ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY

  • Mawarni Amelia UIN Raden Fatah Palembang
  • Yuli Fitrianti UIN Raden Fatah Palembang
  • Riza Agustiani UIN Raden Fatah Palembang
Keywords: Analysis, Guided Discovery Learning Model, Critical Thinking Ability, and Circles

Abstract

This study aims to examine the level of students' critical thinking skills after the guided discovery model was applied. The type of research in this study is a qualitative development research using stages: preparation, implementation and completion. Data collection techniques in this study were observation, tests, and interviews. Observation was used to observe students during the learning process using the guided discovery model, the test was used to determine the level of students' critical thinking skills after the guided discovery learning model was applied, and interviews were used to confirm the test results obtained by the students. The subjects in this study were class VIII SMP Negeri 40 Palembang with a total of 6 students. Through the guided discovery learning model, the results of this study were that the students' critical thinking skills were (1) Subject S1 had high ability with the results of tests and interviews that met the five indicators of critical thinking ability and on the subject of master's degree based on the results of tests and interviews that met four indicators of ability critical thinking except for reason indicators, (2) Subject S3 had  moderate ability  with test and interview results that have met four indicators of critical thinking skills except reason indicators and S4 subjects based on test and interview results have met three indicators of critical thinking skills except reasons and concluded, and (3) Subject S5 and S6 had low ability in based on test results and interviews only fulfills one indicator of critical thinking ability, namely situation indicators.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengkaji tingkat kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan model guided discovery. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif pengembangan dengan menggunakan tahapan yaitu ada tahapan persiapan, pelaksanaan dan penyelesaian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan wawancara. Observasi digunakan untuk mengamati siswa ketika berlangsungnya proses pembelajaran menggunakan model guided discovery, tes digunakan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kritis siswa setelah diterapkan model pembelajaran guided discovery, dan wawancara digunakan untuk mengkonfirmasi hasil tes yang telah diperoleh siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 40 Palembang dengan jumlah siswa sebanyak 6 siswa. Melalui model pembelajaran guided discovery maka hasil penelitian ini adalah diperoleh kemampuan berpikir kritis siswa yang (1) berkemampuan tinggi pada subjek S1 dengan hasil tes dan wawancara telah memenuhi kelima indikator kemampuan berpikir kritis dan pada subjek S2 berdasarkan hasil tes dan wawancara telah memenuhi empat indikator kemampuan berpikir kritis kecuali indikator alasan, (2) berkemampuan sedang pada subjek S3 dengan hasil tes dan wawancara telah memenuhi empat indikator kemampuan berpikir kritis kecuali indikator alasan dan pada subjek S4 berdasarkan hasil tes dan wawancara telah memenuhi tiga indikator kemampuan berpikir kritis kecuali alasan dan menyimpulkan, dan (3) berkemampuan rendah pada subjek S5 dan subjek S6 berdasarkan hasil tes dan wawancara hanya memenuhi satu indikator kemampuan berpikir kritis yaitu indikator situasi.

References

Dahar, R.W. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Erlangga.

Dahliana, Putri,. Khaldun, Ibnu,. Saminan. 2018. Pengaruh Model Guided discovery Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia.

Eggen, P & Kauchak, D. 2012. Strategi dan model pembelajaran. Jakarta : Indeks.

Ennis, R. H. 2013. The Nature of Critical Thinking : An Outline of Dritical Thinking Disposition and Abilities. Unnes Physics Education Journal.

Hamalik, O. 2006. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Jakarta : Bumi Aksara.

Isrok’atun., Rosmala, Amelia. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Istianah, Euis. 2013. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematik Dengan Pendekatan Model Eliciting Activities (MEAS) Pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung.

Laila, Erfiana Nur. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing (Guided discovery Learning) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Pada Materi Garis dan Sudut. Jurnal Pendidikan Matematika.

Lavine, R. A. 2005. Guided discovery Learning with Videotapedn Case Resentation in Neurobiology. Centery for Educational Policy Studies Journal.

Mayer, R. 2004. Should there be a three strikes rule againts pure discovery learning? The case for guided methods of instruction. American Phychologist.

Nasution. 2008. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Noordyana, Mega Achdisty. 2016. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metacognitive Instruction. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut.

Redhana, I. W. 2003. Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta didik Melalui Pembelajaran Kooperatif Dengan Strategi Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran.

Rochani, A. 2016. Keefektifan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah dan Penemuan Terbimbing Ditinjau dari Hasil Belajar Kognitif Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Riset Pendidikan Matematika.

Rustaman, N. Y. 2005. Perkembangan Penelitian Pembelajaran Berbasis Inkuiri dalam Pendidikan Sains. Jurnal FPMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.

Sagala, S. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Sari, Deni Winda. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing dalam Materi Pecahan Kelas VII SMP. Jurnal PMIPA Pontianak.

Shoimin, Aris. 2017. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013.Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Siswono, Tatag Yuli Eko. 2018. Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah Fokus Pada Berpikir Kritis dan Berpikir Kreatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sucipta,. Ahman, Eeng,. Budiwati, Neti. 2018. Metode Guided discovery Learning Terhadap Berpikir Kritis Siswa Dilihat dari Motivasi Belajar. Indonesian Journal Of Economics Education.

Takdir, I. 2012. Pembelajaran discovery strategy and mental vocantional skill.Yogyakarta : Diva. Bumi Aksara.

Winataputra, Udin S. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.

Article Metrics
Abstract views: 44
pdf downloads: 41
Published
2022-12-14
How to Cite
Amelia, M., Fitrianti, Y., & Agustiani, R. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY. Numeracy, 9(2), 64-77. https://doi.org/10.46244/numeracy.v9i2.1790
Section
Articles