PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DENGAN METODE INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MATERI SEGI EMPAT DAN SEGITIGA SISWA SMP

  • Winda Listya Safitri IKIP-PGRI Pontianak
  • Yudi Darma IKIP-PGRI Pontianak
  • Rahman Haryadi IKIP-PGRI Pontianak
Keywords: Module, Inquiry, Critical Thinking Ability

Abstract

This research aimed to know: (1) Validity; and (2) Practicality of the mathematics learning module with the inquiry method on the ability to think critically in the material of squares and triangles. This research used research and development with the model used the ADDIE. The subject of this research was student class VII in SMP Cahaya Harapan Tayan. The tools of data collection were the validation sheet of material experts, media experts, student responses questionnaires, and teacher responses questionnaires. Data analysis technique used descriptive quantitative. The result of this research showed that the average score of material validity was 84,6%  and media validity was 85,3%  with very decent category, and the practicality was  83% with very decent category. It can be concluded that the mathematics learning module with the inquiry method developed was feasible to be used to improve critical thinking skills in the material of squares and triangles in students of class VII SMP.

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) Kevalidan; dan (2) Kepraktisan modul pembelajaran matematika dengan metode inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis dalam materi Segi empat dan Segitiga. Metode penelitian menggunakan research and development dengan model ADDIE (Analysis-Design-Develoment-Implementation-Evaluation). Subjek dalam penelitian ini terdiri atas subjek pengembangan yaitu tiga validator yang merupakan 2 orang dosen program studi pendidikan matematika dan seorang validator lain merupakan guru SMP Cahaya Harapan Tayan dan subjek ujicoba produk yaitu kelas VII SMP Cahaya Harapan Tayan.. Instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi ahli materi, ahli media, angket respon siswa, dan angket respon guru. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis, diperoleh skor rata-rata kevalidan materi dan media sebesar 84,6% dan 85,3% dengan kategori sangat valid , serta kepraktisan 83% dengan kategori sangat praktis. Disimpulkan bahwa modul pembelajaran matematika dengan metode inkuiri yang dikembangkan layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam materi Segi empat dan Segitiga pada siswa kelas VII SMP.

Kata Kunci: Modul, Inkuiri, Kemampuan Berpikir Kritis

References

Aisyah, N., & Purwoko. (2011). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Menggunakan Modul. Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(5), 393-400

Anggareni,N.W.,dkk (2013). Implementasi Strategi Pembelajaran Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Genasha , 3 (1), 1-11.

Arasyid, H., & Novita, R. (2017). PENGEMBANGAN LKS BERBASIS RICH TASK SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. Numeracy, 4(2), 169-177.

Daling, S. & Haryadi, R. (2017). Pengembangan Media Booklet Bermuatan Ideal Problem Solving Terharap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Siswa SMP. Disajikan pada Seminar Nasional Pendidikan MIPA dan Teknologi IKIP PGRI Pontianak Tahun 2017.

Darma, Y dan Sujadi, Imam. (2014). Strategi Heuristik dengan Pendekatan Metakognitif dan Investigasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kreativitas Siswa Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan MIPA, Vol. 15, No. 2, hlm. 110-119.

Darma, Y., & Firdaus, M. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Aliyah Melalui Strategi Heuristik. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 3(1), 95-102.

Darma, Y, dkk. (2016). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Edukasi, Vol. 14, No. 1, hlm. 169-178.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Firdaus, M., Darma, Y., Haryadi, R., & Susiaty, U. D. (2021). Workshop Media Pembelajaran Quizziz Berbasis Blended Learning (Sebuah Alternatif Pembelajaran di Masa New Normal). GERVASI: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 5(1), 116-126.

Gradini, E. (2019). Menilik Konsep Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (Higher Order Thinking Skills) dalam Pembelajaran Matematika. Numeracy, 6(2), 189-203.

Hodiyanto., dkk. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis . Jurnal Pendidikan Matematika,9(2), 323-334

Irsalina, A. & Dwiningsih, K. (2018). Analisis Kepraktisan Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Blended Learning Pada Materi Asam Basa. Jurnal Kimia dan Pendidikan Kimia, 3(3), 171-182.

Junaidi, J. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Dengan Menggunakan Graded Response Models Di SMA Negeri 1 Sakti. Numeracy Journal, 4(1).

Mardiah,S.,dkk (2018). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika Menggunakan Metode Inkuiri. Jurnal Matematika, 1(2), 119-126

Nuraini, L. (2012). Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Pemecahan Masalah Sebagai Sumber Belajar Siswa Kelas VII SMP. Skripsi. Yogyakarta.

Pratama,R.,dkk (2019). Modul Virtual Berbasis Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Universitas Jakarta,11(1), 62-69

Prihatin.,dkk (2017). Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Jamur Untuk Meninkatkan Kemampuan Berpikir siswa Kelas X SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali. Jurnal Inkuiri, 6(1), 75-79

Seruni, S., Mulyatna, F., & Nurrahmah, A. (2019). PKM INOVASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD/MI MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(1), 75-80.

Setiawan,J & Royani, M. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar Dengan Metode Inkuiri. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1-9

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Susanti, A. (2014). Models Dengan Vee Diagram Dan Kwl Chart Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Dan Kemampuan Penalaran Formal, 3(1)

Tageh, I. M., Dkk. (2014). Model Penelitian Pengembangan. Singaraja: Graha Ilmu

Tjiptiay,E,N.,dkk (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Inkuiri Untuk Membantu Siswa SMA Kelas X Dalam Memahami Materi Peluang. Jurnal Pendidikan,1(10), 1938-1942

Prihatin., dkk (2017). Pengembangan Modul Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Jamur Untuk Meninkatkan Kemampuan Berpikir siswa Kelas X SMA Negeri 1 Cepogo Boyolali. Jurnal Inkuiri, 6(1), 75-79

Putri,W,A., dkk (2012). Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif Dalam Metode Inkuiri Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Biologi,1(3), 266-271

Wulandari, S., dkk. (2018). Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Pemahaman Konsep . Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains,8(1), 143-152

Article Metrics
Abstract views: 81
pdf downloads: 60
Published
2021-06-24
How to Cite
Safitri, W. L., Darma, Y., & Haryadi, R. (2021). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN DENGAN METODE INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM MATERI SEGI EMPAT DAN SEGITIGA SISWA SMP. Numeracy, 8(1), 25-40. https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i1.1333
Section
Articles