KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN ETNOMATEMATIKA ANDROID
Abstract
Penelitian dilakukan demi menguji keefektifan project based learning (PjBL) berbantuan etnomatematika android untuk kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest. Sampel yang dipakai berjumah 50 siswa yang terdiri dari 24 siswa untuk kelompok eksperimen dan 26 siswa untuk kelompok kontrol. Instrumen yang dipakai berupa soal posttest dan pretest berbentuk uraian. Analisis yang digunakan yaitu, uji ketuntasan rata-rata, uji proporsi, uji independent, uji paired, serta uji N-gain. Hasil penelitian yang didapatkan yaitu telah memenuhi beberapa uji diantaranya: (1) Kriteria ketuntasan rata-rata, (2) Memenuhi ketuntasan proporsi, (3) Posttest kelompok eksperimen memiliki hasil kemampuan lebih baik dari kelas kontrol, dan (4) Kemampuan berpikir kritis kelompok eksperimen meningkat serta hasil posttest kelas eksperimen memenuhi kriteria sedang pada uji N-gain.
Abstract
The research was conducted to test the effectiveness of project-based learning (PjBL) assisted by Android ethnomathematics for students' critical thinking abilities. This research uses a pretest-posttest design. The sample used consisted of 50 students, consisting of 24 students for the experimental group and 26 students for the control group. The instruments used are posttest and pretest questions in the form of descriptions. The analysis used is the average completeness test, proportion test, independent test, paired test, and N-gain test. The research results obtained showed that they had fulfilled several tests, including: (1) the average completeness criteria; (2) fulfilling the proportion of completeness; (3) posttesting, the experimental group had better ability results than the control class; and (4) the group's critical thinking ability during the experiment increased, and the posttest results of the experimental class met the moderate criteria in the N-gain test.
References
Adi, Y. W., Winarti, E. R., & Adyanti, R. (2023). Mathematical Critical Thinking Skills ditinjau dari Curiosity dengan Pendekatan Etnomatematika Melalui Kebudayaan Kabupaten Temanggung. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 614–619. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Agoestanto, A., Sukestiyarno, Y. L., Permanawati, F., & Matematika, J. (2019). Kemampuan Menganalisis Argumen dalam Berpikir Kritis Ditinjau dari Rasa Ingin Tahu. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 337–342. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Al-Balushi, S. M., & Al-Aamri, S. S. (2014). The effect of environmental science projects on students’ environmental knowledge and science attitudes. International Research in Geographical and Environmental Education,23(3), 213–227. https://doi.org/https://doi.org/10.1080/10382046.2014.927167
Arasyid, H., Novita, R., & Fitriati, D. (2017). Pengembangan Lks Berbasis Rich Task Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Koneksi Dan Berpikir Kritis Siswa Smp. Jurnal Numeracy, 4(2), 169-177. https://doi.org/10.46244/numeracy.v4i2.284
Budiman, H. (2017). Peran Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31–43. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i1.2095
Diana, H. A., & Saputri, D. V. (2021). Model Project Based Learning Terintegrasi Steam Terhadap Kecerdasan Emosional Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Berbasis Soal Numerasi. Jurnal Numeracy, 8(2), 113–127. https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i2.1609
Fajriyah, E. (2018). Peran Etnomatematika Terkait Konsep Matematika dalam Mendukung Literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 114–119. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/
Hanum, F. F. (Fathia), & Suprayekti, S. (Suprayekti). (2019). Penerapan Teknologi Pendidikan di Lembaga Pendidikan Nonformal. Jurnal Ilmiah Visi PGTK PAUD Dan Dikmas, 14(1), 546354. https://doi.org/10.21009/JIV.1401.1
Kokotsaki, D., Menzies, V., & Wiggins, A. (2016). Project-based learning: A review of the literature. 19(3), 267–277. https://doi.org/10.1177/1365480216659733
Masrukan. (2014). Asesmen Otentik : Pembelajaran Matematika Mencakup Asesmen Efektif dan Karakter (Kedua). Swadaya Manunggal.
Mirza, A. S., Ahmadi, F., & Suminar, T. (2019). Development of Realistic Mathematics Education Mobile Learning in Elementary School. Journal of Primary Education, 8(2), 169–175. https://doi.org/10.15294/jpe.v8i2.25880
Rasyid, A., Gaffar, A. A., & Utari, W. (2020). Efektivitas Aplikasi Mobile Learning Role Play Games (RPG) Maker MV untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Mangifera Edu, 4(2), 107–115. https://doi.org/10.31943/MANGIFERAEDU.V4I2.47
Ratu, T., Sari, N., Mukti, W. A. H., & Erfan, M. (2021). Efektivitas Project Based Learning Terhadap Efikasi Diri dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Konstan - Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.20414/KONSTAN.V6I1.74
Rochmad, M., Kharis, M., & Agoestanto, A. (2018). Keterkaitan Miskonsepsi dan Berpikir Kritis Aljabaris Mahasiswa S1 Pendidikan Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 216–224. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/19577
Safitri, W. L., Darma, Y., Haryadi, D. R., Pontianak, I.-P., Kunci, K., Modul, :, & Kritis, K. B. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Dengan Metode Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dalam Materi Segi Empat Dan Segitiga Siswa Smp. Jurnal Numeracy, 8(1), 25–40. https://doi.org/10.46244/numeracy.v8i1.1333
Setyaningsih, T., Agoestanto, A., & Kurniasih, dan A. (2014). Identifikasi Tahap Berpikir Kritis Siswa Menggunakan PBL dalam Tugas Pengajuan Masalah Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 180–187. https://doi.org/10.15294/KREANO.V5I2.4544
Sri Mulyani, E. W. (2018). Dampak Pemanfaatan Aplikasi Android Dalam Pembelajaran Bangun Ruang. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 122–136. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v6n2.p122--136
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian Lengkap Praktis dan Mudah Dipahami. Pustaka Baru Press.
Suriati, A., Sundaygara, C., & Kurniawati, M. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Kelas X Sma Islam Kepanjen. Jurnal Terapan Sains Dan Teknologi, 3(3), 176–185.
Susanto, E., Susanta, A., & Rusdi. (2020). Efektivitas Project Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Mahasiswa. The Original Research of Mathematics), 5(1), 61–68.
Ulum, B., Teguh Budiarto, M., & Ekawati, R. (2018). Etnomatematika Pasuruan: Eksplorasi Geometri Untuk Sekolah Dasar Pada Motif Batik Pasedahan Suropati. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 4(2), 686–696. https://doi.org/10.26740/JRPD.V4N2.P686-696
Yanti, D. E., Karyanto, P., & Sugiharto, B. (2012). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 2(2), 92–99. https://doi.org/10.20961/BIO-PEDAGOGI.V2I2.5306
Zahroh, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Elektrokimia. Phenomenon : Jurnal Pendidikan MIPA, 10(2), 191–203. https://doi.org/10.21580/PHEN.2020.10.2.4283

