DESAIN BAHAN AJAR BERBASIS AKTIVITAS PENALARAN MATEMATIS MENGGUNAKAN MODEL MISSOURI MATHEMATIC PROJECT MATA KULIAH ANALISIS KOMPLEKS

  • Nuraina Nuraina Universitas Malikussaleh
  • Muliana Muliana Universitas Malikussaleh
  • Mursalin Mursalin Universitas Malikussaleh
  • Mila Kartika Sari Bangun Universitas Malikussaleh
  • Ucuk Puji Rahayu Universitas Malikussaleh
Keywords: Mathematical Reasoning Ability, Missauri Mathematical Project Model. Teaching Materials

Abstract

The failure of students in studying complex analysis courses is based on student learning habits that only focus on memorizing concepts from the material studied without understanding it properly, and lack of motivation to repeat the material that has been studied. The teaching materials used in this course are textbooks. However, the textbook used still does not contain activities for students' mathematical reasoning abilities, students cannot learn independently from the book, because the material presented is difficult to understand, even lecturers who teach this complex analysis course have to redesign the material, writing in written form. hand is then given to the student. One effort that could be to improve students' mathematical reasoning abilities is to facilitate learning resources with supporting teaching materials. In this study, teaching materials will be designed based on mathematical reasoning activities using the Missauri Mathematical Project (MMP) learning model. The research method used in this research is the Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation (ADDIE) development model. The development of complex analysis textbooks based on reasoning activities using the Missauri Mathematical Project learning model is feasible to be developed with the percentage of assessment by media expert validators obtained an average score of 91.79% in the "very valid" categories, and media expert validators obtained the average score. a score of 88.62% with the "very valid" categories. The results of the small group validation obtained a score of 83.5% with the "very valid" criteria. The results of the large group trial obtained a score of 85.5% with the "very practical" criteria.

Abstrak

Salah satu kendala dalam mata kuliah analisis kompleks adalah kegagalan mahasiswa dalam mempelajari materi yang disebabkan oleh kebiasaan belajar mahasiswa yang hanya terfokus untuk menghafal konsep dari materi yang diajarkan tanpa memahaminya secara mendalam, serta kurangnya motivasi untuk mengkaji ulang materi yang telah dipelajari. Sumber utama yang digunakan sebagai bahan ajar pada mata kuliah ini yaitu buku paket. Namun, buku paket yang digunakan masih belum memuat  aktivitas kemampuan penalaran matematis mahasiswa, mahasiswa tidak bisa belajar secara mandiri dari buku tersebut, karena materi yang disajikan sulit untuk dipahami, bahkan dosen  yang  mengajarkan  mata  kuliah  analisis  kompleks  ini  harus  mendesain  ulang materinya,  menulis  dengan  tulisan  tangan  kemudian  diberikan  kepada  mahasiswa. Salah satu usaha yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis mahasiswa adalah dengan memfasilitasi sumber belajar dengan bahan ajar yang mendukung. Dalam penelitian pengembangan ini, bahan ajar akan disusun dengan berbasis aktivitas penalaran matematis menggunakan model pembelajaran missauri mathematic project. Metode penelitian yang dipakai dalam penelitian ini yaitu model pengembangan  analysis, design, development, implementation, and evaluation. Pengembangan buku ajar analisis kompleks berbasis aktivitas penlaran dengan menggunakan model pembelajaran missauri mathematic project layak dikembangkan dengan persentase penilaian oleh validator ahli media diperoleh skor rata-rata sebesar 91,79% dengan kriteria “sangat valid”, dan validator ahli media didapat hasil skor rata-rata sebesar 88,62% dengan kriteria “sangat valid”. Hasil validasi kelompok kecil didapat nilai sebesar 83,5% dengan kriteria “sangat valid”. Hasil uji coba kelompok besar didapat nilai sebesar 85,5%  dengan kriteria “sangat praktis”.

References

Hadi, W. & Amalia, D., & (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Berdasarkan Kemampuan Penalaran Matematis. Transformasi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4 (1), 219-236.

Hendriana, H., Rohaeti, E & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Herizal, Nuraina, Rohantizani & Marhami. (2021). Profil TPACK Mahasiswa Calon Guru Matematika dalam Menyongsong Pembelajaran Abad 21 Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP). 6 (2), 1847- 1857.

Kurniasari, V. H. D., Susanto, S., & Setiawan, T. B. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Dalam Meningkatkan Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar Siswa Sub Pokok Bahasan Menggambar Grafik Fungsi Aljabar Sederhana dan Fungsi Kuadrat pada Siswa Kelas X SMA Negeri Balung Semester Ganjil. Pancaran Pendidikan, 4 (2), 153-162.

Majid, A. (2006). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Marliani, N. (2015). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP). Jurnal Formatif, 5 (1), 14-25.

NCTM. (2000). Principles and Standard for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics. Virginia.

Nufus, H & Muliana. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe

Group Investigation (GI) terhadap Kemampuan

Komunikasi Matematis Siswa dan Sikap Positif

Siswa. Ar-Riyadhiyyat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2 (1), 27- 37.

Nuraina, Muliana, Nufus, H & Zahara, S. R. (2022). Developing Students’ Worksheet Based Missouri Mathematics Project with the integration of Students Local Wisdom in Teaching Mathematics and Physics. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA (JPPIPA), 8 (1), 147 – 155.

Putri, D. 2017. “Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Model Missauri Mathematich Project (MMP) untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas”. Riau: Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim.

Putri, D. K., Sulianto, J & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3 (3), 351 – 357.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rodrigues, M., Brunheira, L., & Serrazina, L. (2021). A framework for prospective primary teachers’ knowledge of mathematical reasoning processes. International Journal of Educational Research. 107. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2021.101750.

Safrina, Muliana & Aklimawati. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5e Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 1 Simpang Mamplam. Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh, 1 (1), 20 – 28.

Sari, R.U., Dantes, dan Ardana. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Missauri Mathematic Project (MMP) Terhadap Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Kemampuan Verbal. E-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 4 (1).

Siregar, Y. P. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Analisa Kompleks dengan Menggunakan Strategi Inquiry di STKIP Tapanuli Selatan. Jurnal Education and development, 4(1), 72-78.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, N. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Analisis Kompleks Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Pagaralam. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Tanggal 2 Juni 2016, 312-323. Palembang: FKIP Universitas Muhammadiyah.

Udil, P. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Analisis Kompleks Berbasis E-Learning. Haumeni Journal of Education, 2 (1), 154-166.

Vanluydt, E., Supply, A. S., Verschaffel, L., & Dooren, W. (2021). The importance of specifific mathematical language for early proportional reasoning. Early Childhood Research Quarterly. 55 193–200. https://doi.org/10.1016/j.ecresq.2020.12.003

Wahyuni, I & Karimah, I. K. (2017). Analisis Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis Mahasiswa Tingkat IV Materi Sistem Bilangan Kompleks pada Mata Kuliah Analisis Kompleks. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 228-240.

Article Metrics
Abstract views: 161
pdf downloads: 272
Published
2022-12-14
How to Cite
Nuraina, N., Muliana, M., Mursalin, M., Bangun, M. K. S., & Rahayu, U. P. (2022). DESAIN BAHAN AJAR BERBASIS AKTIVITAS PENALARAN MATEMATIS MENGGUNAKAN MODEL MISSOURI MATHEMATIC PROJECT MATA KULIAH ANALISIS KOMPLEKS. Numeracy, 9(2), 109-121. https://doi.org/10.46244/numeracy.v9i2.1891
Section
Articles