ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKANSOAL OPEN-ENDED PADA MATERI BANGUN DATAR SEGI EMPAT
Abstract
Problem-solving in mathematics aids students to develop creative thinking ability, one of them was giving a problem with open-ended type. It can tackle the problems in line with their abilities and provide opportunities to select methods that support them to think creatively. Type of research was qualitative descriptive with the purpose to determine the level of creative thinking ability (TKBK) of the eighth-grade students of SMP Negeri 9 Salatiga in solving open-ended questions of quadrilateral. The subjects consist of three students with high, medium and low mathematics abilities. The selection of the subject is based on the value of the test and recommendations of the teacher. The research was done through the test, interviews, and documentation. The test questions were open-ended quadrilateral material by observing 3 indicators of creative thinking such as fluency, flexibility, and novelty in order to measure creative thinking ability. The results showed that high mathematical abilities at TKBK 4 (very creative) able to demonstrate fluency, flexibility, and novelty. The subjects that able to show indicators of fluency were in TKBK 1 (less creative), low mathematical abilities were at TKBK 3 (creative), subjects were able to demonstrate fluency and flexibility in answering questions.
Abstrak
Pemecahan masalah matematika membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif, salah satunya dengan memberikan soal dengan tipe masalah terbuka atau open-ended.Melalui masalah terbukasiswa dapat menyelesaikan dengan cara yang lebih sesuai dengan kemampuan mereka dan memberi kesempatan untuk memilih metode untuk memunculkan kemampuan dan dapat menunjang kemampuan berpikir kreatif.Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptifdengan tujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan berpikir kreatif (TKBK) siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Salatiga dalam menyelesaikan soal open-ended materi bangun datar segi empat. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari tiga siswa berkemampuan matematika tinggi,sedang dan rendah. Pemilihan subjek berdasarkan nilai tes dan rekomendadi guru mata pelajaran matematika. Penelitian dilakukan dengan cara tes, wawancara dan dokumentasi. Soal tes berbentuk open-ended pada materi bangun datar segi empat dengan memperhatikan 3 indikator berpikir kreatif yaitu kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif. Berdasarkan hasil analisis data, penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif siswa berbeda-beda.Subjek berkemampuan matematika tinggi berada pada TKBK 4 (sangat kreatif), subjek mampu menunjukkan kefasihan, fleksibilitas dan kebaruan dalam menjawab soal.Subjek berkemampuan matematika sedang berada pada TKBK 1 (kurang kreatif), subjek hanya mampu menunjukkan indikator kefasihan.Subjek berkemampuan matematika rendah berada pada TKBK 3 (kreatif), subjek mampu menunjukkan kefasihan dan fleksibilitas dalam menjawab soal.
Kata kunci: Kemampuan berpikir kreatif, open-ended, segiempat
References
Kemendikbub. 2013. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. BPSDMPK dan PMP: Jakarta.
Mawaddah, Anisah S., Hana. 2015.Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. Jurnal Edu-Mat.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, E, dkk.2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kotemporer. Bandung. Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI.
Siswono, TYE. 2007. Desain Tugas untuk Mengidentifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika. Tersedia: https://tatagyes.files.wordpress.com/2007/10/ tatag_jurnal_unej.pdf. Diunduh 6 Januari 2018 pukul 13.50.
Siswono, TYE. 2008. Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan Masalah dan Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Malang: University Press.
Yee, Foong Pui. 1990. Using Short Open Ended Mathematics Question to Promote Thinking and Understanding. Tersedia:http://math.unipa.it/~grim/SiFoong.pdf.Diunduh tanggal 6 Maret 2018 pukul 08.39.
pdf downloads: 864