PENERAPAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstract
This research is motivated by the low student learning outcomes in Mathematics. This study aims to improve the learning outcomes of grade IV students at SDN Jayi I through the application of the Realistic Mathematic Education approach. The subject of this study was the fourth-grade students of SDN Jayi I as many as 24 students consisting of 13 female students and 11 male students. Data collection techniques used are tests, observations, interviews, field notes and documentation. This research was conducted in 3 cycles with 3 actions in each cycle. The results of the study show that the application of the Realistic Mathematic Education approach can improve student learning outcomes. This is indicated by an increase in the average value from before giving the action to the third cycle. The average value obtained in the first cycle reached 56.70 with a graduation percentage of 37.5%. In the second cycle the average value obtained increased to 66.33 with a graduation percentage of 62.5%. In the third cycle the average value obtained increased to 71.66 with a graduation percentage of 79.7%. In general, it can be concluded that the application of the Realistic Mathematic Education approach can improve student learning outcomes in Mathematics in the fourth grade of Jayi I Elementary School, Sukahaji District, Majalengka District.
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Jayi I melalui penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Jayi I sebanyak 24 siswa yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus dengan 3 tindakan pada tiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata dari sebelum pemberian tindakan sampai dengan siklus III. Nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I mencapai 56,70 dengan presentase kelulusan 37,5%. Pada siklus II nilai rata-rata yang diperoleh meningkat menjadi 66,33 dengan persentase kelulusan 62,5%. Pada siklus III nilai rata-rata yang diperoleh meningkat menjadi 71,66 dengan persentase kelulusan 79,7%. Secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika di kelas IV SDN Jayi I Kecamatan Sukahaji Kabupaten Majalengka.
Kata Kunci: Hasil Belajar Siswa, Pendekatan Realistic Mathematic Education
References
_____ (2016). Revitalisasi Penilaian Pembelajaran: dalam konteks Pendidikan Multiriterasi Abad ke-21. Bandung: Refika Aditama
Azizah, K et al. (2012). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vb Melalui Pendekatan Realistic Mathematic Education. Journal of Elementary Education, Vol6. (1).
Hadi. (2017). Pendidikan Matematika Realistik: teori, pengembangan dan implementasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Hamzah dan Muhlisrarini. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada
Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jasnimar. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Operasi Hitung Di Kelas II SDN 16 Sungai Sirah Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman. Jurnal Konseling dan Pendidikan. Vol4. (1).
Karwati, E et al. (2014). Manajemen Kelas. Classroom Management. Bandung: Alfabeta, CV
Mashudi. (2016). Penerapan Pendekatan Realistik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Sifat-Sifat Bangun Ruang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPSD), Vol2. (1).
Meiriyani, K et al. (2014). Penerapan Pendekatan RME Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Gugus Vi Moch. Hatta Panjer Denpasar Selatan Tahun Ajaran 2013/2014. “Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol2. (1).
Peters, B. (2016). Realistic Mathematics Education andProfessional Development: A Case Study of the Experiences of Primary School Mathematics Teachers in Namibia. Disertasi Doktor pada University Of Stellenbosch: tidak diterbitkan
Puspita, V. (2016). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education (Rme) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Di Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Handayani.Vol5. (1).
Riyanto, Y. (2010). Paradigma Baru Pembelajaran: Sebagai Referensi Bagi Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran Yang Efektif Dan Berkualitas. Jakarta: Kencana Praneda Media Group
Sisdiknas. (2003). Lampiran Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Yayasan Peduli Anak Negeri (YPAN).
Sundayana. (2016). Media dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta, CV
Suwangsih, E dan Tiurlina. (2006). Model pembelajaran Matematika. Bandung: UPI PRESS.
Wijaya. (2012). Pendidikan Matematika Realistik. Suatu alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu
Zarkasyi. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama
pdf downloads: 257