PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MATERI BARISAN DAN DERET

  • Mulya Novita Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Selvia Erita Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Maila Sari Institut Agama Islam Negeri Kerinci
  • Aan Putra Institut Agama Islam Negeri Kerinci
Keywords: Student Worksheet, Constructivism Approach, Learning Outcomes

Abstract

This study aims to produce Student Worksheets based on a constructivism approach on line and series materials to improve student learning outcomes. The development model used in this research is the ADDIE model development. The Student Worksheets design was validated by experts and tested. The validity instrument used a validation sheet and the practicality instrument used a teacher response questionnaire and a student response questionnaire. The results showed that the resulting constructivism based Student Worksheets met the valid and practical product quality criteria. The average validity index in all aspects is 0.731 with the valid category, so it can be recommended for use in the learning process. The average index for the questionnaire response of students was 84.31% with the practical category and the average index for the teacher's questionnaire response was 90.27% with the very practical category in the use of learning tools based on the constructivism approach. Student Worksheets based on the constructivism approach can be used in learning line and series materials because they have been assessed valid and practical.

Abstrak

Penelitianini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Pendekatan Konstruktivisme pada materi barisa dan deret untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik.Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengembangan model ADDIE. Rancangan LKPD divalidasi oleh pakar dan diujicoba. Instrumen validitas menggunakan lembar validasi dan instrumen praktikalitas menggunakan angket respon guru dan angket respon peserta  didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis pendekatan konstruktivisme yang dihasilkan telah memenuhi kriteria kualitas produk yang  valid dan praktis. Rata-rata indeks validitas pada semua aspek adalah 0,731 dengan kategori valid, sehingga dapat direkomendasikan untuk  digunakan dalam  proses pembelajaran. Indeks rata-rata angket respon peserta didik  adalah 84,31% dengan kategori praktis dan indeks rata-rata angket respon guru adalah 90,27% dengan kategori sangat praktis dalam penggunaan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan konstruktivisme. Lembar Kerja Peserta Didik berbasis pendekatan konstruktivisme ini dapat digunakan dalam pembelajaran materi barisan dan deret karena telah mendapat penilaian sangat baik dan layak digunakan.

Kata Kunci: Lembarkerja Peserta Didik (LKPD), Pendekatan Konstruktivisme, Hasil Belajar

References

Astuti, & Sari, N. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Mata Pelajaran Matematika Siswa kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 13–24.

Azwar, S. (2013). Validitas dan Realibilitas. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Dazrullisa, Dazrullisa, Hadi, K. (2018). Pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kearifan Lokasl Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bangun Datar. Jurnal Ilmiah Pendidikan guru Sekolah Dasar (Bina Gogik). Vol 5 (2).

Fannie, R. D., & Rohati. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Pada Materi Program Linear Kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika, 8(1), 96–109.

Fitri, R. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Materi Persamaan Lingkaran. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 6. http://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.562

Gazali, R. Y. (2016). Pengembangan bahan ajar matematika untuk siswa SMP berdasarkan teori belajar ausubel. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 3. http://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10644

Gunawan, G. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika SMP berbasis konstruktivisme. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 47. http://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14054

Hamzah, A., & Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Irma, & Ayuwanti. (2016). Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Di SMK Tuma’Ninah Yasin Metro. Jurnal Sap, 1(2), 105–114.

Novelia, R., Rahimah, D., & S, M. F. (2017). Penerapan Model Mastery Learning Berbantuan LKPD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Di Kelas VIII.3 SMP Negeri 4 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah, 1(1), 20–25.

Nurani, Budiyono, & Sutanto. (n.d.). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Teknik Pembelajaran Make A Match Dan Numbered Heads Together Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Ganda Siswa.

Prahmana, R. C. I. (2010). Permainan Tepuk Bergilir yang berorientasi Konstruktivisme dalam Pembbelajaran Konsep KPK Siswa Kelas IV A di SD 21 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4.

Purwanto, N. (2013). Prinsip-prinsip dan teknik evaluasi pengajaran. Bandung.

Putra, A., & Syarifuddin, H,. & Zulfah, Z. . (2018). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Mtematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika.

Ramona, L. D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Konstruktivisme Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 7 Palembang. Universitas Muhammadiyah Palembang.

Riduwan. (2016). Belajar MUdah Penelitian Untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Rusiyanti, R. H. (2011). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Konstruktivisme Untuk Melatih Kemampuanberpikir Kritis Siswa Sma Kelas X. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 186. http://doi.org/10.22342/jpm.5.2.598.

Soeyono, Y. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Open-ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa SMA. Jurnal Phytagoras, 9, 205–218.

Sukmadinata, N. S. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sulistyani, N. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Bangun Ruang Sisi Datar Berbasis PBL. Jurnal Matematika, 6(1), 3.

Wiwin, Astuti, I., & Fadillah. (n.d.). Pengembangan Model Pembelajaran Geometri dengan Pendekatan Konstruktivistik, 1–12.

Article Metrics
Abstract views: 14
Published
2020-11-17
How to Cite
Mulya Novita, Selvia Erita, Maila Sari, & Aan Putra. (2020). PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME PADA MATERI BARISAN DAN DERET. Numeracy, 7(2). https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i2.1235
Section
Articles