KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENEMUKAN POLA BARISAN DAN DERET ARITMATIKA

  • Rahmat Universitas Syiah Kuala
Keywords: Ability Of Solving, Discovery Learning, Pattern and Sequence Of Arithmetic Series

Abstract

One of the material that has connectivity with matematika everyday life line and Deret Aritmatika, aritmetika line material and material that deret is tested in each test in perguruan tinggi and in applying jobs. The concept of material Line and this often deret Aritmatika students experiencing difficulty in breaking down a problem in answering the question and the question of matematis given. To overcome the problem, Then needed an innovative matematika pembejaran model. One model that can measure the capabilities of breakage of floor matematis is a model of discovery learning.  The objective of this review was to determine the ability of the breakage problems matematis with the model of discovery learning in find the pattern lines and deret aritmetikan. In this study using qualitative research i.e. research procedures to memehami phenomena that produce descriptive data. The subject of this research is the grade XI MAN 5 Pidie. Data-collecting instruments in the form of problem-solving ability test in the menemuka pattern of rows and individual test in the form of arithmetic derat mampun worksheets, sheet group observation, question form and guidelines for the interview. From the results of this research, after learning of Mathematics with applied model of discovery learning in mind that mathematical Solving Abilities students increase comprehension of concepts in discovering the concept of sequence and sequence of arithmetic. Students demonstrating a positive attitude with the method of the invention of social interactions. Based on the research, discovery learning methods are highly recommended to find rows and rows of arithmetic.

 

Abstrak

Salah satu materi dalam matematika yang mempunyai keterkaitan dengan kehidupan sehari-hari adalah Barisan dan Deret Aritmatika, materi barisan dan deret aritmetika  merupakan materi yang diuji dalam setiap tes masuk perguruan tinggi maupun dalam melamar pekerjaan. Konsep materi Barisan dan deret Aritmatika ini sering kali siswa mengalami kesulitan dalam pemecahan masalah matematis dalam menjawab soal soal yang diberikan. Untuk mengatasi masalah tersebut, Maka diperlukan suatu model pembejaran matematika yang inovatif. Salah satu model yang dapat mengukur tingkat kemampuan pemecahan matematis adalah model discovery learning.  Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis dengan mengunakan model discovery learning dalam menemukan pola barisan dan deret aritmetikan. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yaitu prosedur penelitian untuk memehami fenomena yang menghasilkan data deskriptif. Subyek penelitian ini adalah  siswa kelas XI MAN 5 Pidie. Instrumen pengumpul data berupa soal tes  kemampuan pemecahan masalah dalam menemuka pola barisan dan derat aritmetika berupa tes individu mampun lembar kerja kelompok, lembar observasi, angket dan pedoman wawancara. Dari hasil penelitian ini, setelah diterapkan pembelajaran matematika dengan model discovery learning diketahui bahwa Kemampuan Pemecahan matematis siswa meningkatkan pemahaman konsep dalam menemukan konsep barisan dan deret aritmetika. Siswa menujukan sikap positif dengan metode penemuan terbimbing. Berdasarkan penelitian, metode discovery learning sangat direkomendasikan untuk menemukan pola barisan dan deret aritmetika.

Kata kunci: Kemampuan Pemecahan, Discovery Learning, Pola Barisan dan Deret Aritmatika

References

Jacobsen, David A., Eggen, Paul, dan Kauchak, Donald. 2009. Methods for Teaching (Achmad Fawaid dan Khoirul Anam. Terjemahan). 8th Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Kilpatrick, J., dkk. 2001. Adding It Up. http://www.nap.edu/catalog/9822.html (di akses 15 April 2017)

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Tersedia di http://www.nctm.org/Standards-and-Positions/Principles-and-Standards/ [diunduh 11 Januari 2017]

OECD. 2013. PISA 2012 Results: What Students Know and Can Do – Student Performance in Mathematics, Reading, and Science (Volume I). OECD : OECD Publishing. Tersedia di http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa- 2012-results-overview.pdf. [diunduh 11 Januari 2017]

Sri Esti Wuryani Djiwandono. 2002. Psikologi Pendidikan. (Edisi revisi). Jakarta: Grasindo. Hal.172

Margono. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Article Metrics
Abstract views: 175
Published
2017-10-31
How to Cite
Rahmat. (2017). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENEMUKAN POLA BARISAN DAN DERET ARITMATIKA. Numeracy, 4(2), 129-134. https://doi.org/10.46244/numeracy.v4i2.280
Section
Articles