TEORITIK TENTANG BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM PENGAJUAN MASALAH MATEMATIS

  • Anwar Universitas Samudra
  • Sofiyan Universitas Samudra
Keywords: Reflective thinking, mathematical problem, problem possing

Abstract

One of the higher order thinking skills is reflective thinking. The ability to think was needed in the learning of mathematics, so that students are able to understand the mathematical concepts of them learn and be able to use these concepts correctly, one of which is when students have to find solutions from various problems of mathematics. In addition, one of the other potentials that students have to study  and develop is the ability of problem prossing, because the ability of problem possing not only train students reasoning, but also positively affect the students ability in propossing and solving of mathematical problems.

 

Abstrak

Salah satu kemampuan berpikir tingkat tinggi adalah berpikir reflektif. Kemampuan berpikir sangat dibutuhkan dalam pembelajaran matematika, agar siswa mampu memahami konsep-konsep matematika yang mereka pelajari serta mampu menggunakan konsep-konsep tersebut dengan tepat, salah satunya adalah ketika siswa harus mencari solusi dari berbagai permasalahan matematika. Selain itu, salah satu potensi lain yang dimiliki siswa  perlu dikaji dan dikembangkan adalah kemampuan pengajuan masalah, karena kemampuan pengajuan masalah tidak hanya melatih penalaran siswa tetapi juga berpengaruh positif terhadap kemampuan siswa  dalam mengajukan dan memecahkan masalah matematis.

Kata kunci: Berpikir reflektif, masalah matematis, pengajuan massalah

References

Anwar, M. Zaki (2017). Penerapan Pendekatan Problem Possing dalam Upaya meningkatkan Self Confidance Calon Guru matematika Universitas Samudra. Banda Aceh: Numeracy.

Ardana, I Made. 2007. Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berwawasan Konstruktivis Yang Berorientasi Pada Gaya Kognitif Dan Budaya Siswa. Surabaya. Disertasi PPS Unesa.

Dewey, J. (1933). How We Think; A Restatement of the Relation of Reflective Thinking to Education process. Lexington, MA: Heath.

Ghufron, R. (2011). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Jiuan, T. (2007). Amalan Peikiran Reflektif dalam Kalangan guru Matematis Sekolah Menengah. tesis pada Universitas Putra Malaysia. Retrieved from http:/psasir.ump.edu.my/4824/1/FPP_20-7.pdf

King, P. (1994). Developing Reflective Judgment. Jossey-Bass.

Krulik, d. (2003). Teaching Mathematics is Middle Scholl A Practical Guide. Boston: Pearson Education. Inc.

Meizum, D. (2008). Proses berpikir siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif Field Dependent dan Filed Independent. Surabaya: PPs UNESA.

Meltzer, D. (2002). The Relationship between mathematics preparation and conception learning gain ini physycs: a possible "hidden variabel"in diagnostics pretes scores. Retrieved from http://coe.sdsu.edu/EDTEC640/POPsamples/mmeyer/mmeyer.htm.

Nindiasari, H. d. (2014). Pendekatan Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Reflektif Matematis Siswa SMA. Edusentris, jurnal ilmu pendidikan dan pengajaran, 80-90.

Nour, M. (n.d.). Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah.

Silver, E. (1996). Possing Matematical problems; An Exsploratory Problem. NCTM.

Siswono, Tatag Y.E. 2002. Pengajuan Soal dalam pembelajaran matematika disekolah (implementasi dari hasil penelitian).Makalah Seminar Nasional Pengajaran Matematika di Sekolah Menengah, UM Malang, 25 Maret 2000

Siswono, Tatag Y.E. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajaran dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Surabaya: Unesa Press.

Sumarmo. (2005). Pengembangan berpikir Matematika Tingkat Tinggi Siswa SLTP dan SMU serta Mahasiswa Strata Satu melalui berbagai Pendekatan pembelajaran. Bandung: laporan HIbah bersaing Pascasarjana UPI.

Sumarmo. (2015). Mathematical Problem possing: Rasional, Pengertian, pembelajaran dan pengukurannya. Bandung: STKIP Siliwangi Bandung.

Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: Reflika Aditama.

Polya, G. 1973. How to Solve It. Second Edition. Princeton University Press. Princeton, New Jersey.

Tan, C. (2014). Reflective Thinking for Inteligence Analisys Using a case study. Taylor and Francis Group, 218-231.

Witkin, H., & Goodenough, D. 1981. Cognitive styles: Essence and origins. New York: International Universities Press.

Witkin, H.,& Moore, C. 1978. Cognitive style and the teaching-learning process. Paper Presented at the annual meeting the American Education Research Association, Chicago

Woolf, P. (2008). Intelligent Tutoring Systems. 9th International Conference. Motreal; Canada: ITS.
Article Metrics
Abstract views: 158
pdf downloads: 4900
Published
2018-04-30
How to Cite
Anwar, & Sofiyan. (2018). TEORITIK TENTANG BERPIKIR REFLEKTIF SISWA DALAM PENGAJUAN MASALAH MATEMATIS. Numeracy, 5(1), 91-101. https://doi.org/10.46244/numeracy.v5i1.330
Section
Articles