PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI FATUMFAUN

  • Darwin Talelu Universitas Timor
  • Oktovianus Mamoh Universitas Timor
  • Kondradus Yohanes Klau Universitas Timor
Keywords: Learning Diciplinary, Active Learning, Mathematics Achivement

Abstract

Mathematics is one of the main subjects studied from elementary school to university. This is because mathematics plays an important role in life, especially in solving everyday problems. Therefore mathematics is very important in various aspects of life. However, the facts show that some students still think of mathematics as a difficult subject. This then affects the discipline and activeness of learning so that it has an impact on students' mathematics learning achievement. This study aims to determine the effect of student learning discipline and active learning on mathematics achievement. This research uses a quantitative approach with the type of ex-post facto research. The sample of this study was class VIII SMP Negeri Fatumfaun which amounted to 60 people. Data collection techniques and instruments in this research use a questionnaire or questionnaire. The data analysis technique used in this research is prerequisite test in the form of normality test, linearity test, multicollinearity test and heteroscedasticity test, and hypothesis testing using T test and F test. The results of this research show that there is a positive and significant influence between the influence of learning discipline on student achievement of 0.70%, there is a positive and significant influence between learning activity on student achievement of 0.72% and there is a positive and significant influence together -the same between learning discipline and active learning on mathematics learning achievement by 0.94%.

Abstrak

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran pokok yang dipelajari mulai dari Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi. Hal ini karena matematika memegang peranan penting dalam kehidupan terutama dalam memecahkan permasalahan sehari-hari. Oleh sebab itu matematika sangat penting dalam berbagai aspek kehidupan. Namun fakta menunjukkan bahwa sebagian siswa masih menganggap matematika sebagai pelajaran yang sukar. Hal ini lalu berpengaruh pada kedisiplinan dan keaktifan belajar sehingga berimbas terhadap prestasi belajar matematika siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kedisiplinan belajar dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex-post facto. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri Fatumfaun yang berjumlah adalah 60 orang. Teknik dan instrumen pengumpulan data dalam peneletian ini menggunakan kuesioner atau angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelelitian ini adalah uji prasyarat berupa uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heterokedastisitas, serta uji hipotesis menggunakan Uji T dan Uji F. Hasil dari peneletian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0,70 %, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara keaktifan belajar terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0,72% dan terdapat pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara kedisiplinan belajar dan keaktifan belajar terhadap prestasi belajar matematika sebesar 0,94%.

References

Achmad A. H, Dinar M, dan Bernard. (2020). Pengaruh Keaktifan Belajar, Kemandirian Dan Kreatifitas Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas IX SMP. Issues In Mathematics Education, 4(1): 11-17. http://www.ojs.unm.ac.id/imed

Ananda R, Fadhli M, 2018. Statistik Pendidikan (Teori dan Praktik). Medan: Widya Puspita

Arikunto S, 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. http://perpustakaan.bppsdmk.kemkes.go.id//index.php?p=show_detail&id=3452 (Diakses 25 januari 2022)

Defika S, 2015. Pengaruh Kedisiplinan Dan Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII MTs Negeri Karangrejo Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi IAIN Tulungagung. http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3038 (Diakses 2 februari 2022)

Firdawati I, Hidayat W, 2018. Hubungan Antara Keaktifan Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswi SMK. Jurnal Visipena, 9(1). 151-158. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i1.448 (Diakses 25 januari 2022)

Djamarah SB, 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: PT. Rineka cipta. http://ojs.uma.ac.id/index.php/analitika/article/view/748. (Diakses 17 maret 2022)

Seran S, 2017. Parents’ Social And Economic Factors To Students’ Achievement Of Senior High School(SHC), In North Central Timor Regency. Interrnational Journal of Scientific & Techonology Research, 6(7). https://www.ijstr.org (Diakses 2 april 2022)

Klau KY, 2019. Penggunaan Regresi Linear Multipel dan Metode Kuadrat Terkecil Untuk Menganalisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Produksi Jagung di Kabupaten Belu.: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.32938/jpm.v1i1.185 (Diakses 2 april 2022)

Prasojo RJ, 2014. Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 2(1): 1-11. https://www.neliti.com/id/publications/37082 (Diakses 30 januari 2022)

Rosadi D, 2011. Analisis Ekonometrika dan Runtun Waktu Terapan dengan R, Aplikasi untuk Bidang Ekonomi, Bisnis, dan Keuangan. Yogyakarta: Penerbit ANDI

Sholihah, S. Z & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Jurnal Mosharafa.7(1).https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv6n2_13/0. (Diakses 17 maret 2022)

Warsono H, Hariyanto MS, 2013. Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung. PT Remaja Rosdakarya

Wirantasa U, 2017. Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika, Jurnal Formatif, 7(1): 83-95. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/1272. (Diakses 3 maret 2022)

Article Metrics
Abstract views: 369
pdf downloads: 516
Published
2022-04-30
How to Cite
Darwin Talelu, Mamoh, O., & Klau, K. Y. (2022). PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI FATUMFAUN. Numeracy, 9(1), 39-51. https://doi.org/10.46244/numeracy.v9i1.1741
Section
Articles