ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI TIPE OPEN-ENDED DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

  • Rudi Restanto Universitas Kristen Satya Wacana
  • Helti Lygia Mampouw Universitas Kristen Satya Wacana
Keywords: Berpikir kreatif, geometri, gaya belajar

Abstract

Abstrak

Kemampuan berpikir kreatif siswa perlu dikembangkan melalui pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan berpikir kreatif mahasiswa pendidikan matematika FKIP-UKSW ditinjau dari gaya belajarnya.  Subjek terdiri dari 4 mahasiswa masing-masing satu dari gaya belajar visual, aural, read&write dan kinestetik. Instrumen Gaya belajar diadaptasi dari  angket VARK. Pengumpulan data menggunakan soal tes, pedoman wawancara dan dokumentasi. Soal tes berbentuk open-ended pada materi geometri jarak dalam ruang dimensi tiga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek dengan gaya belajar Visual, aural dan read&write tergolong  sangat kreatif dan Subjek dengan gaya belajar kinestetik tergolong kurang kreatif. Perbedaan gaya belajar dapat digunakan dalam memetakan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa.

 

Abstract
The students’ creative thinking ability needs to be developed through the learning of mathematics. This study aims to describe the level of creative thinking skills of students of mathematics education FKIP-UKSW in terms of learning styles. The subjects consist of 4 students each one from visual learning style, aural, read & write and kinesthetic. Learning style instruments adapted from the VARK questionnaire. Data collection uses test questions, interview guides and documentation. The test questions are designed to be open-ended on the distance material in three-dimensional space. The results showed that subjects with visual learning styles, aural and read & write were very creative and subjects with kinesthetic learning styles were less creative. Differences in learning styles can be used to map students' creative thinking ability.

Keywords: creative thinking, geometry, learning style

References

Bobbi, D., & Hernachi, M. 2013. Quantum learning: membiasakan belajar nyaman dan menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Irawan, D. 2015. Analilis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Kemandirian Melalui Pembelajaran Model 4K Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG).

Foong, Pui Yee. 2009. Using Short Open Ended Mathematics Question To Promote Thinking And Understanding.

Megalia, S. (2010). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Assurance, Relevance, Interest, Asessment, Satisfication (ARIAS) dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Skripsi FPMIPA UPI. Bandung: Tidak Diterbitkan.

Mulyana, T. 2005. Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMA Jurusan IPA melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Induktif-Deduktif. Makalah. Disampaikan pada Seminar Nasional. Bandung.

Munandar, U. 2009. Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.

Neils, Fleming. 2012. Teaching and Learning Style: VARK strategies (article). Missouri . USA.

Permendiknas, R. I. (2006). No 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi untuk Satiuan Pendidikan Dasar dan Menengah”. Jakarta: Depdiknas.

Pohkonen, E. 1997. The State-of-Art in Mathematical Creativity. ZDM, 29(3).

Putri, V. S. R., & Wijayanti, P. (2013). Identifikasi Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Segi Empat di Kelas VIII SMP. Jurnal unesa, 2(2).

Silver, Edward A. (1997). “Fostering Creativity through Instruction Rich in MathematicalProblem Solving and Thinking in Problem Posing”.

Siswono, T . E. Y. 2007. Konstruksi Teoritik Tentang Tingkat Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika. Jurnal Pendidikan, Forum Pendidikan dan IlmuPengetahuan, 2(4).

Siswono, T. E. Y. 2011. Level of student’s creative thingking in ClasroomMathematics. Educational Research and Reviews 6(7): 548-553

Yee, F. P. (2002). Review of research on Mathematical Problem Solving in Singapura. In Yoong, K. W., Yee, L. P., & Kaur, B., et al. Mathematics Education vol. 2. New Jerseu: World Scientific Publising Co. Pte. Ltd.
Article Metrics
Abstract views: 758
pdf downloads: 1324
Published
2018-04-30
How to Cite
Rudi Restanto, & Helti Lygia Mampouw. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL GEOMETRI TIPE OPEN-ENDED DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Numeracy, 5(1), 29-40. https://doi.org/10.46244/numeracy.v5i1.301
Section
Articles