PERAN ETNOMATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS ALUR MERDEKA BERBANTUAN MEDIA KOLASE
Abstract
Artikel ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Perkembangan zaman saat ini secara langsung telah mempengaruhi keberadaan buadaya lokal di masyarakat. Untuk itu pembelajaran berbasis budaya perlu diterapkan agar dapat mengurangi dampak negatif perkembangan zaman, salah satunya melalui etnomatematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran etnomatematika dalam pembelajaran berbasis alur merdeka berbantuan media kolase. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Klodangan Berbah. Subjek penelitian ini adalah siswa fase A kelas satu dan guru. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interkatif yaitu reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah etnomatematika dalam pembelajaran sangat berperan dalam mempermudah peserta didik dalam belajar. Metode alur merdeka berbantukan media kolase yang diterapkan ternyata dapat menambah keaktifan dan kreatifitas siswa dalam proses pembelajaran. Alur merdeka memiliki tujuh langkah kegiatan yaitu Mulai dari Diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antarmateri, dan Aksi Nyata. Ketujuh langkah tersebut sebaiknya dilakukan dengan menyesuaikan karakteristik peserta didik, fasilitas pendukung, dan materi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa proses pembelajaran dengan alur merdeka berbasis etnomatematika dan didukung dengan media kolase dalam membelajarkan materi mengenal bentuk benda dapat menambah pemahaman dan kreativitas peserta didik. Peserta didik dapat berkreasi dan membangun idenya sendiri dengan mengaitkan pemahaman konsep tentang bentuk benda. Pembelajaran berbasis etnomatematika ternyata juga menambah pengetahuan siswa tentang budaya lokal di sekitar mereka.
Abstract
This article is qualitative research with a descriptive approach. Current developments have directly influenced the existence of local culture in society. For this reason, culture-based learning needs to be implemented in order to reduce the negative impact of developments over time, one of which is through ethnomathematics. The aim of this research is to analyze the role of ethnomathematics in independent flow-based learning assisted by collage media. This research was conducted at SD Negeri Klodangan Berbah. The subjects of this research were first grade phase A students and teachers. Data collection techniques are observation, interviews and documentation. Data analysis uses an interactive model, namely data reduction, data display, and drawing conclusions. The results of this research are that ethnomathematics in learning plays a very important role in making it easier for students to learn. The MERDEKA flow method with the help of collage media which is applied can actually increase students' activeness and creativity in the learning process. The MERDEKA flow has seven activity steps, namely Starting from Self, Concept Exploration, Collaboration Space, Contextual Demonstration, Elaboration of Understanding, Connection between Materials, and Real Action. These seven steps should be carried out by adjusting the characteristics of students, supporting facilities and materials. Based on the research results, it was concluded that the learning process with an independent flow based on ethnomathematics and supported by collage media in teaching material about recognizing the shape of objects can increase students' understanding and creativity. Students can be creative and build their own ideas by linking their conceptual understanding of the shape of objects. Ethnomathematics-based learning also increases students’s knowledge about the local culture around them.
References
Abi, Alfonsa. M. (2017). Integrasi etnomatematika dalam kurikulum matematika sekolah. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1-6. Retrieved from https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JPMI/article/view/75/52 (Diakses 10 Juni 2024).
Awaliyah, H., Susilawati, S., & Multahada, A. (2024). PENGENALAN BENTUK GEOMETRI MELALUI KEGIATAN KOLASE PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA HUBBUL WATHON TAHUN PELAJARAN 2021-2022. Lunggi Journal, 2(1), 43-53. https://journal.iaisambas.ac.id/index.php/lunggi/article/view/2651
Diyastanti, A., & Handayani, D. (2023, November). Penerapan Alur Merdeka Berbantuan Media Puzzle untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VIII Materi Teorema Pythagoras. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 1, No. 2, pp. 1459-1466).
Fajriyah, Euis. (2018). Peran etnomatematika terkait konsep matematika dalam mendukung literasi. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 114-119). Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/19589 (Diakses 9 Juni 2024).
Jamaludin, U., Pribadi, R. A., & Zahara, G. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Alur Merdeka. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan,9(14), 710-716. https://doi.org/10.5281/zenodo.8186852
Katsap, A., &Fredrick, A.L. (2008). Case study of the role of ethnomathematics among teacher education students from. The Journal of Mathematics and Culture, 3(1). 1558-5336
Mardliyyah, S., Nurbaety, Y., & Nuswowati, M. (2024). Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran IPA Melalui Penerapan Alur Merdeka Belajar Kelas IX-G SMP N 40 Semarang. Mutiara: Multidiciplinary Scientifict Journal, 2(4), 174-190. https://doi.org/10.57185/mutiara.v2i4.175
Marsigit, et al. (2017). Pengembangan Matematika Berbasis Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatematika. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Mufliva, R., Fitriani, A. D., & Iriawan, S. B. (2023) Pengembangan LKPD berbasis Alur “MERDEKA” sebagai penguatan Literasi Numerasi dalam Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(3). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i3.79571
Rakhmawati, Rosida. (2016). Aktivitas matematika berbasis budaya pada masyarakat lampung. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 221-230. http://dx.doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.37
Rosa, M. & Orey, D. C. (2011). Ethnomathematics: the cultural aspects of mathematics. Revista Latinoamericana de Etnomatemática, 4(2). 32-54.
Sari, S. P., Nasution, I. S., & Sari, M. (2023). Eskalasi Program Alur Merdeka Materi Etnosains Pembuatan Klepon Dalam Eskalasi Literasi Sains Pada Mata Kuliah Praktikum Ipa Pgsd Fkip Umsu. JURNAL TARBIYAH, 30(2), 191-203. http://dx.doi.org/10.30829/tar.v30i2.2999
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriadi. (2010). Pembelajaran Etnomatematika dengan Media Lidi dalam Operasi Perkalian Matematika untuk Meningkatkan Karakter Kreatif dan Cinta Budaya Lokal Mahasiswa PGSD. Jurnal Seminar Nasional STKIP Siliwangi. Serang: Sekolah Pascasarjana UPI.
Suryani, N. A., & Haryono, M. (2018). Improvement of the Logical Intelligence Through Media Kolak (Collage Numbers) Based on Local Wisdom on Early Childhood. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 255-261. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.90
Unodiaku, S. S. (2013). Effect of ethno-mathematics teaching materials on students’ achievement in mathematics in Enugu State. Journal of Education and Practice, 4(23), 70-77
Utari, Ita. (2023). Siap Menghadapi Era VUCA melalui Mata Pelajaran Matematika. Direktorat Guru Pendidikan Dasar. https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/siap-menghadapi-era-vuca-melalui-mata-pelajaran-informatika#
Wahyuni, A., Tias, A.A.W., & Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika Dalam Membangun Karakter Bangsa. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika dengan tema ” Penguatan Peran Matematika dan Pendidikan Matematika untuk Indonesia yang Lebih Baik". Yogyakarta: Pendidikan Matematika FMIPA UNY.
Wahyuni, Indah. (2018). Buku Ajar Etnomatematika. Jember: Universitas Islam Negeri KH Achmad Shiddiq Jember.
Weniarni, Listin et. al. (2022). Etnomatematika 1. Jawa Tengah: PT. Nasya Expanding Management.
Wulandari, A. S., & Widiyatmoko, A. (2023). Penerapan Alur Merdeka Belajar Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Peserta Didik. In Proceeding Seminar Nasional IPA.
Yusuf, M., Saidu, I., & Halliru, A. (2010). ETHNOMATHEMATICS A case of Wasakwakwalwa (Hausa culture puzzles) in Northern Nigeria.
PDF downloads: 11