PENERAPAN PEMBELAJARAN METAKOGNITIF PADA MATERI LIMIT FUNGSI TRIGONOMETRI SISWA SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM

  • Mulia Putra Universitas Serambi Mekkah
Keywords: Pembelajaran Metakognitif, hasil belajar, limit fungsi trigonometri

Abstract

Matematika adalah ilmu pengetahuan yang terbentuk dari hasil pemikiran manusia yang berhubungan dengan ide, proses dan bernalar. Limit Fungsi Trigonometri merupakan ruang lingkup dari matematika yang sampai saat ini masih tergolong dalam kategori pelajaran yang sukar bagi siswa, hal ini disebabkan oleh kurangnya pemahaman konsep terhadap materi. Pembelajaran metakognitif adalah pembelajaran yang mengupayakan siswa memperoleh pengetahuaannya sendiri melalui keaktivannya dalam belajar dan kesadaran siswa akan proses berfikir mereka-sendiri. Dengan kesadaran tersebut, siswa mampu memikirkan suatu strategi yang tepat dalam menghadapi masalah matematika dengan cara menstransfer pengetahuannya dalam menghadapi masalah matematika lainnya sehingga dapat bersikap kritis dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan dan ketuntasan hasil belajar siswa dengan pembelajaran Metakognitif dan non Metakognitif. Subjek penelitian ini adalah 23 orang siswa kelas XI IPA2 (kelas Metakognitif) dan 26 orang siswa kelas XI IPA1 (kelas non Metakognitif) pada SMA Negeri 1 Baitussalam.  Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan tes yang kemudian dianalisis dengan menggunakan persentase statistic deskriptif dan uji t sesuai dengan criteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar materi limit fungsi trigonometri kedua kelas belum tuntas secara klasikal. Akan tetapi, kelas yang diterapkan dengan pembelajaran Metakognitif lebih baik hasilnya dari pada kelas yang diajarkan dengan non Metakognitif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran metakognitif member pengaruh yang positif terhadap hasil belajar siswa pada materi limit fungsi trigonometri di SMA Negeri 1 Baitussalam kelas XI.

References

Johar, Rahmah dkk. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Banda Aceh: Universitas Syiah Kuala.

Mulyasa, E. (2006). KTSP Sebuah Panduan Praktis. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Munandar, Utami. (1999). Pengembangan Krietifitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta.

Ruseffendi, E. T. 2006. Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. (Edisi Revisi). Bandung: Tarsito.

Yani, Muhammad Zen. (2007). Penerapan Pendekatan Open-Endid pada Materi Sifat-Sifat Grafik Fungsi Trigonometri di Kelas X MAN Model Banda Aceh. Skripsi. Banda aceh: Universitas Syiah Kuala.
Article Metrics
Abstract views: 214
pdf downloads: 174
Published
2014-04-30
How to Cite
Putra, M. (2014). PENERAPAN PEMBELAJARAN METAKOGNITIF PADA MATERI LIMIT FUNGSI TRIGONOMETRI SISWA SMA NEGERI 1 BAITUSSALAM. Numeracy, 1(1), 41-47. https://doi.org/10.46244/numeracy.v1i1.97
Section
Articles