PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA TADRIS MATEMATIKA UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU

  • Dea Afrilia Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Mustalifah Mustalifah Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
  • Dela Nupita Ramadanniya Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu
Keywords: Motivasi Belajar, Penelitian Kuantitatif, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

Tujuan utama dari studi ini adalah untuk mengeksplorasi dampak motivasi belajar terhadap kemampuan penyelesaian masalah matematika pada mahasiswa Program Studi Tadris Matematika Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno di Bengkulu. Populasi dalam penelitian ini meliputi keseluruhan mahasiswa Tadris Matematika di universitas tersebut. Untuk memperoleh sampel, digunakan teknik pengambilan sampel acak berkelompok (cluster random sampling) yang menghasilkan jumlah sampel sebanyak 39. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui distribusi kuesioner motivasi belajar dan penilaian kemampuan penyelesaian masalah matematika. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode regresi linier sederhana dan pendekatan kuantitatif, dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Berdasarkan analisis hasil pengujian, ditemukan nilai R Square sebesar 0,648. Dari temuan ini disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari motivasi belajar terhadap kemampuan mahasiswa Tadris Matematika di UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu dalam menyelesaikan masalah matematika.


Abstract
The primary objective of this study is to explore the impact of learning motivation on the mathematical problem-solving abilities of students in the Tadris Mathematics Study Program at the Fatmawati Sukarno Islamic University of Bengkulu. The population of this study encompasses all the students of Tadris Mathematics at the university. The sample was obtained using the cluster random sampling technique, resulting in a total of 39 samples. Data in this research were gathered through the distribution of learning motivation questionnaires and assessments of mathematical problem-solving abilities. Data analysis was conducted using the simple linear regression method and a quantitative approach, with a significance level of 5%. Based on the analysis of the test results, an R Square value of 0.648 was found. It is concluded from these findings that there is a significant influence of learning motivation on the mathematical problem-solving capacity of Tadris Mathematics students at UIN Fatmawati Sukarno Bengkulu to solve mathematical problems.

References

Fadillah, S. (2009). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan FMIPA UNY.

Fathani, A. H. (2016). PENGEMBANGAN LITERASI MATEMATIKA SEKOLAH DALAM PERSPEKTIF MULTIPLE INTELLIGENCES. 4.

Fauza, A., Napitupulu, E. E., & Khairani, N. (2019). The Enhancement Difference of Eight Grade Students’ Mathematical Problem-Solving Ability. Proceedings of the 4th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2019). Proceedings of the 4th Annual International Seminar on Transformative Education and Educational Leadership (AISTEEL 2019), Medan City, Indonesia. https://doi.org/10.2991/aisteel-19.2019.1

Karim, A., & Arifin, M. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMP Islam Malahayati Pada Materi Aritmatika Sosial. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika.

Laka, B. M., Burdam, J., & Kafiar, E. (2020). ROLE OF PARENTS IN IMPROVING GEOGRAPHY LEARNING MOTIVATION IN IMMANUEL AGUNG SAMOFA HIGH SCHOOL. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(2), 69–74. https://doi.org/10.47492/jip.v1i2.51

Layali, N. K., & Masri. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Treffinger di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 138.

Lestari, D. E., Amrullah, A., Kurniati, N., & Azmi, S. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1078–1085. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.719

Listiyani, Lita. 2012. Peningkatan Motivasi Belajar IPA Pada Materi Cahaya Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games-Tournament Siswa Kelas V SD N Godean.

Lomu, L. (2018). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia.

Ningtyas, I. R., Syafri, F. S., & Wahyuni, B. D. (2022). Hubungan Kemampuan Membaca Al-Quran dan Minat Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Bagi Siswa Kelas X Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Darunnaja Urai Bengkulu Utara. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 12(3), 672–681. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.640

Rahmah, A. T. (2020). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA DI KELAS VIII MTSN 3 AGAM TAHUN PELAJARAN 20182019. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika AL-QALASADI.

Ramadhan, M. F. (n.d.). UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA 2022.

Samo, D. D. (2017). Kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa tahun pertama dalam memecahkan masalah geometri konteks budaya. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 141. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.13470

Sugiyono. (2019). METODE PENELITIAN KUANTITATIF. Alfabeta.

Suharni. (n.d.). Upaya Guru dalam Meningkatkan motivasi Belajar Siswa. 6, 178.

Suryani, M., & Jufri, L. H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 9.

Article Metrics
Abstract views: 113
PDF downloads: 85
Published
2023-11-08
How to Cite
Afrilia, D., Mustalifah, M., & Ramadanniya, D. N. (2023). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MAHASISWA TADRIS MATEMATIKA UIN FATMAWATI SUKARNO BENGKULU. Numeracy, 10(2), 120-133. https://doi.org/10.46244/numeracy.v10i2.2237
Section
Articles