EFEKTIFITAS PENGGUNAAN DANA BOSP PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN BERDASARKAN MODEL CIPP DI KABUPATEN ACEH BESAR

  • Syarifuddin Syarifuddin Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Rahmattullah Rahmattullah Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Akmaluddin Akmaluddin Universitas Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Dana BOSP, Mutu Pendidikan, Model CIPP

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektifitas penggunaan dana BOSP pada sekolah dasar negeri di Kabupaten Aceh Besar dan untuk mengetahui peningkatan mutu Pendidikan berdasrkan model CIPP pada sekolah dasar negeri di Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Survei dengan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian menunjukkan keberhasilan signifikan dalam pengelolaan Dana BOS di Sekolah Dasar Negeri di Kabupaten Aceh Besar. Kepala Sekolah efektif mengarahkan penggunaan dana, Komite Sekolah berperan aktif dalam perencanaan, dan Guru turut serta dalam peningkatan fasilitas dan motivasi siswa. Kolaborasi antar stakeholder menciptakan lingkungan pendidikan inklusif, menghasilkan peningkatan mutu pendidikan yang nyata. Rekomendasi positif melibatkan pemeliharaan kolaborasi, menjadikan model pengelolaan Dana BOS sebagai contoh terbaik, dan memberikan pengakuan pada semua kontributor. Pengelolaan Dana BOS direspon positif oleh Komite Sekolah, dengan fokus pada perencanaan, transparansi, dan evaluasi berkelanjutan. Peran vital Bendahara BOS dalam alokasi dana dan evaluasi program terlihat, menciptakan landasan keuangan yang kuat. Guru-guru menunjukkan keterlibatan tinggi dalam perencanaan dan pengelolaan Dana BOS, mencerminkan semangat tim dalam mencapai peningkatan mutu pendidikan melalui peningkatan fasilitas dan partisipasi siswa.


Abstract
This research aims to determine the effectiveness of the use of Education Unit Operational Assistance funds at State Elementary Schools in Aceh Besar Regency and determine the improvement in the quality of education based on the Context evaluation, Input Evaluation, Process evaluation, and Product evaluation models at State Elementary Schools in Aceh Besar Regency. This research is a type of survey research with quantitative methods. The results of the research show that the research has shown significant success in managing School Operational Assistance funds in public elementary schools in Aceh Besar Regency. The Principal effectively directs the use of funds, the School Committee plays an active role in planning, and Teachers also play an active role in improving facilities and student motivation. Collaboration between stakeholders creates an inclusive educational environment, resulting in real improvements in the quality of education. Positive recommendations include maintaining collaboration, making the School Operational Assistance Fund management model the best example, and providing recognition to all contributors. Management of School Operational Assistance funds received a positive response from the School Committee, with a focus on planning, transparency and ongoing evaluation. The important role of the School Operational Assistance Treasurer in allocating funds and program evaluation is clearly visible, thereby creating a strong financial foundation. Teachers show high involvement in the planning and management of the School Operational Assistance Fund, which reflects the team's spirit in achieving improvements in the quality of education through improving facilities and student participation.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmaluddin, Musdiani, & Ashlan, S. (2023). Perspektif Kepemimpinan Kecerdasan Emosional Kerja Guru. Azka Pustaka.

Akmaluddin, Rosmala Dewi, Syawal Gultom, & Darmawati. (2020). Pengaruh Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Komitmen Afektif Guru Sma Negeri Kota Banda Aceh. Visipena Journal, 11(1), 132–145. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i1.1075

Arzfi, B. P., Ananda, R., Putri, V. M., Gistituati, N., & Rusdinal, R. (2022). Implementasi Supervisi Oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5946–5952. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3174

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Hidayat, R., Dyah M, V., & Ulya, H. (2019). Kompetensi Kepala Sekolah Abad 21: Sebuah Tinjauan Teoretis. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 4(1), 61–68. https://doi.org/10.34125/kp.v4i1.394

Husni, A., Akmaluddin, Syarfuni, & Sari, S. M. (2023). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah, Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Guru Gugus Vi Sekolah Dasar Negeri Lampanah. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 1843–1853.

Iswani, Akmaluddin, & Novita, R. (2024). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Kinerja Guru Terhadap Kualifikasi Mutu Internal Gugus Sekolah Dasar Negeri Lampanah Aceh Besar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 203–211.

Kemal, Isthifa. (2023). The Role of The Islamic Empire In The Development Of Islamic Education In Indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12 (001). http://dx.doi.org/10.30868/ei.v12i001.5322

Kemal, Isthifa., Arlita, Firmanda., Aktar, Salim. (2023). Participatory Leadership of The Principal in Improving Teacher Competence. Journal for Lesson and Learning Studies, 6 (2). https://doi.org/10.23887/jlls.v6i2.60188

Moleong, & J, L. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (Issue 2017). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Hajriyah, H. B. (2020). Modernisasi Pendidikan Agama Islam Di Era Revolusi Industri 4.0. MOMENTUM : Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 9(1), 42–62. https://doi.org/10.29062/mmt.v9i1.64

Herman, Amin, M. M., & Chiar, M. (2019). Manajemen dana bantuan operasional sekolah di Sekolah Menengah Pertama Bruder Singkawang. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/36403

Intan, tia putri, & Zulkarnain, Z. (2022). Analisis Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Pada Sekolah Menengah Kejuruan Sukabumi. Jurnal Akuntansi Malikussaleh, 1(2), 1–13. https://doi.org/10.29103/jam.v1i2.8307

Primarni, A., Tholkhah, I., & Hayati, N. (2019). Implementasi Pengelolaan Bantuan Operasional Sekolah Reguler pada Peningkatan Sarana Prasarana dan Kualitas Pembelajaran di SD Yapis Kota Bogor. Jurnal Dirosah Islamiyah, 5(2), 1–18. https://doi.org/10.17467/jdi.v5i3.5066

Rahayuningsih, S. (2021). Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Management of School Operational Assistance Funds (BOS). Jurnal Studi Islam, 1(2), 110–117. http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/Alhamra/article/view/10128

Saifrizal, M., & Yusuf, Y. (2023). Pengelolaan Keuangan Dana Bos Reguler Dan Akuntabilitas Pelaporan Keuangan Daerah Berdasarkan Permendikbud No. 6 Tahun 2021 Di Kota Lhokseumawe. Jurnal Cahaya Mandalika, 6, 1–9.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/4384

Article Metrics
Abstract views: 74
PDF downloads: 141
Published
2024-02-05
How to Cite
Syarifuddin, S., Rahmattullah, R., & Akmaluddin, A. (2024). EFEKTIFITAS PENGGUNAAN DANA BOSP PADA SEKOLAH DASAR NEGERI DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN BERDASARKAN MODEL CIPP DI KABUPATEN ACEH BESAR. Visipena, 53-74. https://doi.org/10.46244/visipena.vi.2556
Section
Articles