ANALISIS KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER SISWA MADRASAH ALIYAH

  • Azriyatun Rizqa Universitas Islam Negeri Ar- Raniry Banda Aceh
  • Nuralam Syamsuddin Universitas Islam Negeri Ar- Raniry Banda Aceh
  • Khusnul Safrina Universitas Islam Negeri Ar- Raniry Banda Aceh
Keywords: Analisis, Kemampuan Spasial Matematis, Perbedaan Gender

Abstract

Kemampuan spasial matematis merupakan satu di antara  hal penting dalam pembelajaran matematika. Dengan kemampuan ini akan memudahkan siswa dalam proses belajar mengajar pada materi Geometri. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan spasial matematis siswa pada sekolah Madrasah Aliyah Negeri 4 Aceh Besar ditinjau dari perbedaan gender dalam menyelesaikan masalah jarak antar unsur bangun ruang kubus pada dimensi tiga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek pada penelitian ini adalah 2 orang siswa bergender laki-laki dan 2 orang siswa bergender perempuan berdasarkan kemampuan spasial matematis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes tulis kemampuan spasial dan melakukan wawancara kepada siswa. Teknik analisis data dengan mereduksi data penelitian, menyajikan data penelitian , dan membuat kesimpulan. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa bergender laki-laki dan siswa bergender perempuan, keduanya dapat melalui tahapan indikator spasial matematis dengan sangat baik. Dapat disimpulkan bahwa kemampuan spasial matematis siswa bergender laki-laki maupun perempuan keduanya baik namun ada perbedaan diantara keduanya dalam menyelesaikan permasalahan dimensi tiga, siswa bergender perempuan lebih teliti dan lebih lengkap ketika menjawab persoalan serta membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan siswa bergender laki-laki yang menyelesaikan soal secara praktis, singkat dan cepat.


Abstract
Mathematical spatial ability is one of the important things in learning mathematics. This ability will make it easier for students in the learning process on Geometry material. This research aims to describe the mathematical spatial abilities of Madrasah Aliyah Negeri 4 Aceh Besar students in terms of gender differences in solving distance problems between cube elements in the third dimension. This research uses a qualitative approach with descriptive research type. The research subjects were 2 male students and 2 female students based on mathematical spatial abilities. Data collection techniques were carried out by writing spatial ability tests and conducting interviews. Data analysis techniques by reducing data, presenting data, and making conclusions. The data validity checking technique uses source triangulation. The results of the research show that male and female students can both go through the stages of mathematical spatial indicators well. It can be concluded that the mathematical spatial abilities of male and female students are both good, but there are differences between the two in solving three-dimensional problems, female students are more thorough and more complete and take longer than male students who solve problems practically, briefly and fast.

References

Alimuddin, H. (2020). Profil kemampuan spasial dalam menyelesaikan masalah geometri siswa yang memiliki kecerdasan logis matematis tinggi ditinjau dari perbedaan gender. ALFAmath: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 23-35. https://doi.org/10.47165/alfamath.v1i1.43.g49

Amin, M. S. (2018). Perbedaan struktur otak dan perilaku belajar antara pria dan wanita; Eksplanasi dalam sudut pandang neuro sains dan filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 1(1), 38-43. https://doi.org/10.23887/jfi.v1i1.13973

Aziz, S. N., & Rusmana, I. M. (2021). Kecerdasan Numerik Dan Spasial Terhadap Kemampuan Matematis Siswa. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 2(2), 233-244. https://doi.org/10.46306/lb.v2i2.32

Budiarto, M. T. (2000, November). Pembelajaran geometri dan berpikir geometri. In Dalam prosiding Seminar Nasional Matematika “Peran Matematika Memasuki Milenium III”. Jurusan Matematika FMIPA ITS Surabaya. Surabaya.

Damayanti, A., Yudianto, E., Sugiarti, T., & Yudiyati, Y. (2021). Etnomatematika pada Riasan dan Atribut Bagian Kepala Paes Ageng sebagai Paket Tes Siswa. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(2), 178-187. https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i2.24330

Dewi, S. P., Maimunah, M., & Roza, Y. (2021). Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi lingkaran ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 699-707. https://doi.org/10.33394/jk.v7i3.3687

Hibatullah, I. N., Susanto, S., & Monalisa, L. A. (2020). Profil Kemampuan Spasial Siswa Ditinjau dari Tipe Kepribadian Florence Littauer. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(2), 115-124. https://doi.org/10.24853/fbc.6.2.115-124

Ismi, K., Al, K., Kurniawati, K. R. A., & Negara, H. R. P. (2021). Analisis Kemampuan Spasial Matematis Ditinjau dari Perbedaan Gender Siswa Kelas VIII. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(1), 53-62. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i1.3327

Lexi J. Moleong. (2005). Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

National Council of Teacher of Mathematics. (2000). Principles and standardsfor school mathematics, Reston, VA: NCTM.

Meifiani, N. I., & Prasetyo, T. D. (2015). Pengaruh motivasi terhadap prestasi ditinjau dari perbedaan jenis kelamin mahasiswa STKIP PGRI Pacitan. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1-10. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v2i1.113

Munawarah, M. (2023). Meta Analysis: Pengaruh Gender Terhadap Faktor Psikologis Belajar Siswa. AN-NISA: Jurnal Studi Gender dan Anak, 14(2), 58-66. https://doi.org/10.30863/an.v14i2.4175

Purborini, S. D., & Hastari, R. C. (2018). Analisis kemampuan spasial pada bangun ruang sisi datar ditinjau dari perbedaan gender. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 49-58. https://doi.org/10.31316/j.derivat.v5i1.147

Putri, H. E. (2017). Pendekatan concrete-pictorial-abstract (CPA), kemampuan-kemampuan Matematis, dan rancangan pembelajarannya. UPI Sumedang Press.

Samsumarlin, S. (2017). Segitiga Dan Segiempat Pada Geometri Datar Euclid Cevian Segitiga Dan Segiempat Siklik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 1(1), 15-22. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v1i1.36

Santrock, J. W. (2007). Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. Jakarta: Kencana.

Sudirman, S., & Alghadari, F. (2020). Bagaimana Mengembangkan Kemampuan Spasial dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah?: Suatu Tinjauan Literatur. Journal of Instructional Mathematics, 1(2), 60-72. https://doi.org/10.37640/jim.v1i2.370

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung: Alfabeta.

Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Zarkasyi, W. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Article Metrics
Abstract views: 95
PDF downloads: 153
Published
2024-04-30
How to Cite
Rizqa, A., Syamsuddin, N., & Safrina, K. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS DITINJAU DARI PERBEDAAN GENDER SISWA MADRASAH ALIYAH. Numeracy, 11(1), 70-83. https://doi.org/10.46244/numeracy.v11i1.2622
Section
Articles