KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMP PADA MATERI LINGKARAN BERBENTUK SOAL KONTEKSTUAL DITINJAU DARI GENDER

  • Rinny Anggraeni IKIP Siliwangi
  • Indri Herdiman IKIP Siliwangi
Keywords: Mathematical problem solving ability, circle, contextual problem, gender

Abstract

This research includes descriptive qualitative research that aims to analyze or know the problem solving ability of mathematics of female and male students on matter contextual circle material in junior high school. From the results of this study obtained that the problem solving ability of mathematics subject of woman better than subject of man. This is reflected in the results of the average scores on average of each indicator indicating that the subject of women has a higher average than the male subject. It is influenced by the management of women subject time is better than the subject of men, where in completing the subject of women tend to go through the first step solving or problems that are considered difficult to further do the other first. However, for other things there is no significant difference between the subject of women and men in solving the problem of mathematical problems in the form of contextual matter of circle material proposed.

 

Abstrak

Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis atau mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematik siswa perempuan dan laki-laki pada soal kontekstual materi lingkaran di jenjang SMP. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa kemampuan pemecahan masalah matematik subjek perempuan lebih baik dibandingkan subjek laki-laki. Hal ini tercermin dari hasil perolehan rata-rata skor benar setiap indikator yang menunjukkan bahwa subjek perempuan memiliki rata-rata lebih tinggi dibanding subjek laki-laki. Hal tersebut dipengaruhi oleh manajemen waktu subjek perempuan yang lebih baik dibandingkan subjek laki-laki, dimana dalam melakukan penyelesaian subjek perempuan cenderung melewati terlebih dahulu langkah penyelesaian atau soal yang dianggap sulit untuk selanjutnya mengerjakan terlebih dahulu soal lainnya. Akan tetapi, untuk hal lainnya tidak terdapat perbedaan yang mendasar antara subjek perempuan dan laki-laki dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah matematik berbentuk soal kontekstual materi lingkaran yang diajukan.

 Kata kunci: Kemampuan pemecahan masalah matematik,  lingkaran, soal kontekstual, gender

References

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., dan Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Hendriana, H. dan Sumarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Herdiman, I. (2017). Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Penalaran Matematik Siswa SMP. JES-MAT (Jurnal Edukasi dan Sains Matematika). 3(2). 195-204.

Jamiah, R. (2016). Analisis Perbedaan Pemecahan Masalah Matematika Antara Laki-laki dan Perempuan di Kelas XI SMA S Al Manar Medan. Artikel Universitas Negeri Medan (UNIMED): Tidak diterbitkan.

Mawaddah, S. dan Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT (Jurnal Pendidikan Matematika). 3(2). 166-175.

Romadoni, A. N. & Rudhito, M. A. (2016). Strategi Siswa dalam Mengerjakan Soal Kontekstual dengan Pendekatan Matematika Realistik Topik Persamaan Linear Satu Variabel. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif. 7(1). 82-90.

Sugiyanti, S. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung Berbentuk Soal Cerita Ditinjau dari Gender. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri: Tidak diterbitkan.

Sumarmo, U. (2016). Pedoman Pemberian Skor Pada Beragam Tes Kemampuan Matematik. Kelengkapan Bahan Ajar Mata Kuliah Evaluasi Pembelajaran Matematika pada Program Magister Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi: Tidak diterbitkan.

Windratie. (2014). Alasan Perempuan Lebih Multitasking dari Laki-laki. [Online]. Tersedia: m.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20141222115452-255-19704/alasan-perempuan-lebih-multitasking-dari-laki-laki. (Diakses 12 Maret 2018).

Zulkardi dan Ilma (2006). Mendesain Sendiri Soal Kontekstual Matematika. Prosiding KNM13. Semarang.
Article Metrics
Abstract views: 2468
pdf downloads: 2974
Published
2018-04-30
How to Cite
Rinny Anggraeni, & Indri Herdiman. (2018). KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA SMP PADA MATERI LINGKARAN BERBENTUK SOAL KONTEKSTUAL DITINJAU DARI GENDER. Numeracy, 5(1), 19-28. https://doi.org/10.46244/numeracy.v5i1.293
Section
Articles