ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIK DAN MATHEMATICAL HABITS OF MIND SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR

  • Ratni Purwasih IKIP Siliwangi
  • Novi Rahma Sari IKIP Siliwangi
  • Sopia Agustina IKIP Siliwangi
Keywords: Mathematical literacy ability, and mathematical habits of mind

Abstract

The ability of students' mathematical literacy in Indonesia according to the PISA study is still relatively low compared to other countries and can only complete 2 levels of 6 levels of mathematical literacy. In addition to the mathematical literacy skills that need to be improved, the affective aspects of the students also need to be improved as the objectives of the 2013 curriculum are character education. Therefore, the researcher wanted to do research which aims to describe the ability of mathematics literacy at level 3 and 4 (middle scale) and mathematical habits of mind of junior high school students. This research takes place in SMP Negeri 47 Bandung and the subject of research is class IX-C consisting of 33 students. The research method used is descriptive qualitative method. The instruments used are test and non test instruments in the form of questionnaires. The results of this research are 1) The ability of mathematics literacy level 3 junior high school students are moderate, while at level 4 is low, 2) Mathematical Habits of Mind junior high school students are strong.

 

Abstrak

Kemampuan literasi matematik siswa di Indonesia menurut studi PISA masih tergolong rendah dibandingkan dengan negara-negara lainnya dan hanya dapat menyelesaikan 2 level dari 6 level literasi matematika. Selain kemampuan literasi matematik yang perlu ditingkatkan, aspek afektif siswa juga perlu ditingkatkan sebagaimana tujuan kurikulum 2013 yaitu pendidikan berkarakter. Oleh karena itu, peneliti ingin melakukan penelitian yang bertujuan untuk mendeksripsikan kemampuan literasi matematik pada level 3 dan 4 (skala menengah) dan mathematical habits of mind siswa SMP. Penelitian ini mengambil lokasi di SMP Negeri 47 Bandung dan subjek penelitian adalah kelas IX-C yang terdiri dari 33 siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Instumen yang digunakan yaitu instrumen tes dan non tes berupa angket. Hasil penelitian ini adalah 1)  Kemampuan literasi matematik level 3 siswa SMP tergolong sedang, sedangkan pada level 4 tergolong rendah, 2) Mathematical Habits of Mind siswa SMP tergolong kuat.

 Kata kunci: Kemampuan literasi matematik, dan mathematical habits of mind

References

Fathani, A. H. (2016). Pengembangan Literasi Matematika Sekolah dalam Perspektif Multiple Intelligences.Jurnal EduSains, 4(2), 136-150.

Hasanah, O. U. (2015). Peningkatan Kemampuan Literasi dan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Pembelajaran Model Eliciting Activities (MEAS).skripsi. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Yogyakarta.Tidak diterbitkan.

Hendriana, H., Rohaeti Euis, E., dan Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT. Refika Aditama.

Ibrahim. (2015). Deskripsi implementasi kurikulum 2013 dalam proses pembelajaran matematika di SMA Negeri 3 maros kabupaten maros. Jurnal daya matematis, 3(3), 370-378.

Ismail. (2017). The Influence Of Learning Approach Toward Learning Outcomes In Mathematics Based On Prior Ability And Self Confidence Of Grade Viii Students At Smpn 6 Moncongloe In Maros District. Jurnal Daya Matematis, 5(2), 91-104.

Jufri, L. H. (2015). Penerapan Double Loop Problem Solving Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematis Level 3 pada Siswa Kelas VIII SMPN 27 Bandung. Lemma. 2(1). 52-62.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2013. Kurikulum 2103. Badan Standar Nasional Pendidikan ;Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Kusumah, Y. S. (2011). Literasi Matematis. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan MIPA, 1-11. Bandar Lampung: Universitas Lampung. Press.

Moleong, L. J. (2011) . Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

OECD. (2015). PISA 2015: Draft Mathematics Framework. Paris: OECD Publishing.

Riduwan. (2007) . Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

Rohaeti, E.E. (2012). Analisis Pembelajaran Konsep Esensial Matematika Sekolah Menengah Melalui Pendekatan Kontekstual Socrates. Jurnal Infinity, 186-191.

Sari, I,P.,Purwasih, R., & Nurjaman, A. (2017). Analisis hambatan belajar mahasiswa pada mata kuliah program linear. JIPM(Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(1). 39-46.

Widodo, S. A., Sunardi, L. Nurcholis D. S. (2015). Identifikasi Kemampuan Literasi Matematika Siswa Kelas XIA-4 SMA Negeri 1 Ambulu. Artikel Ilmiah Mahasiswa 2015,1(1),1-5.
Article Metrics
Abstract views: 1971
pdf downloads: 3391
Published
2018-04-30
How to Cite
Ratni Purwasih, Novi Rahma Sari, & Sopia Agustina. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIK DAN MATHEMATICAL HABITS OF MIND SISWA SMP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Numeracy, 5(1), 67-76. https://doi.org/10.46244/numeracy.v5i1.318
Section
Articles