ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 8 BANDA ACEH DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN SEGIEMPAT BERDASARKAN KRITERIA POLYA
Abstract
The purpose of this research is to know the types of errors made by students in solving the question on the subject of quadrilateral with the stages of polya, knowing the cause of the students doing the mistake, and know the great percentage of students who made the mistake in resolving the problem in the subject matter covered. This type of research is qualitative research while research approaches used are case studies.Judging from the overall error was committed by the students include all types of errors, namely the concept of error, error, error data usage language interpretation, and mistakes the withdrawal of the conclusion. the concept of error, the error committed by the students is of 39% with the cause of the error in the form of student wrong in the use of the formula and the low level of understanding of students against the concept of a quadrilateral, the types of errors using data, error dialakukan by students is 6% 6% with the cause of the error in the form of the students entered the wrong value into a side-side jajargenjang, the type of language interpretation mistakes, mistakes that dialakukan by the students is 6% with the cause of the error in the form of students interpreted the symbols into the language of mathematics, technical error, error type error that dialakukan by the students is of 26% with the cause of the error in the form of students ' wrong in the calculation, and the type of error in conclusion, withdrawal of the error dialakukan by students was of 23% with the cause of the error in the form of students withdrawing the conclusion without any reason supporters of the right and does not match the logical reasoning.
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal pada pokok bahasan segiempat dengan tahapan polya, mengetahui penyebab siswa melakukan kesalahan tersebut, dan mengetahui besar persentase siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal pada pokok bahasan segiempat. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Dilihat dari keseluruhan kesalahan yang dilakukan oleh siswa mencakup semua jenis kesalahan, yaitu kesalahan konsep, kesalahan penggunaan data, kesalahan interpretasi bahasa, dan kesalahan penarikan kesimpulan. kesalahan konsep, kesalahan yang dilakukan oleh siswa adalah sebesar 39% dengan penyebab kesalahan berupa siswa salah dalam penggunaan rumus dan rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep segiempat, jenis kesalahan menggunakan data, kesalahan yang dialakukan oleh siswa adalah sebesar 6% dengan penyebab kesalahan berupa siswa salah memasukkan nilai kedalam sisi-sisi jajargenjang, jenis kesalahan interpretasi bahasa, kesalahan yang dialakukan oleh siswa adalah sebesar 6% dengan penyebab kesalahan berupa siswa salah menginterpretasikan simbol-simbol kedalam bahasa matematika, jenis kesalahan kesalahan teknis, kesalahan yang dialakukan oleh siswa adalah sebesar 26% dengan penyebab kesalahan berupa siswa salah dalam perhitungan, dan jenis kesalahan penarikan kesimpulan, kesalahan yang dialakukan oleh siswa adalah sebesar 23% dengan penyebab kesalahan berupa siswa melakukan penarikan kesimpulan tanpa adanya alasan pendukung yang benar dan tidak sesuai penalaran yang logis.
Kata kunci: Analisis, kesalahan, segiempat, kriteria Polya
References
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: (Edisi Revisi). Bumi Aksara.
DEPDIKNAS, Pusat Bahasa. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
DEPDIKNAS, Pusat Bahasa. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Dimyati, dan Mudjiono. 2002. Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dwi Siswoyo. 2013. Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Gradini, Ega. 2013. Metodelogi Penelitian. Banda Aceh: NATURAL ACEH.
Hudojo, Herman. 2005. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran Matematika. Malang: UM Press.
Kemendikbud. 2013. Permendikbud No. 8IA Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum, Lampiran IV. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
Komariah, Kokokm. 2011. Teori Pemecahan Masalah Polya Dalam PembelajaranMatematika,http://masbied.files.wordpress.com/2011/05/modul-matematika-teori-belajar-Polya.pdf.
Malik, Noor Qomaruddin. 2011. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Pokok Bahasan Segiempat. Semarang: Skripsi.
Nuriyah, Fajar Elmy. 2015. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pokok Persamaan Dan Fungsi Kuadrat Pada Kelas X MIA SMA Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2014/2015. Yogyakarta: Skripsi.
Peter Salim dan Yeni Salim. 2002. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta: Modern English Press.
Reddy, N. Srihardi dan Nagaraju, M.T.V. 2007. Problem Of Teaching Secondary School Mathematies. Newdelhi: Discovery Publishing House.
Slameto. 2003. Belajardan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya Cetakan ke-4. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2014. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA,CV.
Suherman, Erman. 1990. Petunjuk Praktis Untuk Melaksanakan Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: Wijayakusumah.
Suherman, Erman dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontenporer. Bandung: IMSTEP.
Sukardi. 2011.Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara.
Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Thomson,W.J. 2000. How not to solve it. American scientist, 88 (5) 465-466. Retrieved from https://search.proquest.com/docview/21526257?accountid.
Ulifa, Siti Nur. 2014. Hasil Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matemtika Pada Materi Relasi. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, ISSN: 2337-8166, Vol. 2 No. 1, Maret 2014.
UU No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
pdf downloads: 196