ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SEGITIGA DAN SEGIEMPAT
Abstract
This study aims to describe students' mathematical understanding ability, especially in understanding the triangle and quadrilateral material related to the ability of understanding. The subjects of the study were the students of class VII of 20 people. The method of this research is qualitative descriptive by analyzing the average answer of students from the given instrument. Instruments in this study form a written test of mathematical understanding ability with 5 pieces of problems and 2 indicators of mathematical understanding ability. The results of this study indicate that students' mathematical reasoning problems if averaged from the overall reach of 60 indicates that students have a medium or good mathematical understanding ability.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemahaman matematis siswa, khususnya dalam memahami materi segitiga dan segiempat berkaitan dengan kemampuan pemahamanya. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII sebanyak 20 orang. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menganalis jawaban rata-rata siswa dari instrumen yang diberikan. Instrumen dalam penelitian ini berbentuk tes tertulis kemampuan pemahaman matematis dengan 5 buah soal dan 2 indikator kemampuan pemahaman matematis. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa soal-soal pemahaman matematis siswa jika dirata-ratakan dari keseluruhan mencapai 60 menandakan bahwa siswa memiliki kemampuan pemahaman matematik sedang atau sudah baik.
Kata kunci: Pemahaman matematis, segitiga dan segiempat
References
Maya, R (2011). “Pengaruh Pembelajaran dengan Metode Moore Termodifikasi terhadap Pencapaian Kemampuan Pemahaman dan Pembuktian Matematik Mahasiswa”. Disertasi. Pascasarjana Universitas Pendidikan UPI Bandung.
Moleong, Lexy J. (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja. Rosdakarya.
Nurhayati, Y. (2010). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievemet Division (STAD). Skripsi STKIP. Garut: Tidak diterbitkan.
Permendiknas. 2006. UU No 22 tahun 2006 Standar Isi Untuk Satuan
Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Suhendar, N. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik Siswa dengan Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving
(TAPPS). Skripsi UIN. Jakarta: Tidak diterbitkan
Toha, M.A. (2011). Metode Penelitian. Jakarta:Universitas Terbuka
Trianto. (2008). Mendesain Pembelajaran Konstektual. Jakarta:CerdasPustaka Publisher
Utomo, S.J. (2016). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis SMPN 3 Kalibagor berdasarkan Emotional Quotient (EQ). Skripsi Universitas Muhammadiyah Purwokerto. [Online]. Tersedia:http://www.PDFrepository.ump.ac.id
pdf downloads: 3394