PROFIL HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERINTEGRASI BUDAYA ACEH

  • Siti Hadijah STKIP Bumi Persada
  • Laksmi Aulia STKIP Bumi Persada
  • Cut Yuniza Eviyanti STKIP Bumi Persada
Keywords: Mathematics Learning Outcomes, Interactive Learning Media, Number, Integration, Aceh culture

Abstract

The purpose of this study was to describe the learning outcomes of elementary school students who were taught using learning media integrated with Aceh culture, in terms of differences in mathematical abilities. This type of research is classroom action research. The results of this study are a description of classical completeness of learning outcomes in cycle II which is 83.3% which means greater than classical completeness in cycle I, namely 56.6%. This implies that the use of interactive mathematics learning media based on Aceh culture has a positive impact. When viewed from the difference in mathematical abilities, the description of the completeness of the high category student learning outcomes in the first cycle was 71.4% and in the second cycle was 85%. Middle category students' completeness learning outcomes in the first cycle was 60% and in the second cycle was 80%. Completeness of low category student learning outcomes in cycle I is 53% and cycle II is 84.6%.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hasil belajar siswa sekolah dasar yang diajar menggunakan media pembelajaran berintegrasi budaya aceh, ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian ini yaitu gambaran ketuntasan klasikal hasil belajar pada siklus II yaitu 83,3% yang berarti lebih besar dibandingkan ketuntasan klasikal pada siklus I yaitu 56,6%. Hal ini menyiratkan bahwa penggunaan media pembelajaran matematika interaktif berbasis budaya aceh memberikan dampak positif. Bila ditinjau dari perbedaan kemampuan matematika maka gambaran ketuntasan hasil belajar matematika siswa kategori tinggi pada siklus I adalah 71,4% dan pada siklus II adalah 85%.  Ketuntasan hasil belajar matematika siswa kategori sedang pada siklus I adalah 60% dan pada siklus II adalah 80%. Ketuntasan hasil belajar matematika siswa kategori rendah pada siklus I adalah 53% dan pada siklus II adalah 84,6%.

Kata Kunci:  Hasil Belajar Matematika, Media Pembelajaran Interaktif, Bilangan, Integrasi, Budaya Aceh

References

Abdillah, Fahmi. (2014). Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika (MATHEdunesa). Vol 3 No 1 Tahun 2014

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali

Dsk.Kt. Marta Sari Dewi, Wyn. Romi Sudhita, I Dw. Kd. Tastra. (2014). Pengembangan Media Pembelalaran Berbasis Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP. Journal Edutech Universitas Pendidikan GaneshaJurusan Teknologi Pendidikan. Volume: 2 No. 1 Tahun: 2014

Heinich, R., et. al. (1996). Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey: Prentice Hall, Englewood Cliffs.

Husein, dkk. 2015. Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Penguasaan Konsep Dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi ISSN. 2407 -6902. Volume I No 3.

Handarwati, Siti, Marzuki, Wahyudi. 2012. Pemanfaatan Multimedia Interaktif Pembelajaran Matematika Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Sekolah Dasar. Program Magister TEP, FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak

Marina Milovanović, Dkk. (2013). Application Of Interactive Multimedia Tools In Teaching Mathematics – Examples Of Lessons From Geometry. Tojet: The Turkish Online Journal of Educational Technology – January 2013, volume 12 Issue 1.

Munadi, Yudhi. (2008). Media Pembelajaran, Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Munir. (2010). Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Nwaocha, Vivian Ogochukwu. (2010). Enhancing students interest in mathematics via multimedia presentation. African Journal of Mathematics and Computer Science Research Vol. 3(7), pp. 107-113.

Sanusi, Edy Suprapto, Davi Apriandi. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Pokok Bahasan Dimensi Tigadi Sekolah Menengah Atas (SMA)Prodi Pendidikan Matematika, FPMIPA, IKIP PGRI. M Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Vol 3 No. 2 Februari 2015.

Simonson, M.R. dan Thompson, A. (1994). Educational Computing Foundations (2Nd ed). Columbus, On: Meril.

Smaldino, E.S, dkk. (2008). Instrucional Technology and Media For Learning. New Jersey: Upper Saddle River.

Sri Wardani, Ipah Mudzalipah, dan Edi Hidayat. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Memfasilitasi Belajar Mandiri Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Jurnal Pengajaran MIPA, Volume 18, Nomor 2, Oktober 2013, hlm. 167-177.

Susilana, Rudi. & Riyana, Cepi. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung : CV. Wacana Prima.

Trianto. (2012). Mendesain Model pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Wijayanto, Herry. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS3 Professional dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing Pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras. Yogyakarta; UIN Sunan Kalijaga Fakultas Sains dan Teknologi

Yuananda, Nur Basmalah. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Software Swish Max Dengan Pendekatan Matematika Realistik Pada Pokok Bahasan Luas Dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar. Tesis Tidak Diterbitkan. Yogyakarta: Uin Sunan Kalijaga.

Article Metrics
Abstract views: 43
pdf downloads: 45
Published
2020-12-07
How to Cite
Hadijah, S., Aulia, L., & Yuniza Eviyanti, C. (2020). PROFIL HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN BERINTEGRASI BUDAYA ACEH. Numeracy, 7(2), 309-323. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i2.1256
Section
Articles