PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK GROUP EXERCISE UNTUK MENGEMBANGKAN EFIKASI DIRI SISWA SMA NEGERI 1 DARUL IMARAH
Abstract
Efikasi diri merupakan salah satu faktor penting yang harus dimiliki oleh siswa untuk mendukung keberhasilan belajarnya. Karena dengan adanya efikasi diri siswa akan memiliki keyakinan positif terhadap diri sendiri, mandiri, serta independen ketika berhadapan dengan tugas sekolah. Siswa yang memiliki efikasi diri yang tinggi akan memiliki inisiatif yang tinggi untuk dirinya sendiri khususnya dalam memaksimalkan aktivitas dan hasil belajarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik group exercise untuk mengembangkan efikasi diri siswa SMA Negeri 1 Darul Imarah. Populasi penelitian ini berjumlah 213 siswa jumlah sampel 10 siswa. Teknik pengampilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan uji wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa tingkat efikasi diri siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik group exercise termasuk dalam kategori sangat rendah. Kedua,gambaran efikasi diri siswa sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik group exercise sebanyak delapan kali pertemuan, terdapat pengembangan efikasi diri pada siswa dan berada pada kategori tinggi. Ketiga, berdasarkan hasil hipotesis, maka dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik group exercise efektif digunakan untuk mengembangkan efikasi diri siswa.
Abstract
Self-efficacy is one of the important factors that students must have to support their learning success. Because with self-efficacy students will have positive beliefs about themselves, be independent, and independent when dealing with school assignments. Students who have high self-efficacy will have high initiative for themselves, especially in maximizing their learning activities and results. The purpose of this study was to see the effectiveness of group guidance services with group exercise techniques to develop the self-efficacy of SMA Negeri 1 Darul Imarah students. The population of this study amounted to 213 students with a sample size of 10 students. Data analysis techniques using descriptive analysis and wilcoxon test. Based on the results of the study, it was concluded that the level of self-efficacy of students before being given group guidance services with group exercise techniques was in the very low category. Second, the picture of student self-efficacy after being given group guidance services with group exercise techniques for eight meetings, there is a development of self-efficacy in students and is in the high category. Third, based on the results of the hypothesis, it can be concluded that group guidance with group exercise techniques is effectively used to develop students' self-efficacy.
Downloads
References
Durlak, J. A., Domitrovich, C. E., Weissberg, R. P., & Gullotta, T. P. (Eds.). (2021). “Handbook of social and emotional learning: Research and practice (2nd ed.)”. Guilford Press.
Fajrianti, N. (2019). “Pengaruh Tingkat Efikasi Diri Terhadap Tingkat Perilaku Menyontek Pada Siswa SMAP Swasta X di Kawasan Giri, Gresik”. Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Gresik.
Indawasih, N., Retnaningdyastuti, M. T. S. R., & Setiawan, A. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modeling Simbolik Terhadap Efikasi Diri Siswa. JANACITTA, 2(1). https://doi.org/10.35473/jnctt.v2i1.222
Jacobs, dkk. 2010. “Group Counseling Strategies and Skills”. United States. Cengage Learning.
Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2021). “Joining Together: Group Theory and Group Skills (13th ed.)”. Pearson.
Karmila, N., & Raudhoh, S. (2021). “Pengaruh efikasi diri terhadap kemandirian belajar siswa”. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 36-39. https://doi.org/10.55215/pedagonal.v5i1.2692
Lent, R. W., Sheu, H., Gloster, C. S., & Wilkins, G. (2021). “Longitudinal Test Of The Social Cognitive Model Of Well-Being In The Academic Context: A Latent Growth Curve Analysis”. Journal of Counseling Psychology, 68(2), 197–209. https://doi.org/10.1016/j.jvb.2009.09.002
Lubis, I. S. L. (2018). “Hubungan Regulasi Diri dalam Belajar dan Efikasi Diri dengan Proskratinasi Akademik Mahasiswa”. Jurnal Diversita, 4 (2), 90-98.
Marsela, F., Rusmana (2019). The Effectiveness of Exercises Group Technique for the Development of Senior High School Adolescents’. Gratitude Advances in Social Science, Education and Humanities Research 214, 59-62
Yeager, D. S., & Dweck, C. S. (2012). Mindsets That Promote Resilience: When Students Believe That Personal Characteristics Can Be Developed. Educational Psychologist, 47(4), 302–314. https://doi.org/10.1080/00461520.2012.722805
PDF downloads: 48