model Pembelajaran Sinektik Dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa kelas V SD Pangeran Antasari Medan Tahun Pelajaran 2020. Bina Gogik : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12-22.
Saputri, V. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self-Confidence Siswa SMK Melalui Pembelajaran Sinektik Dan Pembelajaran Berbasis Masalah. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 02 No. 0171 – 82
Sirait, (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, ISSN: 2088 - 351x35 – 43
Syafi'i, Marfiyanto, & Rodiyah. (2018). Studi Tentang Prestasi Belajar Siswa Dalam Berbagai Aspek Dan faktor Yang Mempengaruhi. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 115 – 123.
Sugiman & Amiluddin. (2016). Pengaruh Problem Posing Dan PBL terhadapa Prestasi Belajar dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika. Juurnal Riset Pendidikan Matematika,100 – 108.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.Bandung, Alfabeta.
Supardi. (2013). Pengaruh Adversity qoutient Trehadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, ISSN: 2088-351x,61-71
Suyati. (2015). Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Matematika Operasi Hitung perkalian Dengan Metode Bermain Kartu. PARADIGMA
Wiboboyo. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Saintifik Terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika,1 – 10.
pdf downloads: 532