PEMBELAJARAN BERDEFERENSIASI BERBASIS PROBLEM POSING : SEBUAH KAJIAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS

  • Siti Zaenab Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Slamet Asari Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Syaiful Huda Universitas Muhammadiyah Gresik
Keywords: Kemampuan Penalaran Matematis, Problem Posing, Deskriptif Kualitatif, Gaya Belaja, Pembelajaran berdiferensiasi

Abstract

Pembelajaran yang memperhatikan gaya belajar peserta didik merupakan salah satu contoh dari pembelajaran berdiferensiasi, sehingga guru lebih mudah memilih media pembelajaran yang digunakan untuk mencapai sebuah tujuan pembelajaran. Disamping itu, dalam kurikulum merdeka peserta didik juga diberikan kebebasan dalam mengkonstruk pengetahuannya sendiri misalnya dengan membuat pertanyaan dan menjawab pertanyaan yang telah dibuat, sehingga akan menimbulkan kemampuan penalaran matematis setiap peserta didik. Dalam hal ini, sangat penting bagi peneliti untuk dapat mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan pendekatan problem posing dalam pembelajaran berdiferensiasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang kemampuan penalaran problem posing ditinjau dari gaya belajar peserta didik di kelas X TOI 1 SMKN 1 Cerme tahun ajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Prosedur Penelitian yang digunakan ada 3 tahap yaitu : perencanaan penelitian, pelaksanaan penelitian, penyusunan laporan penelitian.  Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes penalaran problem posing, rubrik penilaian tes penalaran problem posing, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik dengan gaya belajar visual, kinestetik, dan auditorial memilili tingkat kemampuan penalaran problem posing sedang. Namun dilihat dari persentase hasil analisis kemampuan penalaran problem posing, peserta didik dengan gaya belajar kinestetik tingkat penalaran problem posingnya lebih tinggi dibandingkan dengan peserta didik yang memiliki gaya belajar visual dan auditorial.


Abstract
Learning that takes care of the student's learning style is one example of differential learning, so it's easier for teachers to choose the learning medium used to a learning goal. In addition, in the independent curriculum students are also given freedom in constructing their own knowledge, for example, by creating questions and answering questions that have been made, so that will raise the ability of mathematical reasoning of each student. In this case, it is essential for researchers to be able to know students' mathematical reasoning abilities using the problem posing approach in differential learning. This study aims to describe the ability to reason the problem posing reviewed from the learning style of the students in class X TOI 1 SMKN 1 Cerme 2023/2024. The research method used in this study is qualitative descriptive. The research procedure used has three stages: research planning, research execution, research report preparation.  As for the instruments used in this study are the reasoning test of the problem posing, the evaluation section of the test of reasoning the problem Posing, and the guidelines of the interview. The results of the study showed that students with visual, kinesthetic, and auditory learning styles had a higher level of ability to rationalize the problem posing. However, seen from the percentage of results of analysis of the skill of rationalizing the problems posing, students with kinesthesia learning style had higher levels of rationality of the problem Posing compared to students who had visual and auditorial learning style.

References

Abu-Elwan. (2002). Effectiveness of problem posing strategies on prospective mathematics teachers’ problem solving performance. Journal of Science and Mathematics Education in S.E. Asia, XXV(1), 56–69. http://www.recsam.edu.my/R&D_Journals/YEAR2002/2002Vol25No1/56-69.pdf

English, L. D. (1998). Children’s problem posing within formal and informal contexts. Journal for Research in Mathematics Education, 29(1), 83–106. https://doi.org/10.2307/749719

Herawati, O. D. P., Siroj, R., & Basir, D. (2013). Pengaruh Pembelajaran Problem Posing Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas Xi Ipa Sma Negeri 6 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.22342/jpm.4.1.312.

Irmayanti, Rohani, Laili Habibah Pasaribu, Indah Fitria Rahma, & Rahmi Nazliah. (2020). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Matematis Siswa. Numeracy, 7(2), 240–254. https://doi.org/10.46244/numeracy.v7i2.1205

Mahmuzah, R., & Aklimawati. (2017). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Problem Posing. Numeracy Journal, 4(2), 71–80.

Marpaung, J. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 2(2), 13–17. https://doi.org/10.33373/kop.v2i2.302

Nurzaki Alhafiz. (2022). Analisis Profil Gaya Belajar Siswa Untuk Pembelajaran Berdiferensiasi Di Smp Negeri 23 Pekanbaru. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(8), 1913–1922. https://doi.org/10.53625/jabdi.v1i8.946

Parwani, A. (2020). Psikologi Belajar (kedua, Issue Oktober). Deepublish.

Safitri, I., Prayitno, S., Azmi, S., & Sarjana, K. (2016). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Pada Materi SPLDV Ditinjau Dari Gaya Belajar. 08, 1–23.

Salmina, M., & Nisa, S. K. (2016). Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Berdasarkan Gender pada Materi Geometri. Numeracy Journal, 5(April 2018), 2359–2362. https://doi.org/10.1093/oseo/instance.00208734

Sayuri, M., Yuhana, Y., & Syamsuri. (2020). Analisis kemampuan penalaran matematis siswa SMP ditinjau dari gaya belajar [Analysis of the mathematical reasoning ability of junior high school students in terms of learning styles]. Wilangan, 1(4), 403–414. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan/article/view/10072

Silver, E. A., & Cai, J. (1996). An analysis of arithmetic problem posing by middle school students. Journal for Research in Mathematics Education, 27(5), 521–539. https://doi.org/10.2307/749846

Ulfa, M. (2021). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau Dari Gaya Belajar Mahasiswa Selama Pembelajaran Online. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 2, 35. https://doi.org/10.32332/linear.v2i2.3779

Wahyuni, Y. (2017). Identifikasi Gaya Belajar (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Bung Hatta. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 128–132. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2037

Zaenab, S. (2015). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pendekatan Problem Posing di Kelas X IPA 1 SMA Negeri 9 Malang. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 1(1), 90. https://doi.org/10.22219/jinop.v1i1.2451

Article Metrics
Abstract views: 65
PDF downloads: 47
Published
2024-02-13
How to Cite
Zaenab, S., Asari, S., & Huda, S. (2024). PEMBELAJARAN BERDEFERENSIASI BERBASIS PROBLEM POSING : SEBUAH KAJIAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS. Numeracy, 10(2), 181-193. https://doi.org/10.46244/numeracy.v10i2.2402
Section
Articles