STRATEGI SCAFFOLDING DALAM KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP: A QUASI-EXPERIMENTAL STUDY
Abstract
Menjadi problem solver adalah tujuan dari proses pembelajaran. Kemampuan ini dapat tercapai jika dilatihkan secara terus-menerus kepada siswa dengan menjadikan siswa menguasai berbagai kemampuan matematika. Salah satunya menguasai kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang diajarkan menggunakan strategi scaffolding lebih baik dari kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan secara konvensional. Quasi-experimental design digunakan sebagai rancangan dalam penelitian ini. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 182 siswa dari SMPN 1 Tamiang Hulu, Aceh, Indonesia. Sedangkan sampel berjumlah 52 orang yang terdiri atas kelas eksperimen yaitu kelas VIII3 dan kelas kontrol, kelas VIII4. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Instumen yang digunakan yaitu soal tes kemampuan pemecahan masalah pada materi sistem persamaan linear dua variable berjumlah 5 soal dan berbentuk uraian. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan dengan menggunakan strategi scaffolding lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pemecahan masalah siswa yang diajarkan secara konvensial.
Abstract
To be a problem solver is a learning instruction goal. This ability will achieve if students will be trained and learnt continuously to comprehend any mathematical skills. One of them is to have ability in problem solving skills. The aim of this study was to determine whether students’ problem-solving ability learnt by using the scaffolding strategy was better than students’ problem-solving ability learnt by using a conventional model or not. The quasi-experimental design was used as research design in this study. The population was a total 182 students of grade VIII of SMPN 1 Tamiang Hulu, Aceh Tamiang, Aceh, Indonesia. while the sample was 52 students which consist of two groups, namely class VIII3 as an experiment group and class VIII4 as a control group. The data was collected by using technique test. There were 5 questions about system of two linear equation was tested to measure the problem-solving ability of students. The results showed that students’ problem-solving ability learnt by using the scaffolding strategy is better than students’ problem-solving ability learnt by using a conventional model.
References
Alrawili, K. S., Osman, K., & Almuntasheri, S. (2015). Scaffolding Strategies on Higher- Order Thinking Skills in. Journal of Baltic Science Education, 19(5), 718–729.
Aprian, R. D., Sunyono, & Efkar, T. (2017). Pengaruh Strategi Scaffolding dalam Model Pembelajaran Simayang untuk meningkatkan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 6(1), 1–13.
Buaddin Hasan. (2020). Kesulitan Siswa Dan Scaffolding Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Ruang. Numeracy, 7(1), 49–64. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i1.998
Budinurani, K., & Jusra, H. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Dengan Penerapan Model Problem Based Learning Berbantu Media Komik Dengan Role Playing Games. Jurnal Holistika, 4(2), 61. https://doi.org/10.24853/holistika.4.2.61-70
Council of the European Union. (2018). Council recommendation on key competences for lifelong learning. Official Journal of the European Union, 61(2), 1–13. https://cutt.ly/MKKtVUN
De La Cruz, M. (2022). The Gap Between Comprehension Level and Problem-Solving Skills in Learning Mathematics. Universal Journal of Educational Research, 1(1), 2960–3722. www.ujer.org
Dinni, H. N. (2018). HOTS (High Order Thinking Skills) dan kaitannya dengan kemampuan literasi matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 170–176. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19597
Fitriani, I., Hudiono, B., & Hamdani. (2014). Mengkaji Tahapan Scaffolding dalam Pembelajaran Memecahkan Masalah di SMPN 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2000), 1–12.
Fitriati, & Jazuli. (2017). Peningkatan Motivasi Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Melalui Penerapan Metode Problem Solving. Pendidikan Matematika, 4(1), 48–61.
Khalil, M., Khalil, U., & ul Haq, Z. (2019). Geogebra as a Scaffolding Tool for Exploring Analytic Geometry Structure and Developing Mathematical Thinking of Diverse Achievers. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(2), 427–434. https://doi.org/10.29333/iejme/5746
Khikmah, N. (2018). Matematika Siswa Kelas Viii Dalam Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Realistik Materi.
Koç, D., & Elçi, A. N. (2022). The effect of mathematical modeling instruction on pre-service primary school teachers’ problem solving skills and attitudes towards mathematics. Journal of Pedagogical Research, 6(4), 111–129. https://doi.org/10.33902/JPR.202217783
Lasmawan, I. W., & Budiarta, I. W. (2020). Vygotsky’s Zone Of Proximal Development and The Students’ Progress in Learning (A Heutagogcal Bibliographical Review). JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 9(4), 545. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i4.29915
Lestari, D. E., Amrullah, A., Kurniati, N., & Azmi, S. (2022). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Barisan dan Deret. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3), 1078–1085. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3.719
Napitupulu, E. E. (2008). Mengembangkan Strategi dan Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Matematik. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 26–36.
Nurhayati, E., Mulyana, T., & Martadiputra, B. A. P. (2016). Penerapan scaffolding untuk pencapaian kemampuan pemecahan masalah matematis. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 2(2), 107–112. https://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jp3m/article/view/Eli22
Nursaodah, N., Dewi, N. R., & Rochmad, R. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Scaffolding Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 6(2), 262. https://doi.org/10.33603/jnpm.v6i2.6145
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Bab 7 Uji Normalitas Data dan Homogenitas Data. Dasar - Dasar Statistik Penelitian, 81, 90–91. http://lppm.mercubuana-yogya.ac.id/wp-content/uploads/2017/05/Buku-Ajar_Dasar-Dasar-Statistik-Penelitian.pdf
Petakos, K. (2018). Mathematical anxiety and the Zone of Proximal Development. Experiences of Teaching with Mathematics, Sciences and Technology-Www.Edimast.It, 4, 601–607. www.edimast.it
Putri Fadilla, Dewi Koryati, dan D. (2014). Pengaruh Penerapan Pendekatan Pembelajaran Scaffoldingterhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sma Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit, 1, 65.
Rahmah, A. T., Aniswita, A., & Fitri, H. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Di Kelas Viii Mtsn 3 Agam Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 4(1), 56–62. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v4i1.1174
Rigusti, W., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Motivasi Belajar Matematika Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1. https://doi.org/10.31000/prima.v4i1.2079
Rokhmat, J., Marzuki, Wahyudi, & Putrie, S. D. (2019). A strategy of scaffolding development to increase students’ problem-solving abilities: The case of physics learning with causalitic-thinking approach. Journal of Turkish Science Education, 16(4), 569–579. https://doi.org/10.36681/tused.2020.8
Sari, I. K. (2016). Profil Pemecahan Masalah Matematis Siswa Usia 14-15 Tahun Di Banda Aceh. Numeracy, 3(1), 73–81. https://doi.org/10.46244/numeracy.v3i1.203
Silalahi, R. M. (2019). Understanding Vygotsky’S Zone of Proximal Development for Learning. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 15(2), 169. https://doi.org/10.19166/pji.v15i2.1544
Sutiarso, S. (2009). Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika. Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 1991, 527–530.
Wulandari, E. A., Azhar, E., & Jusra, H. (2018). Hubungan antara Motivasi Belajar terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Kelas VII. Pendidikan Matematika, 01, 397–405.
Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137–144. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144
PDF downloads: 285