TINJAUAN SISTEMATIS LITERATUR REVIEW: OPTIMALISASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI INTEGRASI TEKNOLOGI WEBSITE
Abstract
Studi ini menyelidiki penggunaan teknologi website dalam meningkatkan kualitas pembelajaran matematika secara online melalui pendekatan Tinjauan Sistematis Literatur (SLR). Penelitian ini mengumpulkan dan mengevaluasi 30 artikel terkini dari Google Scholar dan Mendeley yang dipublikasikan antara 2020 hingga 2024. Analisis SLR dilakukan untuk mengidentifikasi manfaat integrasi website dalam pembelajaran matematika. Hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan website seperti Liveworksheets, Google Sites, dan Quizizz berkontribusi atas meningkatnya keterlibatan siswa di Sekolah Dasar dan Menengah. Di tingkat SMP, e-learning melalui website dan aplikasi Android meningkatkan kemandirian siswa, sementara video pembelajaran dan website khusus membantu meningkatkan motivasi belajr siswa. Di SMA dan Perguruan Tinggi, website pembelajaran matematika berdampak positif terhadap hasil akademik dan aktivitas belajar siswa. Meskipun terdapat beberapa kendala, penggunaan Google Sites dan Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS) selama pandemi menunjukkan hasil yang menggembirakan. Secara keseluruhan, integrasi website dalam pembelajaran matematika memberikan manfaat yang signifikan dalam meningkatkan hasil belajar, motivasi, dan keterlibatan siswa di semua tingkatan pendidikan.
Abstract
This study uses a Systematic Literature Review (SLR) methodology to examine how website technology can enhance online mathematics instruction. 31 current publications from Mendeley and Google Scholar that were published between 2020 and 2024 are gathered and assessed in this study. To determine the advantages of website integration in mathematics education, SLR analysis was done. According to the findings, using websites like Quizizz, Google Sites, and Liveworksheets helps raise student involvement in primary and intermediate schools. Learning videos and specialized websites assist boost motivation, but e-learning through websites and Android applications enhances student independence at the junior high school level. Websites that teach mathematics have a good effect on students' academic performance and learning activities in high schools and colleges. The usage of learning management systems (LMS) and Google Sites throughout the pandemic has shown excellent outcomes despite a number of challenges. All things considered, website integration in mathematics instruction has a considerable positive impact on student engagement, motivation, and learning outcomes at all educational levels.
References
Aisyah, A. (2020). Desain Media Pembelajaran Matematika Berbasis Website. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1). https://doi.org/10.33087/phi.v4i1.79
Ajizah, I. (2021). Urgensi Teknologi Pendidikan : Analisis Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Chemical Information and Modeling, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33853/istighna.v4i1.93
Arifin, F., & Marini, A. (2022). Penerapan Pembelajaran E-Learning dan Pengaruhnya Terhadap Self Regulated Learning Matematis Siswa Sekolah Dasar. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 6(2). https://doi.org/10.32934/jmie.v6i2.457
Arisanti, Y., & Adnan, M. F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Software Macromedia Flash 8 untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.930
Arnaz, A., Wahyuni, Y., Khairudin, K., & Fauziah, F. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berupa Aplikasi Android Menggunakan Kodular Pada Materi Relasi dan Fungsi Untuk Siswa Kelas VIII SMP. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2). https://doi.org/10.33087/phi.v6i2.226
Ayu, N. A. Y., Ainol, A., Denny Pratama, L., & Lestari, W. (2023). Peran Multimedia Berbasis Website Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mandalika Mathematics and Educations Journal, 5(1). https://doi.org/10.29303/jm.v5i1.4790
Baihaqi, R. B. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Website Dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Derivat: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 10(3). https://doi.org/10.31316/jderivat.v10i3.4986
Dwi Susanti, W., & Suripah. (2021). Efektivitas Website sebagai Media Pembelajaran Matematika Selama Masa Pembelajaran Daring. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(01). https://doi.org/https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i01.12225
Enstein, J., Bulu, V. R., & Nahak, R. L. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Game Edukasi Bilangan Pangkat dan Akar menggunakan Genially. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01). https://doi.org/10.57008/jjp.v2i01.150
Fasa, I. A., & Purwanti, K. L. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Website Mata Pelajaran Matematika untuk Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 32(1). https://doi.org/10.17977/um009v32i12023p15-24
Fauziah, A., Endang M. Kurnianti, & Otib Satibi Hidayat. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Website Chatbot Berbasis Pemecahan Masalah Pada Materi Penyajian Data Untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Efektor, 9(1). https://doi.org/10.29407/e.v9i1.16348
Gumilar, B. S., & Nia Sania Effendi, K. (2022). Analisis kebutuhan media pembelajaran berbasis Web Google-Sites materi Statistika pada pembelajaran matematika SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika, 8(1). https://doi.org/https://doi.org/10.37058/jp3m.v8i1.4445
Hendrawati, R., Ismanto, B., & Iriani, A. (2021). Pengembangan Website Bimbingan Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.931
Irfan, M., Kusumaningrum, B., Yulia, Y., & Widodo, S. A. (2020). Challenges During The Pandemic: Use Of E-Learning In Mathematics Learning In Higher Education. Infinity Journal, 9(2). https://doi.org/10.22460/infinity.v9i2.p147-158
Irmawan, I., Mering, A., & Astuti, I. (2022). The Development of Interactive Learning Multimedia Based on The Website for Mathematics’ Subject in Junior High School. JETL (Journal of Education, Teaching and Learning), 7(1). https://doi.org/10.26737/jetl.v7i1.2709
Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8019
Makmur, F., Andayani, S., & Sufaidah, V. A. A. (2023). The Development Gematika As A Website-Based Mathematics Learning Media On Comparison Materials. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(1). https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i1.6233
Mushoffa, M. A., Raharjo, H., & Persada, A. R. (2020). Website-Based Teaching Material Development to Improve Student Mathematics Learning Outcomes. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 8(3). https://doi.org/10.26858/jdm.v8i3.15134
Nafiah, M., Marini, A., Niladini, A., Sekaringtyas, T., Safitri, D., & Nuraini, S. (2022). Development of Website-Based Learning Video to Enhance Student Mathematics Learning Motivation. Eurasian Journal of Educational Research, 2022(97). https://doi.org/10.14689/ejer.2022.97.16
Nurdiansyah, A. R., Kusumah, Y. S., & Priatna, B. A. (2023). The Development of Website-based Faimathematics in Mathematics Learning to Increase Student Learning Interest. Jurnal Analisa, 9(2). https://doi.org/10.15575/ja.v9i2.27652
Nuryati, N., Subadi, T., Muhibbin, A., Murtiyasa, B., & Sumardi, S. (2022). Pembelajaran Statistik Matematika Berbantuan Website Google Sites (Quizizz) di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2377
Pratama, S., & Hendriana, B. (2023). Utilization Of Website-Based Learning Videos For Mathematics Learning. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(1). https://doi.org/10.31943/mathline.v8i1.295
Prihanto, A. dan K. E. D. N. P. (2021). Pentingnya Kompetensi Guru Pendidikan Agama Kristen Dalam Menghadapi Tantangan di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Eulogia, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.47131/jtb.v5i1.146
Rahmania, M. D., Fatah, A., & Anriani, N. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web Articulate Storyline untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika SIswa SMP. ABSIS: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.30606/absis.v5i2.1777
Rahmawati, D., & Hidayati, Y. M. (2022). Pengaruh Multimedia Berbasis Website Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i3.1465
Rewan Jayadi, & Siska Yosmar. (2024). Smart Book Mathematic For Difabel (Somabel): Website-Based Mathematics Learning Media For Mentally Disabled Students Using Cardboard Waste. EduMatSains : Jurnal Pendidikan, Matematika Dan Sains, 8(2). https://doi.org/10.33541/edumatsains.v8i2.4685
Ridwan, M., & Panjaitan, D. J. (2022). Keefektifan Web Sebagai Media Pembelajaran Matematika. Jurnal MathEducation Nusantara, 5(1). https://doi.org/10.54314/jmn.v5i1.214
Satriawati, G., Kholis, N., Dwirahayu, G., & Sobiruddin, D. (2023). Pengembangan Bahan ajar transformasi geometri berbantuan website: Pendekatan Project-Based-Learning Mozaik Geometri. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 9(1). https://doi.org/10.22219/jinop.v9i1.23581
Setiariny, E. (2023). Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 20(1). https://doi.org/10.54124/jlmp.v20i1.81
Sidabutar, N. A. L., & Reflina, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika SMA dengan Aplikasi Animaker pada Materi Vektor. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1362
Supriatna, A. R., Siregar, R., & Nurrahma, H. D. (2022). Pengembangan E-LKPD Berbasis Problem Based Learning pada Muatan Pelajaran Matematika pada Website Liveworksheets di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 4(3). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2844
Suripah, & Susanti, W. D. (2022). Alternative Learning During A Pandemic: Use Of The Website As A Mathematics Learning Media For Student Motivation. Infinity Journal, 11(1). https://doi.org/10.22460/infinity.v11i1.p17-32
Susanti, W. D., & Suripah, S. (2021). Effectiveness of Website as a Mathematics Learning Media During the Online Learning Period. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(01). https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i01.12225
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2). https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Tahel, F., & Ginting, E. (2019). Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Pahlawan Nasional Untuk Meningkatkan Rasa Nasionalis android. Teknomatika, 09(02). https://doi.org/https://doi.org/10.36294/jurti.v7i2.3491
Triandini, E., Jayanatha, S., Indrawan, A., Werla Putra, G., & Iswara, B. (2019). Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems, 1(2). https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916
Triono, A., Hamdani, H., & Fitriawan, D. (2024). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Website pada Peserta Didik Sekolah Menengah Atas. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/https://doi.org/10.33365/jm.v6i1.2924
Wulandari, R., Astuti, I., & Afandi, A. (2023). Pengembangan Desain Multimedia Interaktif Website untuk Memberdayakan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Perbandingan Trigonometri. Journal on Education, 5(4). https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2519
PDF downloads: 38