EFEK PENGUMPULAN CAHAYA BIAS PADA OBYEK TRANSPARAN 3D MENGGUNAKAN METODE BACKWARD RAY TRACING DAN PHOTON MAPPING

  • Liza Setyaning Pertiwi Universitas Sumatera Utara
Keywords: transparan, photon mapping, backward ray tracing

Abstract

Penelitian ini merancang suatu perangkat lunak yang mampu menghasilkan efek realistik pada obyek-obyek transparan dengan menggunakan metode backward ray tracing dan photon mapping. Obyek transparan yang dimodelkan pada penelitian ini berupa bola, kotak, tabung, dan kerucut. Hasil penelitian yang menggunakan software Delphi 7 dan OpenGL ini adalah pemunculan efek pembiasan sinar pada obyek transparan dari sumber cahaya yang mengumpul di suatu daerah sehingga pada daerah tersebut akan tampak lebih terang daripada daerah sekitarnya. Penggunaan gabungan metode backward ray tracing dan photon mapping memerlukan waktu render rata-rata untuk dua obyek transparan (bola) yaitu 39717.25 ms dan waktu render rata-rata untuk satu obyek transparan (tabung) yaitu 16041.75 ms.

References

Arvo, J. 1986. Backward Ray Tracing. Apollo Computer, Inc. Chelmsfort, MA, http://graphics.stanford.edu/courses/cs348b-97/basics/intersection/slides/, (diakses 27 Februari 2008).

Cheah, Shu Chiun. 1996. An Implementation Of A Recursive Ray Tracer That Renders Caustic Lighting Effects.Dept. of Computer Science, University of Maryland, http://www.cs.umd.edu/~mount/Indep/Scheah/causticpaper.html, (diakses 27 Februari 2008).

Halliday, Resnick; Krane. 1960. Physics 4th Edition Volume 2. John Willey & sons.

Purcell, Varberg. 1987. Calculus with Analytic Geometry 5th Edition. Prentice-Hall.

Whitted. 1998. Basics of Ray Tracing. Lecture notes for Spring Quarter.

Woo, M., Neider, J. dan Davis, T. 1997. OpenGL Programming Guide Second Edition. Silicon Graphics.

Wright, Right S. 1996. OpenGL-Super Bible. San Francisco: Waite Group Press.

Yu, Tin-Tin., Lowther, John. dan Shene, Ching-Kuang. 2005. Photon Mapping Made Easy. Houghton: Department of Computer Science Michigan Technological University, (http://www.cs.mtu.edu/~shene/PUBLICATIONS/2005/photon.pdf, diakses 27 Mei 2008).
Article Metrics
Abstract views: 69
pdf downloads: 206
Published
2014-10-31
How to Cite
Pertiwi, L. S. (2014). EFEK PENGUMPULAN CAHAYA BIAS PADA OBYEK TRANSPARAN 3D MENGGUNAKAN METODE BACKWARD RAY TRACING DAN PHOTON MAPPING. Numeracy, 1(2), 13-20. https://doi.org/10.46244/numeracy.v1i2.116
Section
Articles