PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V DENGAN TEKNIK PEMBELAJARAN PEMODELAN DI SD NEGERI 16 TANAH JAMBO AYE KABUPATEN ACEH UTARA
Abstract
Penelitian berjudul “Teknik Pembelajaran Pemodelan Untuk Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas V SD Negeri 16 Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara” diadakan karena permasalahan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, di mana masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam Keterampilan Membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan Kelas V SD Negeri 16 Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara dalam Keterampilan Membaca dengan Teknik Pembelajaran Pemodelan, tahap pelaksanaan, dan pada tahap evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara dan catatan lapangan. Penelitian dilakukan terhadap 30 sumber data yakni murid Siswa Kelas V SD Negeri 16 Tanah Jambo Aye. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam Keterampilan Membaca dengan Teknik Pembelajaran Pemodelan Dari nilai tes awal diperoleh 47% siswa yang tuntas, siklus I mencapai 67% dan siklus II 87% siswa yang tuntas dalam belajarnya. Selanjutnya ditinjau dari segi proses pada siklus 1 tindakan guru 72,5% meningkat menjadi 83,5% pada siklus 2. Kemudian pada kegiatan siswa hasil observasi siswa pada siklus 1 adalah 81% dan mengalami peningkatan yaitu 84,5% pada siklus 2. Respon siswa menyatakan senang terhadap Teknik Pembelajaran Pemodelan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Teknik Pembelajaran Pemodelan Untuk keterampilan Membaca dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam Ketetampilan Membaca.
Downloads
References
Agustien,S. 1999. Buku Pintar Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: Aneka Ilmu
Arikunto,Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta
Jabrohim,dkk.2003. Cara Menulis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Komariah, T. 2008. Belajar Mengarang, Semarang : Aneka Ilmu
Kosasih. 2006. Ketatabahasaan dan Sastra Indonesia, Bandung : Yrama Widia
Moleong. L .J. 2009. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya
Mudjiharjo dkk, Bahasa dan Sastra Indonesia: Galaxy Puspa Mega
Ningsih B.A. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta
Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontektual. Malang: Universitas Negeri Malang
Rizky. 2009. Jenis-jenis Karangan (online), http: // rizky.wordpress.com. diakses tanggal 10 November 2010.
Rofi'uddin, dkk. 1997. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas. Tinggi. Malang: Universitas Negeri Malang
Saifullah.. A. 2009. Belajar Menulis Deskripsi, (online), http: // asep. worpress.com. diakses tanggal 10 November 2010.
Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran , Bandung : Remaja Rosdakarya
Taringan. 1983. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Trianto. 2002. Model- model Pembelajaran Berorientasi Konstruktivis, Prestasi Pustaka
Usman dkk. 2008. Penelitian Tindakan kelas, Darussalam
PDF downloads: 174