PERMASALAHAN PENILAIAN PADA MATERI GEOMETRI

  • Herawati Universitas Islam Negeri Ar-Raniry
Keywords: permasalahan penilaian dan geometr

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman guru mengenai penilaian berdasarkan kurikulum 2013, proses penilaian berdasarkan kurikulum 2013 pada materi geometri, kendala yang dihadapi guru dalam pelaksanaan penilaian dan solusinya, dan langkah-langkah penyusunan alat penilaian pembelajaran geometri yang dilakukan guru MTsN 4 Pidie Beureunuen. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi.Kemuadian data dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif.Penelitian ini menunjukkan bahwapemahaman guru terhadap penilaian berdasarkan kurikulum 2013 sudah baik dengan adanya pelatihan-pelatihan.Peroses penilaian yang dilakukan guru MTsN 4 Pidie sudah mencakup ketiga aspek penilaian yaitu pengetahuan, sikap dan keterampilan. Sedangkan kendala yang dihadapi guru adalah padatnya materi dan tingkat pemahaman siswa terhadap materi sebelumnya kurang, sehingga materi geometri tidak maksimal diajarkan yang mengakibatkan  semua indikator tidak termuat dalam penilaian pada materi tersebut. Untuk langkah-langkah penyusunan instrument sudah dilakukan sesuai dengan kurikulum 2013 yaitu dengan memilih teknik penilaian yang sesuai dengan karakteristik kompetensi dasar, indikator, atau tujuan pembelajaran yang dinilai.

 

Abstract

The purpose of this study was to determine the teacher's understanding of assessment based on the 2013 curriculum, the assessment process based on the 2013 curriculum on geometry material, the obstacles faced by the teacher in the implementation of the assessment and the solution, and the steps in the preparation of a geometry learning assessment tool by MTsN 4 teacher Pidie Beureunuen. The type of this research is qualitative research, using interview and documentation data collection techniques. Then the data were analyzed using qualitative descriptive methods. This study shows that the teacher's understanding of assessment based on the 2013 curriculum is good with trainings. Assessment process carried out by MTsN 4 Pidie teachers covers all three aspects of assessment, namely knowledge, attitudes and skills. Whereas the constraints faced by the teacher are the density of material and the level of students' understanding of the material previously lacking, so that the geometry material is not maximally taught which results in all indicators not contained in the assessment of the material. For the steps the preparation of the instrument has been carried out in accordance with the 2013 curriculum by selecting assessment techniques that are appropriate to the characteristics of basic competencies, indicators, or learning objectives that are assessed.

Keywords: assessment problems and geometry

References

Abdul Majid. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Depdikbud. (2013). Permendikbud No.65 tentang standar proses. Jakarta: Pusat Kurikulum Depdiknas.

Depdikbud. (2013). Permendikbud No.66 tentang standar penilaian. Jakarta: Pusat Kurikulum Depdiknas.

Miles dan Huberman,. (1992). Analisis Data Kualitatif, alih bahasa oleh Tjetjep Rohendi Rohindi, Jakarta: UI Press.

Nana Sudjana.(2005) Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ruslan, dkk. Kendala Guru dalam Menerapkan Penilaian Autentik di SD Kabupaten Pidie, jurnal Ilmiah Mahasiswa PGSD Unsyiah, Vol. 1 No. 1 Agustus 2016.

Sri Wardhani. (2010). Penilaian Hasil Belajar Matematika Mengacu Standar Penlaian di SMP/MTs. Yogyakarta: PPPPTK.

Sugiono. (2013).Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabeta.

Tim Direktorat Pembinaan SMP. (2017).Panduan Penilaian oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemendikbud.

Uyu Wahyudin, dkk., (2006). Evaluasi embelajaran SD. Bandung: UPI Press.
Article Metrics
Abstract views: 123
pdf downloads: 436
Published
2018-10-31
How to Cite
Herawati. (2018). PERMASALAHAN PENILAIAN PADA MATERI GEOMETRI . Numeracy, 5(2), 249-256. https://doi.org/10.46244/numeracy.v5i2.398
Section
Articles