PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS CONCEPT-RICH INSTRUCTION (CRI) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIRKREATIF PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR

  • Putri Lovia Agustinawati Universitas Jambi
  • Yelli Ramalisa Universitas Jambi
  • Feri Tiona Pasaribu Universitas Jambi
Keywords: E-LKPD, Concept-Rich Instruction, video animasi, berpikir kreatif, ADDIE

Abstract

Upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII dalam memahami konten terkait persamaan linear, penelitian ini fokus pada pembuatan E-LKPD (Elektronik Lembar Kerja Peserta Didik) yang berbasis Concept-Rich instruction (CRI) dan didukung dengan video animasi.. Metode penelitian dan pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) diterapkan dalam proses pengembangan melalui wizer.me untuk E-LKPD dan Plotagon Studio untuk video animasi. Temuan penelitian ini menunjukkan seberapa baik E-LKPD dikombinasikan dengan film animasi dapat meningkatkan kapasitas berpikir orisinal siswa. Siswa kelas VII SMP Al-Falah Kota Jambi dijadikan sebagai subjek penelitian penelitian ini. Angket validitas, angket respon guru dan siswa, serta tes kemampuan berpikir kreatif merupakan contoh instrumen penelitian. Data menunjukkan 90% untuk validitas desain dan 92% untuk validitas isi dan materi, hasil analisis menunjukkan validitas yang tinggi pada E-LKPD dengan materi persamaan linear menggunakan video animasi. E-LKPD berbasis Concept-Rich Instruction untuk materi persamaan linear, yang diperkaya dengan video animasi, teruji pula kepraktisannya. Nilai kepraktisan sebesar 95% pada uji perseorangan, 86% pada uji kelompok kecil, 81% pada uji kelompok besar nilai N-Gain sebesar 71%.   Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa E-LKPD menunjukkan efektivitasnya dalam membantu siswa merekonstruksi konsep matematika dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.


Absract
In an effort to improve the creative thinking abilities of class VII students in understanding content related to linear equations, this research focuses on creating E-LKPD (Electronic Student Worksheets) based on Concept-Rich Instruction (CRI) and supported by animated videos.. Research methods and ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) development is implemented in the development process through wizer.me for E-LKPD and Plotagon Studio for animated videos. The findings of this research show how well E-LKPD combined with animated films can increase students' original thinking capacity. Class VII students of Al-Falah Middle School, Jambi City were used as research subjects for this study. Validity questionnaires, teacher and student response questionnaires, and creative thinking ability tests are examples of research instruments. The data shows 90% for design validity and 92% for content and material validity. The analysis results show high validity of the E-LKPD with linear equation material using animated videos. E-LKPD based on Concept-Rich Instruction for linear equation material, which is enriched with animated videos, has also proven its practicality. The practicality score of 95% in the individual test, 86% in the small group test, and 81% in the large group test shows its effectiveness in helping students reconstruct mathematical concepts and improving creative thinking abilities, as reflected in the increase in the N-Gain value of 71%.

References

Akbar, S. (2013). Instrumen perangkat pembelajaran. (A. Holid, Ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya. Diambil dari https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=860002

Arini, W. (2016). PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB SISWA KBLAS X SMK MUHAMMADIYAH l BANTUL. Jurnal Pendidikan, 1(2).

Dehani, S. K., Nurcahyono, N. A., & Imswatama, A. (2021). Pengembangan E-LKS Ragamatika untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP, 05(02), 1537–1547.

Heriyanto, Zenuri, & Walid. (2020). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa sekolah menegah pertama. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 587–590.

Khofifah, A. N., Dhiya, J., Ulhaq, Fatmasari, D., Zakiya, M. S., N, M. K., & Berliana, S. (2023). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMPN 1 Arjasa Situbondo. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar, 3(1), 255–268.

Marthalena, R. (2021). Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, 05(02), 1427–1438.

Mutiara, S., Haji, S., & Zamzaili. (2022). Pengaruh Pembelajaran Concept-Rich dengan Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Didactical Mathematics, 4(2), 380–387. https://doi.org/10.31949/dm.v4i2.3418

Panggabean, N. H., & Danis, A. (2020). Desain Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Sains. Medan: Yayasan Kita Menulis. Diambil dari https://kitamenulis.id/2020/12/30/desain-pengembangan-bahan-ajar-berbasis-sains/

Pasumbung, Y. A., & Pratama, F. W. (2022). Video Interaktif dan E-LKPD untuk Membantu Meningkatkan Pemahaman Materi Transformasi Geometri dalam Model Pembelajaran SAVI. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 2622–2634. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1408

Prasetya Subakti, D., Marzal, J., Haris Effendi Hsb, M., Studi Magister Pendidikan Matematika, P., Keguruan dan Ilmu Pendidikan, F., Jambi, U., … Jambi, K. (2021). Pengembangan E-LKPD Berkarakteristik Budaya Jambi Menggunakan Model Discovery Learning Berbasis STEM Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1249–1264. Diambil dari https://www.j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/629

Prihastuti, L. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berorientasi Pisa Konten Space and Shape Siswa Sekolah Menengah Pertama, 26.

Ramly, S. N. F., Ahmad, N. J., & Mohd Said, H. (2022). The Development of Innovation and Chemical Entrepreneurship Module for Pre-University Students: An Analysis Phase of ADDIE Model. Journal of Natural Science and Integration, 5(1), 96. https://doi.org/10.24014/jnsi.v5i1.16751

Ratnani, I., & Afifah, D. S. N. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Matematika Dengan Concept-Rich Instruction Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smpn 3 Bandung Tulungagung Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan, 2(2006), 77–81. Diambil dari http://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm/article/view/3960%0Ahttp://journal2.um.ac.id/index.php/jkpm/article/download/3960/3845

Rochmania, D. D., & Restian, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Video Animasi Terhadap Proses Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3435–3444. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2578

Safitri, O. N., & Mulyani. (2022). Pengembangan Media Bahan Ajar E-LKPD Interaktif Menggunakan Website Wizer.me pada Pembelajaran IPS Materi Berbagai Pekerjaan Tema 4 Kelas IV SDN Tanah Kalikedinding II. JPGSD: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(1), 86–97. https://doi.org/10.37478/mahajana.v4i1.2527

Saputro, B. (2017). MANAJEMEN PENELITIAN PENGEMBANGAN ( RESEARCH & DEVELOPMENT ) BAGI PENYUSUN TESIS DAN DISERTASI. Sleman: Aswaja Pressindo. Diambil dari https://books.google.co.id/books?id=O2nsDwAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=metode+penelitian+dan+pengembangan+R%26D&hl=id&newbks=1&newbks_redir=0&sa=X&ved=2ahUKEwii5vm_6_f_AhUKT2wGHYkTBwwQ6AF6BAgIEAI#v=onepage&q=metode penelitian dan pengembangan R%26D&f=fal

Setiawan, H. R., Rakhmadi, A. J., & Raisal, A. Y. (2021). Pengembangan Media Ajar Lubang Hitam Menggunakan Model Pengembangan Addie. Jurnal Kumparan Fisika, 4(2), 112–119. https://doi.org/10.33369/jkf.4.2.112-119

Tashtoush, M. A., Wardat, Y., Aloufi, F., & Taani, O. (2022). The Effectiveness of Teaching Method Based on the Components of Concept-Rich Instruction Approach in Students Achievement on Linear Algebra Course and Their Attitudes Towards Mathematics. Journal of Higher Education Theory and Practice, 22(7), 41–57. https://doi.org/10.33423/jhetp.v22i7.5269

Article Metrics
Abstract views: 25
PDF downloads: 21
Published
2024-04-19
How to Cite
Agustinawati, P. L., Ramalisa, Y., & Pasaribu, F. T. (2024). PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS CONCEPT-RICH INSTRUCTION (CRI) BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIRKREATIF PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR. Numeracy, 11(1), 14-29. https://doi.org/10.46244/numeracy.v11i1.2575
Section
Articles