PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU YANG BERBASIS IT DI SD GUGUS XIX DHAM LUBOK

  • Eli Sumarni Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Akmaluddin Akmaluddin Universitas Bina Bangsa Getsempena
  • Rahmattullah Rahmattullah Universitas Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Kepala Sekolah, Kompetensi Pedagogik, Sekolah Dasar

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengetahui bagaimana peran kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru yang Berbasis IT dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru yang berbasis IT di SD Gugus XIX Dham Lubok Aceh Besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi. Sedangkan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa peran kepala sekolah dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru yang Berbasis IT di Gugus XIX Dham Lubok yaitu sekolah sebagai pemimpin, edukator, dan motivator. Sebagai pemimpin, kepala sekolah mampu menciptakan suasana kerja yang kondusif dan membangun komunikasi yang baik dengan para guru untuk mengetahui dan mencari solusi terkait dengan apa yang dibutuhkan oleh guru terkait dengan penggunaan IT dalam pembelajaran. Sebagai edukator, kepala sekolah memberikan bimbingan, arahan, dorongan dan bahkan juga membuat pelatihan tentang cara mengoperasikan IT yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran di kelas, akan tetapi hal ini tidak berjalan mulus, karena para guru yang sudah berumur susah untuk diarahkan untuk mampu menguasai IT dalam pembelajaran. Sebagai motivator, berperan dalam memberikan motivasi kepada guru agar mampu menggunakan media pembelajaran yang berbasis IT, kepala sekolah juga memberikan penghargaan kepada guru-guru yang berprestasi termasuk berprestasi dalam pemanfaatan IT sebagai media pembelajaran di kelas.


Abstract
The aim of this research is to determine the role of school principals in improving the pedagogical competence of IT-based teachers and to find out the obstacles faced by school principals in improving the pedagogical competence of IT-based teachers at Cluster XIX Elementary School Dham Lubok, Aceh Besar. This research uses a qualitative approach with data collection techniques through in-depth interviews and observation. Meanwhile, data analysis techniques include data reduction, data presentation and drawing conclusions. The results of research in the field show that the role of the principal in improving the pedagogical competence of IT-based teachers in Cluster XIX Dham Lubok is that of the school as a leader, educator and motivator. As a leader, the principal is able to create a conducive working atmosphere and build good communication with teachers to find out and find solutions regarding what teachers need regarding the use of IT in learning. As an educator, the principal provides guidance, direction, encouragement and even provides training on how to operate IT which can be used as a learning medium in the classroom, but this does not go smoothly, because older teachers find it difficult to direct them to do this. do this. can master IT. in learning. As a motivator whose role is to motivate teachers to be able to use IT-based learning media, the principal also gives awards to teachers who excel, including those who excel in using IT as a learning media in the classroom.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmaluddin, Musdiani, & Ashlan, S. (2023). Perspektif Kepemimpinan Kecerdasan Emosional Kerja Guru. Azka Pustaka.

Akmaluddin, Rosmala Dewi, Syawal Gultom, & Darmawati. (2020). Pengaruh Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Terhadap Komitmen Afektif Guru Sma Negeri Kota Banda Aceh. Visipena Journal, 11(1), 132–145. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i1.1075

Arzfi, B. P., Ananda, R., Putri, V. M., Gistituati, N., & Rusdinal, R. (2022). Implementasi Supervisi Oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5946–5952. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3174

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075

Hidayat, R., Dyah M, V., & Ulya, H. (2019). Kompetensi Kepala Sekolah Abad 21: Sebuah Tinjauan Teoretis. Jurnal Kepemimpinan Dan Pengurusan Sekolah, 4(1), 61–68. https://doi.org/10.34125/kp.v4i1.394

Husni, A., Akmaluddin, Syarfuni, & Sari, S. M. (2023). PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA GURU GUGUS VI SEKOLAH DASAR NEGERI LAMPANAH. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 1843–1853.

Iswani, Akmaluddin, & Novita, R. (2024). PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP KUALIFIKASI MUTU INTERNAL GUGUS SEKOLAH DASAR NEGERI LAMPANAH ACEH BESAR. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 203–211.

Kemal, Isthifa. (2023). The Role of The Islamic Empire In The Development Of Islamic Education In Indonesia. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12 (001). http://dx.doi.org/10.30868/ei.v12i001.5322

Kemal, Isthifa., Arlita, Firmanda., Aktar, Salim. (2023). Participatory Leadership of The Principal in Improving Teacher Competence. Journal for Lesson and Learning Studies, 6 (2). https://doi.org/10.23887/jlls.v6i2.60188

Moleong, & J, L. (2017). Metode Penelitian Kualitatif (Issue 2017). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sahudra, Tengku Muhammad., Taher, Alamsyah., Kemal, Isthifa. (2021). E-Learning Development Management With The Schoology Improving Geographic Learning Literation. Joirnal of Education Technology, 5 (1). https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.33631

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV. https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/ijemar/article/view/4384

Article Metrics
Abstract views: 36
PDF downloads: 46
Published
2024-02-04
How to Cite
Sumarni, E., Akmaluddin, A., & Rahmattullah, R. (2024). PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU YANG BERBASIS IT DI SD GUGUS XIX DHAM LUBOK. Visipena, 19-33. https://doi.org/10.46244/visipena.vi.2560
Section
Articles