PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V DENGAN TEKNIK PEMBELAJARAN PEMODELAN DI SD NEGERI 16 TANAH JAMBO AYE KABUPATEN ACEH UTARA

  • Zaki Al Fuad STKIP Bina Bangsa Getsempena
  • Meriomar STKIP Bina Bangsa Getsempena
Keywords: Peningkatan, keterampilan berbicara, Teknik Pembelajaran Pemodelan

Abstract

Penelitian berjudul “Teknik Pembelajaran Pemodelan Untuk Keterampilan Berbicara pada Siswa Kelas V SD Negeri 16 Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara” diadakan karena permasalahan dalam pembelajaran bahasa Indonesia, di mana masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam Keterampilan Membaca. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan Kelas V SD Negeri 16 Tanah Jambo Aye Kabupaten Aceh Utara dalam Keterampilan Membaca dengan Teknik Pembelajaran Pemodelan, tahap pelaksanaan, dan pada tahap evaluasi. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, wawancara dan catatan lapangan. Penelitian dilakukan terhadap 30 sumber data yakni murid Siswa Kelas V SD Negeri 16 Tanah Jambo Aye. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam Keterampilan Membaca dengan Teknik Pembelajaran Pemodelan Dari nilai tes awal diperoleh 47% siswa yang tuntas, siklus I mencapai 67% dan siklus II 87% siswa yang tuntas dalam belajarnya. Selanjutnya ditinjau dari segi proses pada siklus 1 tindakan guru 72,5% meningkat menjadi 83,5% pada siklus 2. Kemudian pada kegiatan siswa hasil observasi siswa pada siklus 1 adalah 81% dan mengalami peningkatan yaitu 84,5% pada siklus 2. Respon siswa menyatakan senang terhadap Teknik Pembelajaran Pemodelan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Teknik Pembelajaran Pemodelan Untuk keterampilan Membaca dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam Ketetampilan Membaca.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustien,S. 1999. Buku Pintar Bahasa dan Sastra Indonesia. Semarang: Aneka Ilmu

Arikunto,Suharsimi. 1997. Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta

Jabrohim,dkk.2003. Cara Menulis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Komariah, T. 2008. Belajar Mengarang, Semarang : Aneka Ilmu

Kosasih. 2006. Ketatabahasaan dan Sastra Indonesia, Bandung : Yrama Widia

Moleong. L .J. 2009. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mudjiharjo dkk, Bahasa dan Sastra Indonesia: Galaxy Puspa Mega

Ningsih B.A. 2004. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Rineka Cipta

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran Kontektual. Malang: Universitas Negeri Malang

Rizky. 2009. Jenis-jenis Karangan (online), http: // rizky.wordpress.com. diakses tanggal 10 November 2010.

Rofi'uddin, dkk. 1997. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas. Tinggi. Malang: Universitas Negeri Malang

Saifullah.. A. 2009. Belajar Menulis Deskripsi, (online), http: // asep. worpress.com. diakses tanggal 10 November 2010.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran , Bandung : Remaja Rosdakarya

Taringan. 1983. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Trianto. 2002. Model- model Pembelajaran Berorientasi Konstruktivis, Prestasi Pustaka

Usman dkk. 2008. Penelitian Tindakan kelas, Darussalam

Article Metrics
Abstract views: 225
PDF downloads: 161
Published
2015-12-31
How to Cite
Zaki Al Fuad, & Meriomar. (2015). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V DENGAN TEKNIK PEMBELAJARAN PEMODELAN DI SD NEGERI 16 TANAH JAMBO AYE KABUPATEN ACEH UTARA. Visipena, 6(2), 114-131. https://doi.org/10.46244/visipena.v6i2.369
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)