KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA

  • Ary Kiswanto Kenedi Universitas Negeri Padang
  • Sheryane Hendri Universitas Negeri Padang
  • Hasmai Bungsu Ladiva Universitas Negeri Padang
  • Nelliarti SDN 26 Singkarak
Keywords: Mathematical connections, math problems, elementary school

Abstract

This research was motivated by the absence of data regarding the ability of mathematical connections for elementary school students. This study aims to analyse the mathematical connection ability of elementary school students in solving mathematical problems. This research is descriptive qualitative research. Data collection techniques use observation, tests and interviews. The research steps are designing research, determining location, preparing research instruments, validating and revising tools, testing, analysing data, summarising, and presenting research data. The results showed that the weak mathematical connection ability of elementary school students in solving mathematical problems.

 

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tidak adanya data mengenai kemampuan koneksi matematika untuk siswa sekolah dasar. Peneltian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan koneksi matematis siswa sekolah dasar  dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskrptif.Teknik pengumpulan Data menggunakan observasi, tes dan wawancara. Adapun langkah penelitian yaitu mendesain penelitian, penentuan lokasi, mempersiapakan instrumen penelitian, validasi dan revisi instrumen,uji coba,analisis data, melakukan penyimpulan, dan menyajikan data hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa lemahnya kemampuan koneksi matematis siswa sekolah dasar dalam memecahkan masalah matematika.

Kata kunci: Koneksi matematis, masalah matematika, sekolah dasar

References

Dimyati dan Mujiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ilma, Naufal. 2015. Peran Pendidikan Sebagai Modal Utama Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. ISSN 2338-6673 E ISSN 2442-8280 Volume 3 Nomor 1 Februari 2015, h.83.

Kusmanto, Hadi and Lis Marliyana. 2014. Pengaruh Pemahaman Matematika Terhadap Kemampuan Koneksi Matematika Siswa Kelas VII Semester Genap SMP Negeri 2 Kasokandel Kabupaten Majalengka. Jurnal EduMa, Vol. 3 (2), h. 62.

Linto, dkk. 2012. Kemampuan Koneksi Matematis Dan Metode Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Peta Pikiran. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1 No. 1 (2012), h.83.

Machali, Imam. 2014. Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, Volume III, Nomor 1, Juni 2014/1435, h. 72.

Mandur, Kanisius et.al. 2013. Kontribusi Kemampuan Koneksi, Kemampuan Representasi, dan Disposisi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Swasta di Kabupaten Manggarai. Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 2 (1), pp. 1.

NCTM, Executive Summary: Principles and Satndars for School Mathematics, 2016, di download padahttp://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_ExecutiveSummary.pdf taanggal 20 Januari 2018.

Novitasari, Dian. 2016 Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, h.8.

Romli, M. 2016. Profil Koneksi Matematis Siswa Perempuan SMA dengan Kemampuan Matematika Tinggi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Volume 1 Nomor 2, h.145.

Ruspiani. 2000. Ruspiani. (2000). Kemampuan siswa dalam Melakukan Koneksi Matematika. Tesis PPS UPI. Bandung: tidak diterbitkan.

Sholihah, Dyahsih Alin and Ali Mahmudi. 2015. Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika Mts Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, Vol 2(2), h. 175.

Siagan, Muhammad Daut. 2016. Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), ISSN: 2528-4363, h.63.

Sugiarti, Sri. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 3 (3), h. 152.

Sumarmo, Utari. 2010. Berfikir dan Disposisi Matematik: Apa, Mengapa, dan Bagaimana Dikembangkan pada peserta didik, Jurnal online Matematika:FMIPA, h.3.

Tasni, dkk. 2017. Membangun Koneksi Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Verbal. Jurnal Beta. Vol. 10 No. 1 (Mei) 2017, h. 105.
Article Metrics
Abstract views: 5731
pdf downloads: 6393
Published
2018-10-31
How to Cite
Ary Kiswanto Kenedi, Sheryane Hendri, Hasmai Bungsu Ladiva, & Nelliarti. (2018). KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA. Numeracy, 5(2), 226-235. https://doi.org/10.46244/numeracy.v5i2.396
Section
Articles