PENGARUH PENGGUNAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK MATEMATIKA (LKPD) BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN LITERASI - NUMERASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi. Jenis penelitian ini adalah korelasi dengan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan pada peserta didik kelas X SM Dharma Pancasila Medan. Data penelitian terdiri atas jawaban siswa dan hasil survey. Kemampuan literasi numerasi pesert didik dilihat melalui cara menjawab, pertama menafsirkan soal seperti menuliskan diketahui, ditanya, dan dijawab secara sistematis, kedua menyimpulkan dari hasil jawaban yang telah ditulis kemudian dirangkum dengan beberap kalimat. Hasil penelitian menginformasikan bahwa nilai thitung 2,39 > ttabel 1,995. Maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh secara signifikan pada kemampuan literasi numerasi peserta didik menggunakan LKPD berbasis etnomatematik Kemudian hasil angket untuk mengetahui respon peserta didik terhadap penggunan LKPD berbasis etnomatematika berpredikat sangat baik. Hal ini bisa dilihat dari hasil angket senilai 83% yang artiny pesert didik kelas X MIA1 termotivasi saat menggunakan LKPD. Hal ini diukur dari 3 (tiga) indikator yang digunakan untuk mengetahui respon dari pesert didik kelas X MI 1 SM Dharma Pancasil Medan. Adapun indikatornya seperti motivasi belajar, pemahaman konsep, dan percaya diri.
Abstract
This research ms to determine the effect of using students' ethnomathematics-based worksheets to improve numeracy literacy skills. This type of research is correlation with quantitative pproach carried out on class X students t SM Dharm Pancasila Medan.. Research dat consists of student nswers nd survey results. Students' numeracy literacy bilities re seen through how they nswer, first interpreting questions such s writing down what they know, being sked nd nswering systematically, secondly concluding from the results of the nswers that have been written nd then summarizing them in several sentences. The research results indicate that the tcount value is 2.39 > ttable 1.995. So it can be concluded that there is significant influence on the numeracy literacy skills of students using ethnomathematics-based LKPD. Then the results of the questionnare to determine students' responses to the use of ethnomathematics-based LKPD were rated s very good. This can be seen from the questionnare results which re 83%, which means that class X MIA1 students re motivated when using LKPD. This is measured from 3 (three) indicators used to determine the response of class X MI 1 SM Dharm Pancasila Medan students. The indicators include learning motivation, understanding of concepts, nd self-confidence.
References
Delcourt, H. R., & Delcourt, P. A. (2016). State of the Art in Paleoecology. Ecology, 68(1), 242–242. https://doi.org/10.2307/1938839
Harahap, Y. N., Diva, D. F., Andriyani, J., Prasiska, M., & Eriliyah, T. (2023). Studi Literatur Pengembangan Media Interaktif pada Materi Vektor. 06(01), 6277–6283.
Hidayah, A. R., Hakiki, I. A., ’Afwi, M. F., & Fiangga, S. (2020). Mathematical Literacy Ability, PISA Questions, Visual Learning Style. Jurnal Karya Pendiidkan Matematika, 7(2), 6–13. http://jurnal.uninmus.ac.id/index.php/JPMat/index
Jamil, A. F. (2021). Pengembangan Handout Matematika Bercirikan.
Menata, P. K., Memodifikasi, D. A. N., Bahan, A., Bagi, P., Dan, G. I. P. A., & Smp, L. (2017). keterampilan 4M,
modifikasi, pelatihan. International Journal of Elementary Education, 1, 10–16.
Nugroho, H., Chasanah, A. N., & Pamungkas, M. D. (2022). Pengembangan LKS Berbasis Etnomatematika dengan Pendekatan Santifik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 9(1), 78–84.
Riastini, P. N., & Mustika, I. K. A. (2017). Pengaruh Model Polya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas V SD [The Effect of the Polya Model on the Mathematics Problem-Solving Ability of Fifth-Grade Elementary School Students]. International Journal of Elementary Education, 1(1), 31–38.
Rifa, B., Yayusman, M. S., & Barid, V. B. (2021). Can Digital Research be an Alternative Method during the COVID-19 Pandemic in Indonesia? Journal of Indonesian Social Sciences and Humanities, 11(1), 75–91. https://doi.org/10.14203/jissh.v11i1.208
Risna Saragih, Bella, Putri, R. A., Simamora, Y., & Mira. (2023). Pendekatan Matematika Realistik Berbantuan Blog terhadap Kemampuan Literasi Matematika. 05(04), 17064–17069.
Selvia A.H, S., Yensy, N. A., & Susanto, E. (2022). Analisis Tingkat Kognitif Soal pada Buku Mandiri Matematika Terbitan Erlangga Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi. FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(1), 30–39. https://doi.org/10.47662/farabi.v5i1.306
Silalahi, S. M. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa dalam Penyampaan Materi Menggunakan Lembar Kerja Mahasiswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(2), 215–226. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i2.1311
Simamora, M. I., & Rokan, N. (2023). Etnomatematika di pasar kamu sebaga sumber pembelajaran matematika 1,2. C(2), 1–8.
Sujaptio. (2022). Penggunaan Videoscribe Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Energi Kelas Vii. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, 10(10), 48–56. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v6i1.54521
Wahyuni, S., Ikashaum, F., Wulantina, E., Mustika, J., & Putri, L. M. (2022). Development of Authentic Assessment Models in Research Methods Courses. Proceedings of the Eighth Southeast Asia Design Research (SEA-DR) & the Second Science, Technology, Education, Arts, Culture, and Humanity (STEACH) International Conference (SEADR-STEACH 2021), 627, 98–102. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211229.016
PDF downloads: 261