PENGEMBANGAN SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA SMP MATERI KOMBINATORIKA DAN PELUANG TERINTEGRASI KEBUDAYAAN LOKAL KUDUS

  • Hanik Setyawati IAIN Kudus
  • Putri Nur Malasari IAIN Kudus
Keywords: Kebudayaan Lokal, Kombinatorika dan Peluang, Soal Olimpiade Matematika

Abstract

Soal olimpiade matematika merupakan jenis soal dalam ranah Higher Order Thinking Skill (HOTS). Di era sekarang peserta didik bukan hanya difokuskan untuk mampu berpikir kritis, tetapi juga harus mempunyai kemampuan literasi yang baik. Kemampuan literasi terkait budaya sekitar sangat diperlukan agar peserta didik dapat mengenal dan melestarikan budaya tersebut. Oleh karena itu, penelitian ini ditujukan untuk; (1) Menghasilkan soal olimpiade matematika jenjang SMP sederajat materi kombinatorika dan peluang terintegrasi kebudayaan lokal Kudus yang valid untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik; (2) Menganalisis kesalahan umum peserta didik dalam menyelesaikan soal yang dikembangkan peneliti. Penelitian ini memakai metode pengembangan dengan model formative research yang meliputi empat tahapan, yakni tahap preliminary, self-evaluation, prototyping, dan field test. Subjek uji coba pada penelitian ini ialah 38 peserta didik SMP 1 Kudus kelas IX, dengan teknik pengumpulan datanya berupa tes tertulis serta wawancara. Hasil penelitian menunjukkan adanya respon yang baik terhadap soal yang dikembangkan peneliti, akan tetapi masih terdapat beberapa kesalahan umum peserta didik dalam menyelesaikan soal tersebut. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh simpulan bahwa: (1) Diperoleh 4 butir soal olimpiade matematika yang dinyatakan valid, dimana nilai V Aiken secara keseluruhan sama dengan 0,8; (2) Kesalahan umum peserta didik saat menyelesaikan soal yang dikembangkan peneliti meliputi kesalahan dalam memahami maksud dari soal, kesalahan dalam memahami rumus, dan kesalahan konsep.


Abstract
The math olympiad question is one of the questions in the HOTS domain. In this era, students are not only focused on being able to think critically, but are also required to have good literacy skills. Literacy skills related to surrounding culture are needed so that students can recognize and preserve the culture. Therefore, the existence of this research is intended to; (1) Produce mathematics olympiad questions at the junior high school level equivalent to combinatorics and opportunities integrated with Kudus local culture that are valid to measure the level of understanding of students; (2) Analyzing students' common errors in solving researcher-developed questions. This study uses a development research method with a formative research model consisting of four stages, namely the preliminary, self-evaluation, prototyping, and field test. The test subjects in this study were 38 ninth grade students at SMP 1 Kudus, with data collection techniques in the form of written tests and interviews. The results showed a good response to the problem developed by the researcher, but there were still some common mistakes of students in solving the problem. Based on these results it can be concluded that: (1) There are 4 items of math olympiad questions that are declared valid, where the overall value of V Aiken is equal to 0.8; (2) Common errors of students when solving problems developed by researchers include errors in understanding the meaning of the problem, errors in understanding formulas, and concept errors.

References

Angriani, A. D., & Batari, T. (2018). Development Test Instrument for Measuring. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(1), 1–12.

Hendryadi. (2017). Validitas Isi: Tahap Awal Pengembangan Kuesioner. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 2(2), 169–178.

Herizal, H. (2021). Penguatan Konsep Kombinatorika Siswa SMAN 1 Muara Batu Kabupaten Aceh Utara dalam Menghadapi KSN-K Bidang Matematika 2021. Jurnal Pengabdian UNDIKMA, 2(2), 174–181. https://doi.org/10.33394/jpu.v2i2.4207

Hidayah, I., Isnarto, Masrukan, Asikin, M., & Margunani. (2020). Quality Management of Mathematics Manipulative Products to Support Students’ Higher Order Thinking Skills. International Journal of Instruction, 14(1), 537–554. https://doi.org/10.29333/IJI.2021.14132A

Iskandar, M. F., Dewi, D. A., & Hayat, R. S. (2024). Pentingnya Literasi Budaya dalam Pendidikan Anak SD: Sebuah Kajian Literatur. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 785–794. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.723

Juniati, I. (2016). Penerapan Teori Kombinatorial Dan Peluang Diskrit Dalam Permainan Poker. 1–8.

Kamid, K., Saputri, R., & Hariyadi, B. (2021). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills Berbasis Budaya Jambi. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1793–1806. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.678

Kemendikbud. (2022). Silabus OSN SMP Tahun 2022. 1–36.

Kusumawardani, D. R., Wardono, & Kartono. (2018). Pentingnya Penalaran Matematika dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 588–595.

Makur, A. P., & Ningsi, G. P. (2017). Efektifitas Pelaksanaan Kelas Persiapan Olimpiade Matematika Mahasiswa STKIP Santu Paulus Ruteng. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 97–104. http://seminar.uny.ac.id/semnasmatematika/sites/seminar.uny.ac.id.semnasmatematika/files/full/M-16.pdf

Mone, F., & Simarmata, J. E. (2023). Eksplorasi Transformasi Geometri Pada Motif Tenunan di Kecamatan Mollo Selatan Berbantuan Geogebra. Numeracy, 10(1), 21–32. https://doi.org/10.46244/numeracy.v10i1.1904

Novaliah, & Kartowagiran, B. (2018). The Content Validity of Instrument of Character Education in Chemistry Learning. 63-69.

Nuryenisa, N., Karim, K., & Rahmita, N. (2022). Pengembangan Soal Matematika Model Pisa Level 4 Berbasis Etnomatematika Budaya Banjar Untuk Mendukung Pembelajaran Matematika SMP. Jurmadikta, 2(2), 61–72. https://doi.org/10.20527/jurmadikta.v2i2.1376

Retnawati, H. (2016). Validitas Reabilitas dan Karakteristik Butir (1st ed.). Parama Publishing.

Ridwan, R., Zulkardi, Z., & Darmawijoyo, D. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Aritmetika Sosial Berbasis Problem Based Learning di Kelas VII SMP. Jurnal Elemen, 2(2), 92–115. https://doi.org/10.29408/jel.v2i2.180

Rosyid, M. (2019). Mempertahankan Tradisi: Studi Budaya Di Kampung Kauman Menara Kudus. Patanjala : Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya, 11(2), 297–312. https://doi.org/10.30959/patanjala.v11i2.516

Samuel, J. (2019). Teori Peluang Dan Kombinatorik Peluang Suatu Kejadian Dan Kompelemen. Universitas Kristen Indonesia, 1–53.

Santiago, P. V. D. S., & Alves, F. R. V. (2022). Math for Olympiad: A Didactic Proposal for High School from The Perspective of The International Mathematical Olympiad. Journal of Advanced Sciences and Mathematics Education, 2(2), 97–108. https://doi.org/10.58524/jasme.v2i2.135

Selviana, V., As’ari, A. R., & Muksar, M. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK dalam Menyelesaikan Masalah Kombinatorika dan Peluang. In Seminar PPG-3T UM, January 2016, 529–535.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tohir, M. (2016). Modul Pembinaan Olimpiade Guru MGMP Matematika SMP Kabupaten Madiun Tahun 2016. Diselenggarakan Oleh MGMP Matematika SMP Kabupaten Madiun Tahun 2016, 1, 1–43.

Wulandari, S., Hajidin, H., & Duskri, M. (2020). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Aljabar di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Didaktik Matematika, 7(2), 200–220. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i2.17774

Article Metrics
Abstract views: 65
PDF downloads: 34
Published
2024-10-30
How to Cite
Setyawati, H., & Malasari, P. N. (2024). PENGEMBANGAN SOAL OLIMPIADE MATEMATIKA SMP MATERI KOMBINATORIKA DAN PELUANG TERINTEGRASI KEBUDAYAAN LOKAL KUDUS. Numeracy, 11(2), 119-217. https://doi.org/10.46244/numeracy.v11i2.2911
Section
Articles