ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM PENYELESAIAN SOAL PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK BERDASARKAN KRITERIA WATSON

  • M. Khafid Irsyadi Universitas PGRI Adi Buana
  • Ayu Silvi Lisvian Sari Universitas PGRI Adi Buana
  • Fitria Yunaini Universitas PGRI Adi Buana
Keywords: Watson Criteria, Equality and Inequality Absolute Value

Abstract

This study aims to determine the types of errors made by students when solving equations and inequalities in absolute value linear form of one variable based on Watson's criteria in class X Online Business and Marketing 1 SMK PGRI Blitar. The type of research used is descriptive qualitative research with 35 students of class X Online Business and Marketing 1 SMK PGRI 3 Blitar City as subjects. The instruments used in the study were tests and interviews. The results of the study indicate that in problem number 1 it can be seen that four students make mistakes and do not give conclusions so the conclusions are lost. Then two students made incorrect procedural, errors data and there was missing data. For question number 2, it can be seen that the four subjects made mistakes, missing data, and missing conclusions. Then in question number 3, it can be seen that the four research subjects made mistakes in improper procedures, lost data, and lost conclusions. In question number 4, the four research subjects made incorrect procedural errors lost data, and lost conclusions and two of them made mistakes about the skill hierarchy problem.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa ketika menyelesaikan soal persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak bentuk linear satu variabel berdasarkan kriteria Watson di kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran 1 SMK PGRI Blitar. Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek yang terdiri dari 35 siswa kelas X Bisnis Daring dan Pemasaran 1 SMK PGRI 3 Kota Blitar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pada soal nomor 1 terlihat bahwa terdapat empat orang siswa yang melakukan kesalahan tidak memberikan kesimpulan sehingga kesimpulan hilang. Kemudian dua orang siswa melakukan kesalahan prosedur yang tidak tepat dan terdapat data hilang. Untuk soal nomor 2 terlihat bahwa keempat subjek melakukan kesalahan terdapat data hilang dan kesimpulan hilang. Kemudian pada soal nomor 3 terlihat bahwa keempat subjek penelitian melakukan kesalahan pada prosedur tidak tepat, data hilang, dan kesimpulan hilang. Pada soal nomor 4, keempat subjek penelitian melakukan kesalahan prosedur tidak tepat, data hilang, dan kesimpulan hilang dan dua orang diantaranya melakukan kesalahan tentang masalah hierarki keterampilan.

References

Ali, Mohammad dan Asrori, Muhammad. 2019. Metodologi & Aplikasi Riset Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arifin, Zainal. 2016. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakaya.

Arikunto. Suharsimi, 2018. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

B. Uno, Hamzah dan Koni, Satria. 2016. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Cahyono, B., & Adilah, N. (2016). Analisis Soal dalam Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Kelas VIII Semester I Berdasarkan Dimensi Kognitif dari TIMSS. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 86–98. https://doi.org/10.15642/jrpm.2016.1.1.86-98

Maslihah, S. (2016). Pendidikan Matematika Realistik Sebagai Pendekatan Belajar Matematika. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1), 109. https://doi.org/10.21580/phen.2012.2.1.421

Nurhikmah, S., & Febrian, F. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Integral Tak Tentu. Jurnal Tatsqif, 14(2), 218–237. https://doi.org/10.20414/jtq.v14i2.30

Romadiastri, Y. (2016). Analisis Kesalahan Mahasiswa Matematika Dalam Menyelesaikan Soal- Soal Logika. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 2(1), 76. https://doi.org/10.21580/phen.2012.2.1.419

Sanjaya, Wina. 2012. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Article Metrics
Abstract views: 38
pdf downloads: 26
Published
2022-04-30
How to Cite
Irsyadi, M. K., Sari, A. S. L., & Yunaini, F. (2022). ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM PENYELESAIAN SOAL PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN NILAI MUTLAK BERDASARKAN KRITERIA WATSON. Numeracy, 9(1), 52-63. https://doi.org/10.46244/numeracy.v9i1.1785
Section
Articles