MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MOTIVASI KERJA
Abstract
Kepemimpinan merupakan suatu persoalan yang sangat aktual untuk dibicarakan, Karena dengan kepemimpinan dapat mempengaruhi orang lain untuk mengikuti tujuan yang diinginkan. Kunci keberhasilan suatu madrasah sesungguhnya terletak pada efesiensi dan efektivitas penampilan seorang kepala madrasah dan guru dalam melaksanakan tugas. Gaya kepemimpinan yang diterapkan kepala madrasah tersebut sangat berimplikasi terhadap motivasi guru dalam melaksanakan tugas. bahwa gaya kepemimpinan yang di terapkan kepala madrasah dalam peningkatan motivasi kerja adalah gaya transaksional, transformasional dan visionari, adapun gaya yang dominan di terapkan adalah gaya transformasional, sedangkan upaya kepala madrasah untuk peningkatan motivasi kerja telah diusahakan semaksimal mungkin dengan harapan guru bisa melaksanakan tugas sesuai dengan harapan, tujuan, dan sasaran yang diinginkan.
Downloads
References
Anoraga, (1998). Psikologi Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsini, (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta
Almasdi, Yusuf S, (1996). Aspek Sikap Mental dalam Manajemen Sumber daya Manusia, Jakarta: Ghalia Indonesia
As-Suwaidan, M.T. dan Basyarahil, U.F, ( 2005). Melahirkan Pemimpin Masa Depan, jakarta: Gema Insani
Dharma, A, (1984) Gaya Kepemimpinan yang Efektif bagi para Manajer, Bandung: Sinar Baru
Daryanto, (2005) Administrasi Pendidikan, Jakarta: Asdi Mahasatdya
Danim,S, (2004) Motivasi, kepemimpinan dan efektifitas kelompok, Jakarta: Rineka Cipta
........ (2006) Visi Baru Manajemen Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara
Depdiknas, (2000), Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan ( Materi Diklat Calon Kepala Sekolah:Dirjen Dikdasmen
Fajar, Malik A, (2005). Holistika Pemikiran Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada
Gunawan, (1996). Administrasi Sekolah, Jakarta.Remalan Cipta
Hasibuan M., (2001). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara
PDF downloads: 230